Bagaimana cara agar anak mau belajar tanpa harus dipaksa? Ketahui step by step caranya dalam artikel tips ala Finansialku ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bagaimana Cara Agar Anak Mau Belajar?

Sebagian anak memang ada yang sangat suka belajar namun ada juga yang tidak terlalu suka. Apalagi ketika baru saja selesai liburan panjang, maka minat belajar sangat sulit untuk didapatkan.

Hal ini disebabkan anak-anak masih terbawa suasana liburan sehingga masih ingin main-main.

Sebagai seorang mama, perlu mengingatkan anaknya bahwa waktu liburan sudah usai dan kini waktunya belajar kembali. Berkaitan dengan hal ini, mama harus tahu cara agar anak mau belajar.

 

Inilah 7 Cara Mengerjakan Tugas Sekolah dengan Senang Hati

Belajar akan lebih efektif jika anak memiliki niat dan dorongan dari dalam dirinya. Belajar dengan paksaan tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan. Sehingga orang tua tidak perlu memaksa anak-anak untuk belajar.

Memaksa tidak membuat rajin, tetapi dia malah benci untuk belajar dan akhirnya malas. Jadi, Anda harus menggunakan metode atau pun strategi agar munculnya keinginan untuk belajar dari dalam diri anak.

Berikut 7 cara mendidik anak yang malas belajar agar rajin belajar.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

Download E-book Sekarang

 

#1 Sediakan Bahan Bacaan yang Banyak Di Rumah

Bahan bacaan mulai dari buku, brosur, koran, majalah hingga yang lainnya.

Secara perlahan anak akan melihat banyak buku di rumah, apalagi jika  orang tua rajin membaca di rumah, maka anak juga akan termotivasi untuk membaca. Lama-kelamaan mereka menjadi haus akan ilmu.

Moms, Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Belajar Tanpa Dipaksa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Kiat Sukses Dalam Mengajarkan Anak Hidup Sederhana]

 

#2 Doronglah Anak untuk Berani Berpendapat

Melatih anak untuk berani menyampaikan pendapat, ide atau pun keinginannya juga menjadi cara yang bagus untuk belajar.

Jika berani mengeluarkan pendapat, maka dengan sendirinya akan muncul dorongan belajar yang kuat dalam diri. Jadi, biasakan anak mengeluarkan pendapat, salah satunya dengan menanyakan pendapat atau keinginan anak.

 

#3 Mendukung Minat Anak

Minat anak bisa diketahui dari hobi seorang anak, baik itu hobi menulis, membaca, menggambar, memasak atau yang lainnya. Anda dapat menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anak sebagai cara mengatasi anak malas belajar usia dini.

Moms, Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Belajar Tanpa Dipaksa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

#4 Mengajak Menemukan Pengalaman Baru

Ini juga menjadi cara yang bagus agar anak mau belajar tanpa dipaksa. Anda dapat mengajak anak berkebun, di mana anak belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. 

Bisa juga mengajak memasak bersama agar lebih seru dan menyenangkan sehingga anak mampu melihat bahwa mendapat pengetahuan baru itu menyenangkan.

 

#5 Tanyakan Tentang Sekolahnya

Jangan tanyakan tentang tugas-tugas di sekolah jika itu membuat anak sebal. Tetapi tanyakan bagaimana kondisi sekolah, bagaimana guru-guru serta apa saja kegiatan di sekolah.

 

#6 Rayakan Pencapaian Anak

Misal sebelumnya anak tidak berhasil menanam tauge, kemudian ketika dia sudah dapat menanam dan sudah bisa dipanen, maka berikan pujian untuk anak. 

Begitu juga dengan kegiatan lain yang sudah bisa dilakukan dengan baik, maka seorang mama dapat memberikan hadiah  atau pun penghargaan. Menghargai pencapaian anak juga salah satu cara agar anak mau belajar.

Moms, Begini Cara Ampuh Agar Anak Mau Belajar Tanpa Dipaksa 03 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Punya Anak Usia 10 Tahun? Berikut 12 Cara Mendidik Anak tentang Uang yang Dapat Anda Praktikkan]

 

#7 Belajar dari Lingkungan

Salah satunya yang bisa dilakukan mengenalkan nama-nama tumbuhan kepada anak ketika sedang menyiram bunga. Atau ketika membeli buah, maka ajak anak untuk menghitung buah.

Setelah menjelaskan tentang penjumlahan, lanjut dengan berbicara tentang perkalian, pembagian dan pengurangan.

 

Hindari Memaksa Anak Hingga Memarahinya

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, namun masih saja anak tidak mau belajar. Maka sebagai orang tua tidak boleh terlalu memaksa anak hingga memarahinya.

Tanyakan sebenarnya apa yang diinginkan anak, apa kegiatan yang disukainya. Kemudian penuhi keinginan anak dan cobalah selingi dengan belajar yang sederhana.

Nah, itulah ketujuh cara agar anak mau belajar tanpa dipaksa, semoga bermanfaat.

 

 

Ternyata, mudah bukan mengarahkan anak untuk belajar sendiri? Agar banyak orang tahu tips ini, yuk bagikan artikel di atas pada sesama orang tua milenial ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Luthfia Ayu Azanella. 16 Maret 2020. 3 Ide Kegiatan untuk Anak Selama Belajar di Rumah Selama 2 Pekan. Kompas.com – https://bit.ly/3hcEGEg

 

Sumber Gambar:

  • Anak Belajar 1 – https://bit.ly/2YkbdQj
  • Anak Belajar 2 – https://bit.ly/2zkVLuB
  • Anak Belajar 3 – https://bit.ly/2AlQ5RC