Pekerja dengan gaji di bawah 5 juta bakal terima bantuan, tapi apa kamu salah satu penerimanya? Ini cara cek bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Cara Cek Apakah Kamu Termasuk Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

Para pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta/bulan bakal menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu dari pemerintah, asal memenuhi persyaratan. Salah satunya sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

Bantuan tersebut akan diberikan secara berkala selama 4 bulan sebesar Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 per bulan.

Tribun mewartakan, diperkirakan sekitar 13,8 juta pekerja formal yang memenuhi syarat akan menerima bantuan ini.

Selain itu, pemerintah akan menggelontorkan anggaran Rp 31,2 triliun untuk merealisasikan program ini.

Gaji 2 Juta Beli Saham Bisa Banget! Ini Caranya! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Guys, Ini Dia 5 Jurus Jitu Mengelola Gaji Bulanan Ala Milenial]

 

BP Jamsostek dalam keterangannya mengungkapkan penerima bantuan akan didasarkan data kepesertaan.

“Saat ini BP Jamsostek dalam proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria dimaksud melalui kantor cabang di seluruh Indonesia. Pemerintah juga akan memvalidasi lagi data yang disampaikan BP Jamsostek. Tujuannya, untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran,” terang BP Jamsostek mengutip CNBC Indonesia, Selasa (18/08).

 

Cara Mengecek Penerima Subsidi

Nah, untuk mengetahui apakah kamu terdaftar tidaknya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, ada tiga cara yang dapat dilakukan, sebagai berikut;

 

#1 Melalui Aplikasi BPJSTKU

Kamu dapat mengunduh aplikasi BPJSTKU untuk mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Melalui aplikasi BPJSTKU, terdapat informasi saldo JHT dan rincian saldo JHT Tahunan.

Selain itu, tersedia juga informasi profil peserta, simulasi saldo JHT dan formulir pengajuan klaim online.

Adapun cara pendaftaran dibedakan menjadi dua, yaitu pendaftaran peserta baru BPJS Ketenagakerjaan (Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, Pekerja Migran Indonesia) dan pendaftaran pengguna baru aplikasi BPJSTKU.

 

Jika kamu sudah pernah mendaftar, masukkan alamat email dan kata sandi. Sementara, bagi pendaftar baru, harus membuat akun terlebih dahulu.

Berikut adalah caranya:

  • Masukkan alamat email dan kata sandi
  • Memilih kategori (penerima upah, bukan penerima upah, atau pekerja migran Indonesia)
  • Memasukkan nama lengkap sesuai data di KTP
  • Memasukkan tanggal lahir dan nomor identitas
  • Memasukkan nomor KJP atau nomor kepesertaan di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • Memasukkan nomor ponsel aktif untuk aktivasi
  • Memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS

 

Setelah berhasil login, kamu dapat melihat status keanggotaan, apakah terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan. 

Jika aktif dan sesuai dengan kriteria lain yang dipersyaratkan, kamu merupakan salah satu penerima subsidi gaji tersebut.

 

#2 Situs BPJS Ketenagakerjaan

Selain melalui aplikasi, kamu juga dapat mengecek status kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Pada laman tersebut, masukkan alamat email dan password. Setelah berhasil masuk, kamu dapat melihat sejumlah informasi, mulai dari kartu digital, saldo JHT, klaim saldo JHT, simulasi, hingga vokasi.

 

#3 SMS ke Nomor 2757

Untuk dapat mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS, peserta harus mendaftar via SMS dengan mengetik:

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada)

Setelah berhasil melakukan registrasi, kamu sudah dapat melihat status keanggotaan BP Jamsostek.

Peserta yang tercatat, aktif dan dengan gaji di bawah Rp 5 juta berarti sesuai persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Tinggal ditunggu saja ya!

Dapat uang lebih, diapakan ya uangnya? Jangan sampai jadi sia-sia! Yuk lakukan perencanaan keuangan yang baik! Kamu bisa baca e-book gratis mengatur keuangan berikut ini.

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Agar bisa langsung praktikkan teorinya, download juga aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store maupun Apple App Store!

 

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Vina Fadhrotul Mukaromah. 15 Agustus 2020. Cara Mengecek Penerima Bantuan Rp 600.000 di BPJS Ketenagakerjaan. Kompas.com – https://bit.ly/2Yc1zQn
  • Tanayastri Dini Isna. 15 Agustus 2020. Cara Cek Dapat Bantuan Rp600 Ribu untuk Karyawan, Mudah!co.id -https://bit.ly/2Q4iQGQ
  • Roy F. 18 Agustus 2020. Cara Cek Apakah Anda Dapat Subsidi Gaji Rp600.000 dari Jokowi. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/31UT8d6
  • Salma Fenty. 13 Agustus 2020. Cara Mudah Memastikan Anda Dapat Bantuan Karyawan Rp 600 Ribu, Bisa Cek Kepesertaan Via SMS. Tribunnews.com – https://bit.ly/3iPPxnz