Sebenarnya, apa saja yang termasuk ke dalam komponen-komponen laporan keuangan yang harus ada? Cari tahu jawabannya di artikel Finansialku satu ini, ya!

 

Summary

  • Laporan keuangan biasanya dibuat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan atau pribadi secara keseluruhan.
  • Mengingat laporan keuangan ini memuat informasi yang konfidential dan tidak semua orang punya akses untuk membaca informasi tersebut, maka tidak semua orang bisa melakukannya.

 

Apa Itu Laporan Keuangan?

Sobat Finansialku, kamu pasti tahu kalau laporan keuangan adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam perencanaan keuangan baik itu pribadi maupun bisnis.

Lalu sebenarnya, apa itu laporan keuangan? Apa definisi dari laporan keuangan?

Melansir laman accurate.id, secara umum, laporan keuangan adalah sebuah laporan yang berisi transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik transaksi pembelian atau pun penjualan.

Selain itu, laporan keuangan juga mencakup transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter.

Buat Sobat Finansialku yang mungkin belum bisa baca Laporan Keuangan, kamu bisa simak video berikut ini.

 

Laporan keuangan ini biasanya dibuat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan atau pribadi secara keseluruhan.

Untuk perusahaan, laporan keuangan ini berfungsi untuk memberikan informasi terbuka kepada stakeholder dan investor.

Nantinya, para stakeholder dan investor akan menggunakan laporan ini untuk menganalisis dan mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan terkait.

Selain itu, laporan keuangan bisnis juga berfungsi untuk:

 

#1 Bahan Evaluasi Perusahaan

Fungsi pertama adalah sebagai bahan evaluasi perusahaan terkait kondisi keuangan perusahaan. Seluruh laporan keuangan ini merupakan sebuah parameter evaluasi perkembangan bisnis dan usaha dari perusahaan.

Laporan keuangan juga memberikan informasi paling akurat terkait kondisi keuangan perusahaan yang sebenar-benarnya.

[Baca Juga: Rasio Profitabilitas dan Rasio Investasi Dalam Laporan Keuangan]

 

#2 Laporan Pertanggungjawaban 

Laporan keuangan ini biasanya turut diberikan kepada para stakeholder, investor, dan pemegang saham.

Nantinya, para stakeholder, investor, dan pemegang saham, akan menggunakan laporan tersebut untuk menganalisis kondisi perusahaan.

 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kamu bisa membaca artikel Finansialku berikut ini: Laporan Keuangan Perusahaan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

 

Komponen-Komponen dalam Laporan Keuangan

Laporan keuangan sendiri terdiri dari empat komponen, yang mana keempat komponen ini harus dimasukkan ke dalam laporan keuangan perusahaan. Komponen-komponen tersebut di antaranya adalah:

 

#1 Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan yang pertama adalah laporan arus kas, yang berisikan tentang pemasukan dan pengeluaran selama satu periode.

Laporan ini digunakan untuk mengevaluasi struktur keuangan mencakup likuiditas dan solvabilitas, termasuk aktiva bersih perusahaan.

laporan arus kas

Contoh Laporan Arus Kas. Sumber: Laporan Keuangan Telkom

 

Selain itu, melalui laporan arus kas ini, perusahaan bisa mendapatkan pandangan tentang strategi adaptif untuk mendapatkan peluang demi pertumbuhan perusahaan.

Laporan arus kas ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu arus kas langsung dan arus kas tidak langsung.

 

#2 Laporan Neraca

Laporan neraca atau yang biasa diketahui sebagai balance sheet adalah laporan yang berisi informasi terkait akun-akun aktiva, dan hal-hal yang menjadi kewajiban perusahaan dalam satu periode.

