Kalau kamu baru gajian tapi udah abis lagi kayaknya kamu butuh 5 jurus jitu buat mengelola gaji bulanan ala milenial, deh! Simak jurusnya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dunia Konsumeristis Di Era Milenial

 

Tawaran untuk jadi konsumeristis memang semakin menggila, apalagi di zaman modern dengan kemajuan teknologi yang sedikit-sedikit ada iklan di gadget.

Dari iklan di akun media sosial, Youtube sampai SMS pun tidak ketinggalan buat nawarin berbagai produk atau jasa yang jika kita tidak mawas diri, isi dompet kita bakal raib.

Raib bukan karena dicolong, tapi kita sendiri yang kecolongan gara-gara tergiur untuk belanja barang ini itu tanpa banyak pertimbangan. Alhasil, nyesel, deh coz isi dompet dan ATM sudah melepes gak ada jejak.

 

5 Jurus Jitu Mengelola Gaji Bulan

Buat kamu para milenial yang kerap mengalami hal ini, kamu perlu berubah, guys! Ada jurus jitu yang bisa kamu terapkan dan ubah kebiasaan finansialmu untuk membangun masa depan finansial yang lebih baik.

Tentu kamu ingin punya rumah, kendaraan pribadi atau hal-hal yang kamu inginkan, bukan? Bagaimana caranya supaya keinginan finansialmu tercapai kalau kamu masih hidup konsumeristis dan tidak bisa mengelola keuanganmu? It’s time to change our habits!

 

#1 Miliki Skala Prioritas

Mengelola gaji bulanan ala milenial yang pertama adalah harus kita ingat bahwa manusia itu tidak ada batas rasa puas. Mau gaji berapapun, kita tidak akan merasa cukup. Betul, tidak?

Pernah gak sih kamu mengalami kalau gajimu yang saat ini lebih tinggi dibandingkan gaji di beberapa tahun sebelumnya, sepertinya gak pernah cukup meski sudah mengalami kenaikan?

Di samping karena inflasi, hal ini dikarenakan kita tidak dapat mengatur keuangan kita agar dapat cukup bahkan bisa menabung untuk masa depan finansial yang lebih baik.

Jurus pertama yang harus kita terapkan adalah dengan memiliki skala prioritas. Apa yang menjadi prioritasmu yang wajib kamu penuhi dalam satu bulan ke depan setelah mendapatkan gaji?

Guys, Ini Dia 5 Jurus Jitu Mengelola Gaji Bulanan Ala Milenial 05 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Ingat, prioritaskan hal-hal yang menunjang kebutuhan pokokmu seperti kebutuhan bulanan, belanja, makan, transportasi hingga kebutuhan liburan bulanan atau tahunan.

Ketika akan membeli sebuah barang, pikirkan akan urgensi atau tingkat kepentingan dari barang tersebut untuk dirimu sendiri.

Apakah tanpa barang itu, kamu tetap bisa dengan efektif menjalani keseharian atau apakah dengan barang tersebut, kamu mampu memaksimalkan diri kamu semakin lebih baik?

Jika barang tersebut sebetulnya tidak kamu butuhkan, lebih baik kamu jangan lama-lama melihatnya supaya kamu tidak terhipnotis untuk membelinya.

 

#2 Yuk, Nabung

Duh, tentu ini adalah pesan para orang tua yang selalu bikin telinga panas, “Jangan lupa nabung!” Tapi, nasihat ini memang sangat-sangat berharga, lho guys!

Namun, seringkali kita salah kaprah dengan pola pikir menabung di bank atau di celengan ayam. Menabung cara milenial itu menabung yang menguntungkan. Lah, memang ada ya menabung yang merugikan?

Itu dia, guys! Kalau kamu cuma menabung di bank atau nabung di celengan ayam atau bahkan naruh uangmu di lemari saja, nilai uangmu bakal berkurang setiap tahunnya karena tergerus oleh inflasi.

Guys, Ini Dia 5 Jurus Jitu Mengelola Gaji Bulanan Ala Milenial 07 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Apalagi jika kamu hanya taruh di bank, tentu biaya administrasi bulanan akan menggerus uangmu, meski setiap bulannya kamu dapat suku bunga yang tidak seberapa nilainya dibandingkan besarnya jumlah potongan biaya administrasi.

Kalau begitu, sebaiknya nabung di mana? Ini dia beberapa pilihan menabung investasi yang cocok buat para milenial!

 

Reksadana

Investasi di Reksadana itu termasuk cocok buat para milenial. Kamu gak perlu memantau pergerakan nilai investasimu karena kamu sudah mempercayakan danamu untuk dikelola oleh Manajer Investasi pilihanmu.

Selain itu, modal untuk berinvestasi di Reksadana tidaklah besar. Ada beberapa Reksadana yang menawarkan investasi dengan modal Rp 10 ribu saja. Murah, kan?

Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi dengan cara ini, kamu bisa gabung komunitas Reksadana agar mendapat informasi yang lebih mendalam. Yuk, join sekarang!

