Apakah kamu sering memakai ekspedisi Pos? Cara cek resi Pos semakin memudahkan masyarakat untuk mengetahui paketnya telah sampai di daerah mana. ‘Apakah sudah sampai atau belum’.

Kali ini Finansialku akan membahas tentang cara cek resi pos. Yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

 

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengirim Paket Melalui Ekspedisi Pos

Tidak bisa dipungkiri lagi keberadaan internet memang sangat membuat semua orang terlena. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, banyak pula perubahan terhadap kebiasaan masyarakat.

Begitupun dalam berbelanja, yang sekarang hanya cukup mengandalkan gadget dan koneksi internet. Bahkan untuk belanja pun kini kamu tidak perlu keluar rumah, panas-panasan, atau mengantre.

Sekarang sudah zamannya belanja online atau online shop. Dimana semua barang dagangan bisa dijajakan melalui etalase digital yang hanya berisi foto serta deskripsi produk.

Dengan maraknya belanja online ini banyak pihak yang merasa diuntungkan, baik itu dari pembeli atau penjual.

Tak hanya itu, yang merasa diuntungkan pun datang dari para jasa ekspedisi. Untuk menjalankan bisnis online ini, jasa ekspedisi sangat diperlukan, karena jasa ini dipercaya untuk mengantarkan barang ke tangan pembeli.

Meskipun jarak antara penjual dan pembeli sangat berjauhan, dengan adanya ekspedisi ini, semua barang dapat mendarat dengan sempurna di tempat tujuan.

Salah satu ekspedisi yang ada di Indonesia adalah PT Pos Indonesia. Pos Indonesia merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang khusus bergerak pada layanan Pos.

Pos Indonesia berdiri 26 Agustus 1746 yang berarti saat ini usianya sudah mencapai 272 tahun lho! Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang mempercayakan pengiriman barangnya melalui Pos Indonesia.

Dulu Pos Indonesia sempat meredup pada awal 2000-an karena adanya invasi pesan singkat dan email. Namun Pos Indonesia masih tetap bertahan dengan inovasi pada layanannya.

Salah satunya layanan yang masih menjadi favorit masyarakat adalah pengiriman dokumen dan paket.

Dengan teknologi yang semakin berkembang pesat, Pos Indonesia juga semakin meningkatkan layanannya. Untuk menggunakan jasa ekspedisi pos ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya cara cek resi Pos.

 

Beginilah Cara Cek Resi Pos

Mengecek resi ini adalah hal yang paling dibutuhkan terutama bagi pembeli. Resi ini terdiri dari beberapa digit angka yang digunakan untuk mengetahui atau melacak posisi barang kamu.

Cara cek resi ekspedisi pos ini tergolong mudah, karena saat ini hampir semua ekspedisi memiliki websitenya masing-masing untuk memudahkan cek resi.

Pos Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Langkah Mudah Cek Tarif Pos Indonesia? Cek Di Sini!]

 

Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor Pos untuk mengecek status pengiriman Pos. berikut ini adalah cara cek resi pos yang bisa kamu lakukan:

 

#1 Masuk Ke Situs Resmi Pos

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek resi pos adalah dengan masuk ke situs resmi dan membuka laman tracking Pos Indonesia di alamat https://www/posindonesia.co.id/id/tracking.

Setelah itu masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia dan klik kirim. Bagi kamu yang masih bingung nomor resi itu yang mana, nomor resi akan diberikan ketika kamu telah mengunjungi kantor pos untuk mengirim barang,

Pihak pos akan memberikan bukti kirim beserta nomor resi yang cukup panjang yang terdiri dari beberapa angka.

Nomor resi pos biasanya terletak pada bagian kanan atas, biasanya akan tertulis sebagai nomor kiriman atau nomor barcode. Dari situ kamu bisa lihat data pengiriman pos tersebut.

 

#2 Lacak Status Pengiriman

Sebelum mengecek resi pos, ada beberapa status yang perlu kamu ketahui.

  • Posting Loket, ini berarti sudah diterima di loket dan akan segera dikirim.
  • Manifest Terima, artinya kiriman sudah diterima pada bagian dari kantor Pos yang bertugas melanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Manifest Serah, artinya kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor pos tujuan.
  • Proses Antar, artinya, kiriman sedang dibawa oleh kurir untuk dikirim ke penerima.
  • Selesai Antar, artinya paket telah diserahkan oleh kurir kepada penerima dan pengiriman sukses.
  • Gagal Antar artinya, pengiriman gagal dilakukan dan akan dikirimkan keesokan harinya. Hal ini dapat terjadi jika kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan, penerima tidak ada di tempat, atau terdapat masalah di perjalanan.
  • Antar Ulang, antar ulang berarti kiriman yang gagal akan diantar kembali keesokan harinya.

 

Cek Resi POS dengan Mudah, Harga Terjangkau

Hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang mempercayakan paketnya ke layanan pengiriman dari PT Pos Indonesia.

Selain memudahkan pelanggannya untuk mengetahui barangnya telah sampai mana melalui tracking resi, harganya pun cukup terjangkau dibanding dengan jasa kurir lain, jasa yang ditawarkan Pos Indonesia sudah terpercaya puluhan tahun lamanya.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan saat ini tentunya bisa mengancam kondisi keuangan kamu bukan? kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Nah itu dia cara cek resi pos yang bisa kamu lakukan. Dengan mengecek resi ini kamu bisa mengetahui posisi paket kamu telah sampai daerah mana.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Anugerah Ayu Sendari. 17 Maret 2019. Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum, Mudah Bisa Online. Liputan 6.com – http://bit.ly/2MePsOd

 

Sumber Gambar:

  • Logo Pos Indonesia – http://bit.ly/31BNRpi
  • Kurir – http://bit.ly/2YL9QwX