Praktikkan 16 cara berpikir positif saat menghadapi tantangan. Rasakan perbedaan pola pikir Anda saat mempraktikkan cara-cara berikut yang akan dipaparkan oleh tim Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Tantangan adalah Kesempatan untuk Berkembang

Sebagai insan yang berakal budi, tentu kita patut bersyukur atas kehidupan yang dapat kita rasakan setiap harinya. Namun, seringkali Sang Pencipta mengizinkan kita untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup ini.

Hidup ini tentu penuh tantangan, bukan? Setiap orang pasti menghadapi setiap kesulitan dan tantangan mereka sendiri. Entah itu dengan rekan kerja, masalah sepele dengan anggota keluarga yang terkadang membuat kepala penat, atau bahkan tantangan promosi jabatan dan lain sebagainya.

Jika kita berpikir bahwa setiap masalah itu hanya akan menghambat kebahagiaan kita, sebetulnya kita perlu memperbaiki pola pikir kita.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan

Daripada coba menghindari setiap tantangan yang malah membuat kita menjadi pribadi yang tidak akan berkembang, sebaiknya kita mengubah pola pikir kita terhadap tantangan itu sendiri. Cobalah mempraktikkan cara berpikir positif saat menghadapi tantangan.

 

#1 Coba Untuk Percaya Diri

Salah satu cara untuk menghadapi tantangan adalah dengan menciptakan rasa percaya diri dan kebahagiaan dalam diri Anda. Mula-mula perasaan ini mungkin tidak nyata, tapi lama kelamaan Anda akan mulai merasa lebih bahagia dan bahkan lebih dekat dengan tujuan Anda.

Pernahkah Anda mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kinerja tim Anda? Mungkin ini adalah kali pertama.

Tapi, bagi mereka yang tidak terlalu senang berbicara di depan umum, tentu saja ini adalah tantangan tersendiri, entah itu kali pertama, kedua atau kesekian kalinya.

16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Tentu kesempatan itu tidak boleh terbuang sia-sia. Cobalah untuk merasa percaya diri dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pada mulanya perasaan percaya diri itu sepertinya sengaja diadakan oleh pikiran Anda.

Rasa percaya diri yang menguasai pikiran Anda akan mulai membangkitkan keberanian dan tentu saja keyakinan bahwa Anda akan berhasil.

 

#2 Percayalah Anda Akan Sembuh

Mereka yang menghadapi penyakit bisa merasakan rasa putus asa dan ketakutan. Perasaan ini tidak akan membantu apapun.

Jika Anda salah satunya yang sedang mengalami tantangan dalam hal jasmani Anda yang sedang melemah, berkonsentrasi untuk menjadi lebih baik dan hidup setiap saat seolah-olah Anda akan segera sembuh. Miliki keyakinan teguh bahwa Anda pasti sembuh.

Seorang pasien kanker yang mendapatkan terapi tidak hanya dari segi medis tetapi juga dari segi psikologisnya, memperlihatkan hasil yang tidak dapat diduga.

Sebuah kutipan mengatakan bahwa hati yang gembira adalah obat yang manjur. Praktikkan dan rasakan hasilnya.

 

#3 Pahami Hambatan Yang Ada Untuk Menantang Anda

Sepanjang jalan menuju kesuksesan, Anda akan menghadapi beberapa penghalang jalan.

Setiap tantangan yang kita dapatkan, sebenarnya akan mengangkat kita pada level berikutnya yang lebih tinggi.

Tentu Anda pernah bermain game bukan? Semakin tinggi level kita, maka tantangan akan semakin besar dan tentu saja kemampuan kita pun semakin berkembang. Sederhana bukan?

Jadikan tantangan itu sebagai batu loncatan Anda untuk semakin maju.

Pernahkah Anda berinvestasi dalam reksa dana atau saham? Tentu Anda pernah menghadapi kesulitan atau kerugian. Saat itulah Anda tentu akan belajar untuk lebih baik di kesempatan berikutnya. Setidaknya pengalaman tersebut mengajarkan agar kita tidak jatuh pada lubang yang sama.

Jika Anda sedang belajar berinvestasi dalam alat investasi reksa dana, miliki berbagai pengetahuan dasarnya dalam berinvestasi reksa dana melalui e-book investasi reksa dana bagi pemula yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#4 Bayangkan diri Anda Sedang Menggapai Impian Anda

Ciptakan perasaan bahwa Anda sedang menikmati hasil impian Anda.

