Cari tahu cara cek bansos Rp 500 ribu sekarang, biar kamu yakin apakah kamu bagian dari penerima atau bukan!

Kamu bisa cari tahu informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Cara Cek Bansos Rp 500 Ribu Dari Kemensos

Bantuan Sosial Tunai (BST) lagi-lagi dikucurkan oleh Pemerintah buat masyarakat Indonesia selama adanya pandemi ini.

Kali ini, bersama Kementerian Sosial (Kemensos), Pemerintah mengucurkan dana Rp 500 ribu untuk sembilan juta warga Indonesia, dengan anggaran yang direncanakan adalah Rp 4,5 triliun, dan sudah terealisasi 100 persen sejak 31 Agustus 2020 yang disimpan melalui rekening Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Bantuan ini ditargetkan oleh Kemensos kepada keluarga yang tergolong dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), sebagaimana dikutip laman kompas.com, Jumat (04/09).

Kenali Dulu Hukum Uang Pensiun Dalam Ajaran Islam, Jangan Salah! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cek Apa Kamu Penerima Bantuan Rp 600 Ribu Dari Pemerintah]

 

Nah, bagi Sobat Finansialku, yang bingung apakah termasuk ke dalam kategori penerima Bantuan Sosial Tunai satu ini, bisa mengetahui cara cek bansos Rp 500 ribu ini dengan melalui cara yang cukup mudah.

Dikatakan oleh Kepala Bagian Disememinasi Data Kemensos, Ujang Taofik Hidayat, masyarakat dapat mengeceknya dengan mengunjungi situs cekbansos.sisk.kemsos.go.id, dan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Setelah berhasil mengunjungi situs tersebut, Sobat Finansialku bisa memilih ID Kepesertaan yang akan dimasukkan, yang terdiri dari tiga pilihan, yaitu ID DTKS/BDT (ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau Nomor Unim ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), nomor PBI JK/KIS, dan NIK.
  • Setelah itu, masukkan Nama yang sesuai dengan nomor identitas atau ID Kepesertaan yang dipilih sebelumnya.
  • Masukkan kombinasi kata dan angka dalam kotak box captcha, guna memastikan kalau Sobat Finansialku bukan robot.
  • Setelah mengisi semuanya secara presisi, Sobat Finansialku tinggal menekan tombol ‘Cari’.

 

Nah, sebagai informasi tambahan, ada dua jenis Bantuan Sosial Tunai yang disediakan, yaitu reguler dan tambahan, yang mana BST reguler diberikan secara berkala dalam dua periode, dengan pembagian:

  • April hingga Juni: Rp 600.000 per bulan
  • Juli hingga Desember: Rp 300.000 per bulan.

 

Sementara untuk Bantuan Sosial Tunai tambahan, akan diberikan satu kali, dalam satu periode dan satu kali transfer, sebesar Rp 500.000, yang mana akan diberikan secara serentak pada bulan September ini.

Penerima BST tambahan ini harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya adalah termasuk ke dalam Keluarga Penerima Manfaat dan sudah terdaftar dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Nah, nantinya, uangnya akan dibagikan dalam bentuk top up di Kartu Keluarga Sejahtera, yang mana bisa pula ditarik secara tunai di ATM.

Belum selesai sampai di sini, lho, Sobat Finansialku! Selain BST Rp 500.000, Kemensos juga rencananya bakal memberikan bantuan beras kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kegiatan Bansos Beras ini merupakan salah satu program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi.

Ini dikatakan langsung oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara, sebagaimana dikutip laman aceh.tribunnews.com, Kamis (03/09).

“Rencananya dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan bansos beras ini. Nantinya, distribusi dilaksanakan selama 3 bulan terhitung Juli hingga September 2020. Setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) memperoleh bantuan 15 kg per KPM per bulan dengan kualitas beras medium.” Ungkap Mensos.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Selama Indonesia terpapar pandemi, pemerintah telah berulang kali menganggarkan triliunan dana untuk membantu masyarakat agar tidak semakin terpuruk.

Dari Prakerja, sampai yang terbaru pulsa untuk PNS, semuanya dikucurkan secara merata, untuk pihak-pihak yang kesulitan.

Finansialku berharap, semoga pandemi segera berakhir, dan keadaan ekonomi kita semua kembali seperti semula.

 

Lalu, apakah Sobat Finansialku juga jadi salah satu yang menerima bantuan? Yuk, ceritakan pengalamannya di kolom komentar!

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman yang membutuhkan, agar mereka bisa mendapatkan haknya segera.

 

Sumber Referensi:

  • Retia Kartika Dewi. 02 September 2020. 6 Bantuan Pemerintah di Tengah Pandemi Corona, Prakerja hingga Pulsa Rp 400.000. Kompas.com – https://bit.ly/3hZWnXO
  • Admin. 4 September 2020. Cara Cek Bansos 500 Ribu di cekbansos.siks.kemsos.go.id. Kumparan.com – https://bit.ly/2ZaBQZ1
  • Nur Fitriatus Shalihah. 04 September 2020. Ini Cara Cek BST Kemensos, Apakah Anda Terdaftar Sebagai Penerima?. Kompas.com – https://bit.ly/3lVcNTo
  • Gita Pratiwi. 4 September 2020. Cara Cek Nama Penerima Bansos Rp500.000 Lewat Cekbansos.siks.kemsos.go.id. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3lPHJ7H
  • Admin. 3 September 2020. Bantuan Sosial Rp 500 Ribu dan Beras untuk 9 Juta Keluarga dari Kemensos, Ini Syaratnya. Aceh.tribunnews.com – https://bit.ly/3594TA2