Laporan neraca, bisa pula kita pahami sebagai gabungan dari segala laporan keuangan, yang dibuat dalam kurun waktu tertentu, biasanya satu tahun sekali.

laporan neraca

Contoh Laporan Neraca. Sumber: Laporan Keuangan Telkom

 

Laporan neraca menjadi salah satu laporan yang memiliki peran penting, mengingat isinya terdiri atas informasi pemegang saham perusahaan, kreditur, hingga berbagai kebijakan yang menjadi rahasia perusahaan.

Adapun, fungsi dari laporan neraca ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, sekaligus menunjukkan apakah perusahaan tersebut memiliki kondisi yang sehat atau tidak.

 

#3 Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi berisi laporan finansial perusahaan yang dibuat untuk mengetahui pengeluaran dan pengeluaran bisnis secara detail pada periode tertentu.

Biasanya, laporan laba rugi ini dibuat pada akhir tahun atau akhir bulan sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

laporan laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi. Sumber: Laporan Keuangan Telkom

 

Terdapat dua jenis dari laporan laba rugi, yaitu:

  • Single step: Laporan laba rugi single step ini menunjukkan satu kategori pendapatan dan satu kategori pengeluaran. Sebagaimana informasi yang diberikan, jenis laporan ini sifatnya sederhana, dan dibuat untuk untuk bisnis skala kecil.
  • Multiple step: Laporan laba rugi multiple step ini berisi informasi umum dan menggunakan banyak persamaan untuk menentukan keseluruhan perhitungan laba rugi.

 

#4 Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan ini mengacu pada informasi tambahan yang membantu menjelaskan histori angka laporan keuangan sebuah perusahaan.

Catatan ini membantu untuk memberikan kejelasan kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi berisi penjelasan penyimpangan atau anggapan inkonsistensi dalam metodologi akun tahun ke tahun.

Catatan atas Laporan Keuangan

Contoh Catatan atas Laporan Keuangan. Sumber: Laporan Keuangan Telkom

 

#5 Laporan Perubahan Modal

Terakhir adalah laporan perubahan modal atau ekuitas, yang merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang penting, yang tujuannya untuk memberikan gambaran terkait peningkatan atau penurunan dari aktiva bersih.

Sama seperti laporan lainnya, laporan perubahan modal juga perusahaan buat dalam periode tertentu dengan prinsip pengukuran tertentu untuk dianut.

Selain itu, tujuan dari perusahaan membuat laporan ini adalah untuk memberikan laporan tentang perubahan modal kerja juga menampilkan ikhtisar dari investasi dan dana yang dihasilkan di dalam sebuah periode serta aktiva pembayaran.

Laporan Perubahan Modal

Contoh Laporan Perubahan Modal. Sumber: Laporan Keuangan Telkom

 

Mengingat laporan keuangan ini memuat informasi yang konfidential dan tidak semua orang punya akses untuk membaca informasi tersebut, maka tidak semua orang bisa melakukannya.

Perusahaan bisa menyewa akuntan lepasan atau merekrut akuntan penuh waktu untuk bekerja, dan melakukan tugas terkait keuangan dan laporannya.

Jika Sobat Finansialku perlu penjelasan mendalam mengenai laporan keuangan perusahaan, Anda bisa mendiskusikannya bersama perencana keuangan Finansialku.

Hubungi perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku atau WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Banner Konsultasi WA - PC
Banner Konsultasi WA - HP

 

Itu dia informasi mengenai komponen-komponen yang ada di laporan keuangan perusahaan. Apakah kamu memiliki pertanyaan lain terkait topik ini? Kalau ada, tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar, ya!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Dias Marendra. 05 April 2022. Laporan Keuangan Perusahaan Apa Saja Komponen Penting di Dalamnya?. Hashmicro.com – https://bit.ly/3yHB5t5
  • Admin. 17 Mei 2022. 5 Format Laporan Keuangan Lengkap dengan Contoh. Jurnal.id – https://bit.ly/3PoPMqW
  • Gie. 19 Februari 2020. Pengertian Laporan Keuangan, Contoh, Dan Fungsinya Untuk BIsnis Anda. Accurate.id – https://bit.ly/3ljOdNg