Menginginkan berat badan yang ideal dan postur tubuh yang proporsional tentu adalah idaman banyak orang. Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan besar bagi sebagian orang.

Pola pikir Anda akan mempengaruhi pola tindak Anda.

Rasakan bahwa mimpi Anda sedang Anda alami saat ini. Rasakan bahwa Anda memiliki tubuh yang ideal dan Anda sedang dalam tahap menjaga keidealan tubuh Anda tersebut dengan berbagai usaha diet pola makan yang benar serta olahraga yang teratur.

 

#5 Mulai Dari Hal Yang Kecil/Sederhana

Seorang entrepreneur tentu tidak akan langsung mengalami kesuksesan yang gemilang tanpa menghadapi kerikil kecil dan bahkan tembok besar yang menghalangi.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap bentuk keberhasilan tidak lepas dari berbagai tantangan. Mereka pasti mengalami berbagai tahap seiring kesuksesan yang dialaminya.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Praktis Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Lebaran yang Harus Anda Praktikkan!]

 

Jika Anda mampu menghadapi tantangan dengan skala kecil, maka Anda akan menghadapi tantangan berikutnya yang lebih besar.

Pikirkan tantangan itu dengan mulai berpikir sederhana dalam proses penyelesaiannya.

 

#6 Jangan Biarkan Diri Anda Terhenti

Menyerah memang menjadi sebuah jalan keluar yang sangat mudah. Tidak peduli seberapa negatif perasaan Anda, jangan biarkan diri Anda berhenti mengejar sesuatu yang benar-benar Anda inginkan.

Ada saatnya dimana Anda akan berterima kasih pada diri Anda di kemudian hari karena Anda tidak menyerah.

Jika Anda berhenti sekarang, Anda tidak akan mengalami keberhasilan dari ketekunan dan kerja keras Anda.

Jika Anda merasa mengalami kerugian saat berinvestasi atau melakukan usaha Anda, jangan segera patah semangat. Tentu Anda sedang melakukan kesalahan. Segera sadari dan perbaiki titik kesalahan yang Anda lakukan.

Menjadi pengusaha atau entrepreneur, tentu perlu perencanaan yang matang dan tidak main-main. Mulaiah berbagai perencanaan keuangan dari hal yang sederhana, dimulai dari perencanaan keuangan pribadi Anda.

Download e-book perencanaan keuangan untuk usia 20-an yang dapat Anda unduh secara  gratis dari Finansialku.

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Bagi Anda usia 30-an, Finansialku juga menyiapkan e-book perencanaan keuangan untuk usia 30-an bagi Anda.

 

#7 Perubahan Itu Tak Selamanya Mudah

Tidak ada yang pernah berjanji bahwa membuat perubahan besar dalam hidup Anda akan mudah atau bahwa mengatasi rintangan itu semudah layaknya sedang berjalan melintasi taman.

Tetap percaya diri dan miliki keyakinan untuk terus meningkatkan kualitas diri.

 

#8 Temukan Sisi Baiknya

Setiap masalah tentu akan selalu ada sisi baiknya jika Anda dapat menemukannya. Temukan hikmah dari setiap tantangan yang Anda hadapi.

Tenangkan diri dan pikiran untuk mencari titik terang.

 

#9 Segala Sesuatu Ada Waktunya

Ada kalanya untuk sedih, ada kalanya untuk bahagia. Demikian juga tak selamanya masa sulit akan selalu Anda rasakan. Setiap hal ada masanya.

Bahkan saat Anda merasa sedih karena kehilangan salah seorang yang dicintai, ingatlah bahwa pada saatnya Anda akan merasa lebih baik. Seiring dengan berjalannya waktu dan menerima keadaan, maka segala sesuatunya akan menjadi semakin baik.

Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah]

 

#10 Benar-Benar Percaya Bahwa Anda Akan Berhasil

Kepastian akan keberhasilan tentu akan memberikan dorongan semangat dalam diri Anda untuk semakin percaya diri akan keberhasilan yang akan Anda raih.

Jika Anda menginginkan kemenangan ekstra dalam kesuksesan, percaya dan yakinlah bahwa Anda akan sukses.

 

#11 Hadapi Perubahan

Dunia ini bersifat dinamis, akan selalu ada perubahan seiring dengan perjalanan waktu. Demikian juga orang-orang di sekitar Anda dan situasi yang mengelilingi Anda.