 

Gabung Sekarang Di Komunitas BELAJAR REKSA DANA Finansialku!

komunitas reksa dana

SAYA MAU JOIN

 

P2P Lending

Peer 2 Peer Lending memang termasuk investasi yang marak di kalangan para milenial karena P2P Lending ini memudahkan para peminjam dan pemberi dana secara online melalui platform tertentu.

Selain itu, perhitungan biaya pinjaman, biaya penalty dan lain sebagainya sudah diatur dan diinformasikan kepada anggota P2P.

Ditambah lagi hasil keuntungan pengembalian yang dinilai lebih besar dari deposito membuat para investornya semakin ngiler.

Guys, Ini Dia 5 Jurus Jitu Mengelola Gaji Bulanan Ala Milenial 08 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga (Gaji Rp3 Juta)]

 

#3 Buat Catatan Keuangan

Hayoo, siapa yang rajin catat arus keuangan harian?

Rata-rata para milenial malas untuk melakukan pencatatan keuangan harian. Tahukah kamu, bahwa pencatatan keuangan harian akan sangat menolongmu untuk mengetahui ke mana saja larinya uangmu selama ini.

Kamu juga bisa mengecek dan membandingkan harga barang yang kamu beli di beberapa toko atau kios dan menentukan di manakah kamu bisa membeli barang yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

Jadi, di akhir bulan kamu gak akan bingung ketika melihat saldo di ATM atau di dompet karena kamu mengetahui dengan jelas ke mana saja uangmu pergi.

Guys, Ini Dia 5 Jurus Jitu Mengelola Gaji Bulanan Ala Milenial 06 - Finansialku

[Baca Juga: Guys! Ternyata Selama Ini Kita Salah Mengartikan Kata HEMAT!]

 

Mencatat keuangan kini semakin mudah dan gak ribet dengan Aplikasi Finansialku.

Satu aplikasi, bisa mencatat arus keuangan, pencatatan uang di berbagai dompet digital dan akun bank, selain itu kamu juga bisa mencatat dana membeli barang hingga mencatat jumlah investasi di berbagai instrument yang kamu danai.

Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa ngobrol sama perencana keuangan bersertifikat dari Finansialku yang akan memberikan solusi jitu soal merencanakan keuangan dengan benar.

Tunggu apa lagi? Manfaatkan promonya karena ada potongan harga hanya dengan memasukkan kode promo: CUAN50 untuk jadi member PREMIUM dan memanfaatkan semua fasilitas Aplikasi Finansialku dengan leluasa.

playstore icon
appstore icon

 

#4 Pisahkan Rekening

Mengelola gaji bulanan ala milenial berikutnya untuk kamu tipe orang yang konsumeristis, kamu bisa mengakalinya dengan membuat 2 rekening yang berbeda.

Salah satu rekeningnya diisi dengan jumlah uang untuk kebutuhan bulanan yang memang kamu gunakan sehari-hari, sedangkan satu rekening lagi digunakan untuk menabung, dengan catatan ATM-nya kamu tinggal di rumah dan gunakan rekening yang biaya adminnya paling minim.

Rekening yang terpisah akan membuatmu enggan untuk asal gesek dan menggunakan uangmu dengan sembarangan.

 

#5 Bawa Uang Cash Secukupnya & Bawa Bekal

Mengelola gaji bulanan ala milenial terakhir adalah buat jatah harian di dalam dompetmu.

Masukkan uang secukupnya per hari, misalnya Rp 20.000 hanya untuk jajan dan juga biaya parkir atau berbagai pengeluaran lainnya yang hari itu sekiranya akan dikeluarkan.

Gunakan uang cash secukupnya setiap hari. Jika memungkinkan, kamu bisa membawa bekal ke tempat kerjamu. Jadi kamu harus keluarkan kocek lebih untuk jajan harian.

Selain itu, kamu bisa lebih menjaga kebersihan dan kesehatan dari asupan makananmu. Bawa juga botol minum sendiri supaya kamu gak jajan air minum kemasan dan memboroskan uangmu.

 

 

Itulah jurus jitu mengelola gaji bulanan ala milenial, guys. Gimana perjalanan kalian menyusun rencana keuangan? Kira-kira gaji bulananmu cuup sampai akhir bulan?

Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang ada di bawah ini! Kamu juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • True Money. 6 Maret 2020. Ini Dia 4 Cara Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cermat! Truemoney.co.id – https://bit.ly/32LsIwL
  • Fira. Gajian Selalu Habis di Minggu ke-2? Lakukan Ini di Awal Bulan! Koinworks.com – https://bit.ly/39lotck
  • Tim CNN Indonesia. 27 Agustus 2019. Cara Mengatur Uang Gaji Bulanan dengan Bijak. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/32RBPvX

 

Sumber Gambar:

  • Jurus 1 – https://bit.ly/2P92tYX
  • Jurus 2 – https://bit.ly/2Xb5eNQ
  • Jurus 3 – https://bit.ly/3gf8fUW
  • Jurus 4 – https://bit.ly/30aradM