Selain secara teknikal, belajar dasar trading pemula juga harus punya mindset-mindset trading ini!

Apa saja? Mari cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Belajar Dasar Trading Pemula yang Nggak Kalah Penting Adalah Mindset

Banyak dari para trader pemula bermimpi untuk menjadi trader profesional yang hebat, penerus George Soros atau Warren Buffet ketika pertama kali belajar dasar trading pemula.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan ini, karena ini hal yang wajar dan tentunya dimiliki oleh hampir semua trader pemula.

Tapi sayangnya, fakta mengatakan kalau sebagian besar investor dan trader pemula mengalami kerugian dan kegagalan.

Hal ini tentu disebabkan oleh banyak hal, tapi salah satu yang menjadi faktor penyebab adalah mindset trading yang salah.

Cara Belajar Dasar Trading Pemula yang Paling Penting_ Mindset! 02

[Baca Juga: Rugi Saat Trading? JANGAN TAKUT! Ini Segudang Solusinya!]

 

Mindset, mungkin selama ini menjadi sesuatu yang selalu dinomorduakan disamping pelajaran-pelajaran teknikal yang selalu kita anggap lebih penting dari apa pun.

Padahal sebenarnya mindset ini merupakan salah satu hal yang paling penting dan dapat mempengaruhi bagaimana kita bertindak nantinya.

Mindset juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan dari pengembangan portofolio seorang trader.

Ada beberapa mindset trading yang harus dimiliki oleh para trader, di antaranya adalah:

 

#1 Harus Punya 3M

Salah satu trader ternama, Dr. Alexander Elder mengatakan kalau trader sukses harus memiliki prinsip 3M, yang terdiri dari Mind (pola pikir/mindset), Method (metode), dan Money (manajemen uang).

Sementara itu, Hary Suwanda, lewat bukunya yang berjudul “Rahasia Bebas Finansial dengan Berinvestasi di Pasar Modal” menambahkan kalau mindset atau pola pikir ini berarti pada kepercayaan atau cara berpikir yang memengaruhi perilaku dan sikap seseorang.

Mindset ini yang kemudian akan menentukan level keberhasilan dalam hidup seorang trader.

Sementara itu, Method atau metode ini merujuk pada cara yang ditempuh untuk mengembangkan suatu sistem trading, yang mencakup cara untuk menemukan peluang trading, membuat keputusan untuk entry atau exit.

 

#2 Berhati-hati dengan Sentimen Pasar

Dikutip dari laman inbizia.com, Warren Buffet pernah mengungkapkan pola pikir yang selama ini digunakannya dalam berbisnis.

Menurutnya, cara untuk menjadi orang yang kaya adalah dengan cara menutup pintu, takut ketika banyak orang menjadi tamak, dan menjadi tamak ketika kebanyakan orang sedang ketakutan.

Dalam pernyataan tersebut, Warren Buffet juga berpesan buat para trader, ketika banyak orang yang sedang haus akan keuntungan di pasar saham, maka dia harus bijak dengan bersabar dan tidak tergesa-gesa mengikuti arus.

 

#3 Punya Mindset Dagang

Pada dasarnya, setiap orang adalah trader. Karena, mindset dagang atau bisnis ini bukan cuma harus dimiliki oleh para trader saja, tapi juga berlaku buat setiap orang.

Mindset trader ini sangat penting dimiliki, karena setiap pebisnis tentunya akan menjadikan acuan tindakannya yang berkaitan dengan bisnisnya tersebut sesuai dengan strategi yang bisa mendatangkan keuntungan buatnya.

 

#3 Fokus Pada Profit

Jangan termakan emosi terlebih dulu, karena yang dimaksudkan di sini adalah usahakan Sobat Finansialku sebagai seorang trader bisa fokus pada profit dan konsisten pada jangka panjang.

Mindset ini dimiliki oleh hampir semua trader profesional. Mereka biasanya fokus untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Berbeda dengan trader pemula yang cenderung fokus dengan keuntungan yang instan.

 

#4 Disiplin

Jika kita bicara soal disiplin, maka biasanya kata ini mencakup pada banyak hal dan cenderung sulit dimengerti, karena kita sendiri tidak tahu disiplin apa yang dimaksudkan.

Apakah disiplin pada keuntungan? Disiplin pada sikap? Disiplin pada mindset? Atau disiplin pada hal lain?

Sebenarnya, hal yang lebih tepat adalah untuk disiplin pada rencana trading. Tapi, ini juga tidak melulu berfokus pada strategi, tapi juga perencanaan lainnya seperti modal, jam trading, hingga set up trading.

 

#5 Sadar dan Mewajarkan

Terakhir, mindset yang harus benar-benar kita pegang teguh adalah secara sadar mengetahui dan mengakui kalau tidak ada strategi yang benar-benar sempurna tanpa adanya kerugian.

Karena hampir semua strategi punya peluang rugi, mengingat pergerakan pasar yang sifatnya fluktuatif dan dinamis, membuat kita tidak bisa memastikan pergerakan kita.

Jadi, akan lebih baik kalau kita tidak terlalu percaya dengan iming-iming yang menawarkan strategi yang tingkat kesuksesannya adalah 100 persen.

 

Belajar Bareng Ahli

Finansialku mengerti betul kalau sebenarnya trading ini bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam satu kali.

Finansialku juga mengerti kalau kadang sulit buat kita untuk menemukan tempat belajar yang cocok dengan apa yang kita inginkan.

Berangkat dari keresahan itu, Finansialku memutuskan untuk membuat sebuah online course trading yang bisa diikuti oleh semua kalangan yang ingin belajar tentang trading secara mendalam.

Dalam online course ini, Sobat Finansialku akan dibekali berbagai ilmu dan analisis yang biasa digunakan oleh para trader profesional.

Bukan cuma itu, Sobat Finansialku juga berkesempatan untuk bisa memulai trading hanya dengan modal Rp 500.000 saja.

Untuk mengetahui caranya, Sobat Finansialku bisa klik banner di bawah ini sekarang juga.

Online course professional trader banner

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku setelah menonton online course di atas? Sampaikan pendapatnya di kolom komentar, ya!

Kalau online course-nya bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan informasi dari artikel ini lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Gambar:

  • Belajar Trading – https://bit.ly/3bQvwvu, https://bit.ly/3q8kk2l