Tak perlu takut dalam menghadapi perubahan. Ubah pola pikir semakin positif untuk menghadapi perubahan dunia yang dinamis.

 

#12 Buat Keputusan Mendasar Untuk Masa Depan

Dalam hidup, Anda bisa membiarkan sebuah tantangan menghancurkan Anda dan membuat Anda melihat dunia dalam cara pandang yang negatif. Atau sebaliknya, Anda dapat memanfaatkan kekuatan yang bahkan tidak Anda ketahui sebelumnya dan mencapai puncak kesuksesan.

Tidak ada kata terlambat untuk membuat sebuah keputusan.

Tidak ada seorangpun yang menolak untuk sukses. Ingin sukses dalam berinvestasi emas? Ketahui panduan berinvestasi emas bagi pemula melalui e-book panduan berinvestasi emas.

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#13 Lakukan Bagian Anda

Tidak perlu muluk-muluk dan berpikir terlalu kompleks. Lakukan saja bagian yang perlu Anda bereskan dengan perlahan tetapi pasti. Jangan biarkan Anda terganggu dengan situasi yang terjadi di sekitar. Fokuslah pada tanggung jawab Anda.

                                                               

#14 Fokus Mencari Solusi

Kenapa harus terperangkap dalam lingkaran masalah yang rasanya semakin mencekik? Jangan berkubang dalam masalah Anda.

Sebagai gantinya, cobalah mencari solusi dan menyelesaikannya. Proaktiflah dalam mencari solusi dan rasakan perubahan cara pandang Anda yang akan mempengaruhi atmosfer sekeliling Anda.

 

#15 Jangan Biarkan Kerugian Menghentikan Anda

Saat mengejar tujuan pasti akan ada kemunduran di sepanjang jalan. Jangan biarkan setiap kemunduran dan kegagalan menghentikan Anda menuju tujuan akhir Anda.

Gagal dalam berinvestasi itu hal yang biasa. Tetap yakinlah bahwa investasi adalah jalan keluar menuju kebebasan finansial. Jangan patah semangat ketika nilai saham Anda sedang turun atau usaha yang Anda rintis mengalami kemunduran.

7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kabarnya BPJS Ketenagakerjaan Beri Pinjaman untuk Beli Harga Rumah Rp500 Juta, Apakah Benar? Gimana Caranya?]

 

Selalu ada jalan keluar. Pelajari setiap pengetahuan yang diperlukan agar Anda memperbaiki kesalahan Anda di kemudian hari. Pengalaman hari ini akan membuat kita semakin mengerti akan tantangan di kemudian hari.

Tahukah Anda bahwa pengalaman orang-orang di sekeliling kita bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kesuksesan kita.

 

#16 Buat Sebuah Karya Yang Positif

Seorang penulis terkadang tidak menyadari bahwa tulisannya dapat menginspirasi orang lain. Tulisan mereka itu tak jarang berasal dari pengalaman pribadi.

Siapa sangka ternyata Anda juga data membuat berbagai karya yang menginspirasi orang lain melalui pengalaman pribadi Anda. Sebagai contoh, Anda dapat membuat lirik lagu atau aransemen musik yang menyejukkan hati. Atau coretan seni berupa gambar yang indah dan menawan hati.

Para HRD 8 Alasan Pentingnya Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan di Perusahaan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Rumah Kontrakan Menguntungkan? Ketahui 4 Tips Saat Memilih Tenan dan Jalin Hubungan Baik Dengannya]

 

Jangan Lari, Ayo Hadapi dengan Berani

Masalah memang bisa dihindari tetapi Anda tidak mendapatkan manfaat darinya. Lari dari tantangan hanya akan menurunkan kualitas diri Anda. Miliki cara berpikir positif agar Anda dapat semakin berkembang.

 

Anda memiliki rekan atau kenalan yang sedang mengalami patah semangat karena suatu tantangan yang mereka hadapi?

Motivasi mengenai cara positif di atas tentu akan sangat menolong mereka, setidaknya mengubah pola pikir mereka semakin lebih baik.

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan-rekan dan kenalan Anda yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • RN Central. 12 Oktober 2009. 100 Positive-Thinking Exercises That Will Make Any Patient Healthier & Happier. Rncentral.com – https://goo.gl/trttVc

 

Sumber Gambar:

  • Menghadapi Tantangan – https://goo.gl/kx22hK dan https://goo.gl/8LGUZd

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang