Apakah Anda pernah menggunakan layanan ekspedisi dari Pos Indonesia? Sudah tahu cara mudah untuk mengecek tarif Pos Indonesia?

Artikel Finansialku kali ini akan memberikan Anda informasi mengenai layanan ekspedisi yang ditawarkan oleh Pos Indonesia. Penasaran? Yuk simak bersama. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengabdikan Diri Sejak 1746

Siapa yang tidak tahu PT Pos Indonesia (Persero)? Iya! salah satu perseroan terbatas yang erat kaitannya dengan kirim-berkirim surat.

Sudah hampir 3 abad, Pos Indonesia mengabdikan dirinya untuk melayani kebutuhan ekspedisi masyarakat Indonesia.

Berdiri sejak 26 Agustus 1746 oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff, dulu Pos Indonesia hanyalah sebuah kantor pos yang bertempat di Jakarta.

Tugas utama Pos Indonesia saat itu ialah menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda.

 

Dulu, kantor Pos hanya bertempat di Batavia (Jakarta). Empat tahun kemudian, kantor Pos mulai mengembangkan sayapnya dengan mendirikan kantor Pos Semarang.

Hal ini dilakukan dengan maksud mengadakan perhubungan pos yang teratur dan untuk mempercepat pengirimannya.

Saat itu, rute perjalanan yang dilakukan oleh Pos ialah melalui Karawang, Cirebon, dan Pekalongan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa ruang lingkup dari Pos masih sangatlah kecil.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya Pos pun melakukan revolusi terhadap dirinya.

Tidak hanya surat, namun kini Pos sudah melayani pengiriman paket, dokumen, uang, dan sebagainya, baik skala domestik maupun internasional.

Namun, Pos tetap teguh berperan sebagai badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan dengan operasinya yang tidak bersifat komersial dan lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik.

Pos Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Diet Badan dan Diet Keuangan]

 

Atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Setelah Anda memiliki semua fakta tersebut, Anda dapat memutuskan bagaimana mulai menumbuhkan uang Anda.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Anda juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Revolusi PT Pos Indonesia (Persero)

Dari sebuah kantor, PT Pos Indonesia mengalami perubahan status beberapa kali.

Mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph, dan Telephone), dan berubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).

Mengamati perkembangan zaman di mana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro).

Pada tahun 1978, berubah kembali menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri.

Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

 

Saat ini, Pos Indonesia telah memiliki sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota juga kabupaten, hampir 100 persen kecamatan, 42 persen kelurahan atau desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi, dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 3.800 Kantor Pos Online, serta dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar.

Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid dan pastinya terintegrasi.

 

Layanan Pos Indonesia

Sampai saat ini, PT Pos Indonesia masih menjadi salah satu penyedia jasa pengiriman (ekspedisi) yang dipilih oleh masyarakat.

Selain karena biayanya yang relatif terjangkau, counter-counter PT Pos Indonesia sudah tersedia hingga ke pelosok Nusantara sehingga mampu menjangkau masyarakat yang tinggal di pedalaman. Di samping itu, lama waktu pengiriman juga tergolong cepat.

Dulu, layanan PT Pos Indonesia hanya sebatas pada surat saja. Namun kini, berbagai jenis paket baik itu dokumen atau bahkan uang, bisa dikirim oleh PT Pos Indonesia. Daya jangkau layanan pengiriman pun sudah mencapai pengiriman internasional.

Pos Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Bagi yang belum mengetahuinya, berikut ini beberapa pembagian layanan dari PT Pos Indonesia, yaitu:

 

#1 Domestik

Untuk pelayanan pengiriman domestik atau dalam negeri, PT Pos Indonesia membaginya menjadi beberapa pilihan layanan, yaitu:

 

  • Kurir

Untuk pengiriman paket dengan berat dan volume yang tidak terlalu besar, yaitu:

 

  • Pos Express

Pos Express merupakan layanan premium untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia.

Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim dokumen, surat, paket, serta barang dagangan online.

Berat maksimal kiriman untuk Pos Express sampai dengan 50 kg dan standar waktu penyerahan H+1 hari yang dilengkapi fitur jejak lacak.

 

  • Pos Kilat Khusus

Pos Kilat Khusus merupakan layanan untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia.

Sama dengan Pos Express, layanan ini dapat dipilih untuk mengirim dokumen, surat, paket serta barang dagangan online.

Berat maksimal kiriman untuk Pos Kilat Khusus sampai dengan 50 kg dan tarif ditentukan menggunakan berat kiriman aktual (actual weight) atau menggunakan perhitungan volumetrik.

Standar waktu penyerahan H+2 sampai dengan H+9 hari yang dilengkapi fitur jejak lacak.

 

  • Pos Jumbo Ekonomi

Pos Jumbo Ekonomi merupakan merupakan layanan Pos Indonesia dengan ketentuan yang berbeda.

Biasanya, layanan ini dipilih untuk mengirim paket dan barang dagangan online.

Tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 kg.

Terdapat jaminan ganti rugi dengan standar waktu penyerahan adalah maksimal H+14 hari yang dilengkapi fitur jejak lacak.

 

  • Layanan Standar (Layanan Kurir Regular)

Layanan standar ini sering disebut sebagai Pos Biasa. Biasanya, layanan ini dipilih untuk mengirim mengirim dokumen, surat, juga kartu pos menggunakan perangko sesuai tarif yang berlaku di wilayah tertentu.

Layanan ini menetapkan persyaratan berat maksimum 2 kg dengan standar waktu penyerahan H+14 hari dan tidak disediakan nomor resi untuk layanan lacak kiriman.

Pos Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

  • Logistik

Layanan logistik digunakan untuk pengiriman paket dengan berat dan volume yang cukup besar, yaitu:

 

  • Kargo

Layanan kargo terbagi menjadi 3, yaitu Kargo Ritel Train yang menggunakan kereta api, Kargo Ritel Udara Dalam Negeri yang menggunakan pesawat, serta Kargo Ritel Train dan Kargo Udara Dalam Negeri yang menggunakan keduanya (kereta api juga pesawat).

Semuanya memiliki ketentuan lead time yang sama, yaitu maksimum 52 jam.

Khusus untuk Kargo Ritel Train dan Kargo Udara Dalam Negeri, terdapat beberapa pilihan lagi, yaitu:

  • Door to door (kiriman di pick-up dan dilakukan pengantaran di kantor tujuan).
  • Port to door (pengirim mengirimkan barangnya ke Kantor Pos dan akan diantar ke alamat tujuan).
  • Door to port (kiriman diambil di alamat pengirim dan diambil oleh pelanggan di Kantor Pos).
  • Port to port (pengirim mengirimkan barangnya ke Kantor Pos dan diambil di Kantor Pos tujuan).

 

  • Warehouse

Layanan Warehousing (Layanan Pergudangan) adalah jasa penyimpanan barang untuk produksi atau hasil produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju sesuai permintaan.

Selain itu, Warehouse (Gudang) adalah bagian dari sistem logistik suatu perusahaan sebagai tempat penyimpanan barang (bahan mentah, part barang setengah jadi, barang jadi) pada dan di antara tempat asal dan tempat tujuan serta memberikan informasi kepada manajemen tentang status, kondisi, dan disposisi barang-barang yang sedang disimpan.

 

  • Freight Forwading

Freight Forwading ialah salah satu layanan Pos Indonesia sebagai solusi logistik bagi bisnis ekspor dan impor, baik melalui moda transportasi laut juga udara.

Pos Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Reksa Dana Merupakan Investasi Menguntungkan Bagi Mahasiswa?]

 

#2 Internasional

Sedangkan untuk pelayanan pengiriman internasional atau luar negeri, PT Pos Indonesia membaginya menjadi beberapa pilihan layanan, yaitu:

 

  • Paket Pos Cepat Internasional

Paket Pos Cepat Internasional dapat menjangkau 195 negara tujuan dengan melayani pengiriman barang dengan waktu tempuh kiriman H+6 hari sampai dengan H+10 hari dengan tingkat berat yang dilayani di atas 2 kg sampai dengan 30 kg.

 

  • EMS (Express Mail Service)

EMS merupakan layanan pengiriman surat, dokumen, paket atau barang dari dan ke luar negeri dengan standar waktu penyampaian maksimum H+5 hari dalam jaringan internasional terbatas. 

 

  • Pos Ekspor

Pos Expor merupakan layanan pengiriman barang ke luar negeri yang sudah menjangkau 232 negara tujuan. Diutamakan untuk pelaku UKM.

Waktu tempuh kiriman H+4 sampai dengan H+8 hari dengan tingkat berat kiriman yang diterima di atas 30 kg sampai dengan 300 kg.

 

  • e-Packet

E-Packet merupakan layanan pengiriman dokumen dan barang yang menjangkau 57 negara dengan waktu tempuh kiriman H+6 sampai dengan H+10 hari. Tingkat berat yang dilayani hanya sampai dengan 2 kg.

Wisata-Bandung-5.-Museum-Pos-Indonesia

[Baca Juga: Anti Galau! Pahami Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak]

 

Semua layanan memiliki tujuan negaranya masing-masing dan sudah terlampir di saat Anda memilih layanan tersebut. Sehingga, pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Semua layanan untuk pengiriman internasional pun sudah dilengkapi dengan fitur jejak lacak.

Selain pengiriman dokumen atau paket, terdapat pula pelayanan lainnya seperti jasa keuangan dan solusi bisnis. Untuk informasi selanjutnya Anda bisa mengunjungi website-nya di www.posindonesia.co.id.

 

Cara Cek Tarif Pos Indonesia

Perlu diketahui bahwa sejak bulan Januari 2019, Pos Indonesia mengumumkan adanya penyesuaian tarif layanan ekspedisi yang dimilikinya.

Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, PT Pos Indonesia sudah menyesuaikan tarif layanan ekspedisinya pada 1 Maret 2019 lalu.

Penyesuaian ini dilakukan karena adanya perubahan moda transportasi dari menggunakan jalur udara menjadi jalur darat.

Vice President Pengembangan Produk Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia, Djoko Suhartanto, menuturkan penyesuaian tarif tersebut berupa penurunan tarif untuk beberapa tujuan pengiriman.

“Maret ada beberapa penyesuaian tarif, hanya di beberapa tujuan. Penyesuaiannya bervariasi, ada yang turun 10%–15%, ada yang tetap, tapi tidak ada yang naik.”

 

Penyesuaian ini menjadi yang kedua terjadi pada 2019 ini, sebelumnya pada awal Januari 2019, Pos Indonesia sudah menyesuaikan tarif akibat dari kenaikan tarif surat muatan udara (SMU).

 

Nah, mengecek tarif layanan ekspedisi PT Pos Indonesia sangatlah mudah, yaitu:

  1. Kunjungi laman posindonesia.co.id, Anda akan langsung melihat kolong “Hitung Tarif Pengiriman”.
  2. Isi sejumlah data yang diperlukan. Kolom “dari” dan “ke” untuk asal dan tujuan. Jangan lupa untuk mencari tahu secara jelas lokasi tujuan Anda. Setelah itu, masukkan estimasi berat dari paket yang akan dikirim.
  3. Jika sudah terisi, klik “Cek Tarif”. Hasil berupa estimasi biaya pun akan muncul dan dituliskan berdasarkan jenis layanan jasa yang akan Anda pilih nantinya.
  4. Jika semisal paket yang akan Anda kirimkan menggunakan volume, Anda bisa mengisi kembali ukuran volume (panjang, lebar, dan tinggi) di sisi kanan layar.

 

Bagaimana? mudah bukan?

Anda juga bisa mengeceknya di aplikasi yang tersedia atau melalui website lain, namun disarankan untuk mengunjungi laman resminya agar harga yang ditawarkan up to date.

 

Yuk, Gunakan Layanan PT Pos Indonesia (Persero)

Bisa dikatakan bahwa PT Pos Indonesia merupakan salah satu penyedia layanan ekspedisi yang paling lama berdiri.

PT Pos Indonesia telah memiliki layanan online sejak tahun 2010 dan bisa diakses dengan mudah untuk berbagai kepentingan lainnya.

Pilihan layanan pun sangatlah lengkap sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Tarif yang dikenakan lebih terjangkau dan bisa bersaing dengan baik dengan perusahaan lainnya dengan jangkauan pengiriman yang sangat luas hingga mencapai internasional dan pelosok atau pedalaman yang jarang diakses oleh perusahaan lainnya.

Selain itu, hal yang paling penting ialah counter-nya yang sudah terdapat hampir di setiap kecamatan di seluruh Indonesia, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Jadi, bagaimana? Yuk gunakan PT Pos Indonesia sebagai jasa ekspedisi Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pos Indonesia. Posindonesia.co.id – http://bit.ly/2WAmJ88
  • Rinaldi Mohammad Azka. 28 Maret 2019. Diam-Diam, PT Pos Sudah Sesuaikan Tarif Pengiriman Sejak 1 Maret. Ekonomi.bisnis.com – http://bit.ly/2Ye9dal

 

Sumber Gambar:

  • Pos Indonesia 1 – http://bit.ly/305nJ6c
  • Pos Indonesia 2 – http://bit.ly/2WxjEp9
  • Pos Indonesia 3 – http://bit.ly/300FSSN
  • Pos Indonesia 4 – http://bit.ly/2YeqDnu
  • Pos Indonesia 5 – http://bit.ly/2Jpu2eS