Tahukah Anda kondisi perdagangan komoditi di Indonesia? Apa sajakah produk yang menjadi komoditas ekspor dan impor Indonesia?

Bursa komoditas merupakan tempat terjadinya transaksi barang komoditi antara produsen dan pembeli. Barang-barang yang diperjualbelikan mencakup komoditi unggulan dunia misalnya hasil tambang, produk pertanian, dan perkebunan.

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Perdagangan Komoditi di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah bahkan menyumbang porsi 60% dari total ekspor.

Sebagai negara eksportir komoditas, Indonesia sangat terpengaruh terhadap volatilitas harga. Sayangnya, justru harga komoditas cenderung ditentukan oleh pedagang luar.

Maka dari itu, dengan adanya bursa komoditas Jakarta Future Exchange (JFX), diharapkan dapat memberikan stabilitas harga komoditi ekspor dan akhirnya menyejahterakan petani lokal.

Transaksi bursa komoditas di Indonesia dikenal dengan 2 cara, yaitu pasar fisik dan pasar berjangka dengan barang yang berbeda-beda.

Trader dan investor memiliki preferensi sendiri terhadap produk komoditas ataupun cara bertransaksinya. Ada yang menyukai transaksi fisik karena merasa lebih aman ataupun menyukai kemudahan transaksi berjangka.

Yuk kita lihat apa perbedaan dari keduanya:

 

Pasar Berjangka

Pasar berjangka melakukan transaksi surat kontrak atas barang komoditas yang tersimpan di gudang.

Namun, jika pembeli menginginkan barang komoditas tersebut juga dapat dipenuhi setelah selesai masa kontrak. Berikut ini produk-produk komoditas berjangka:

 

#1 Emas

Kontrak berjangka emas tersedia dalam berbagai ukuran seperti 1 kg, 100 gram, dan 250 gram.

Produk ini memiliki kontrak dengan underlying emas batangan sesuai ukuran yang dibeli dengan kemurnian 99,99% yang dilengkapi sertifikat ANTAM.

Jangka waktu kontrak tersedia mulai dari 1 bulan hingga 3 bulan. Dan pada saat jatuh tempo kontrak, bisa dilakukan serah terima emas batangan secara fisik sesuai keinginan pembeli ataupun bisa memulai kontrak baru.

Mengetahui Untung Rugi Tabungan Emas 01- Finansialku

Salah satu kelebihan investasi emas berjangka adalah bisa dilakukan secara online melalui platform trading. Dengan sistem online, investor bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

 

Ketersediaan emas di seluruh dunia sangatlah terbatas, inilah salah satu faktor yang menyebabkan harganya cenderung naik dari tahun ke tahun.

Selain itu emas juga dijadikan sebagai lindung nilai atas inflasi. Dalam jangka pendek emas juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Olein

Olein dihasilkan dari kelapa sawit dalam bentuk minyak yang biasanya dikenal dengan sebutan minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO).

Sejak dulu minyak sawit digunakan sebagai bahan baku industri seperti kosmetik, bahan bakar, dan industri pangan.

Kehadiran kontrak berjangka olein bertujuan untuk menstabilkan harga dan sarana jual beli.

Pelajari Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia yang Ada Dalam Investasi 3 Finansialku

Sejak tahun 2007, Indonesia telah menjadi produsen Olein terbesar di dunia yaitu sebesar 46%. Dengan tingkat pertumbuhan kebun kelapa sawit yang cukup besar maka Indonesia berpeluang untuk menguasai produk Olein dunia.

 

Kontrak berjangka Olein tersedia pada satuan 10 dan 20 ton dengan periode waktu enam bulan untuk per kontrak yang diperdagangkan.

Pada saat jatuh tempo, pelaku pasar bisa memilih untuk melakukan serah terima pada tangki-tangki terdaftar.

 

#3 Kakao

Kakao atau dikenal sebagai buah cokelat merupakan tanaman buah tropis yang banyak tumbuh di kawasan Amerika Selatan, Afrika, dan Indonesia.

Dengan luasnya lahan perkebunan yang dimiliki, Indonesia menjadi salah satu produsen utama kakao di dunia.

Kontrak berjangka kakao bertujuan untuk melindungi nilai dan transaksinya disesuaikan dengan kondisi produksi di Indonesia.

Ukuran kontrak berjangka kakao tersedia pada satuan 5 ton dan jangka waktu 1 tahun per kontrak.

 

Tahun ini, dilansir dari Bisnis.com, harga kakao melambung 48% karena panen di Afrika Barat surut dan permintaan global meningkat.

Pada saat jatuh tempo, pembeli bisa memilih penyelesaian dengan serah terima komoditi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada gudang-gudang terdaftar di wilayah produksi kakao Indonesia.

Selain transaksi berjangka, kakao juga dilakukan transaksi pasar fisik secara online. Transaksi secara online ini bertujuan merapikan tata niaga kakao sehingga penentuan harga dapat lebih transparan dan petani mendapatkan sinyal standar mutu yang diinginkan pembeli serta efisiensi biaya pemasaran.

 

#4 Kopi Robusta

Kopi adalah minuman rakyat dari berbagai kalangan. Saking digemarinya, bahkan menjadi komoditas nomor 2 yang paling banyak diperdagangkan secara legal dalam sejarah manusia.

Indonesia merupakan salah satu produsen utama kopi robusta dunia sebelum Brazil.

Dari total produksi kopi di Indonesia, 80% merupakan kopi robusta. Kopi robusta memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya dan umum digunakan untuk racikan kopi bubuk.

Pelajari Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia yang Ada Dalam Investasi 2 Finansialku

Kontrak Berjangka Kopi Robusta bisa menjadi sarana lindung nilai bagi pelaku industri kopi di Indonesia.

 

Kontrak Berjangka Kopi Robusta bertujuan untuk melindungi nilainya sehingga stabil dengan jangka waktu 1 tahun per kontrak.

Setelah kontrak selesai pembeli bisa memilih untuk melakukan serah terima fisik kopi robusta sesuai ketentuan yang berlaku pada gudang-gudang terdaftar yang berlokasi dekat sentra produksi kopi robusta.

Selain transaksi berjangka, kopi robusta juga dilakukan transaksi pasar fisik secara online.

 

#5 Kopi Arabika

Kopi Arabika merupakan spesies kopi yang pertama ditemukan dan dibudidayakan manusia hingga saat ini.

Produksi kopi arabika sebesar 20% dari total produksi kopi di Indonesia. Dengan rasa dan aroma yang lebih disukai membuat kopi arabika bernilai sangat tinggi dan dijuluki sebagai “kopi spesial”.

Kontrak Berjangka Kopi Arabika bertujuan untuk melindungi nilai sehingga dicapai harga yang stabil. Fluktuasi harganya bisa dimanfaatkan oleh pelaku pasar untuk memanfaatkan peluang mendapatkan keuntungan.

Kopi Termahal 08 Los Planes - Finansialku

Tak hanya kopi robusta, Kontrak Berjangka Kopi Arabika juga bisa menjadi sarana lindung nilai bagi pelaku specialty coffee yang kini sedang ramai di Indonesia

 

Kontrak Berjangka Kopi Arabika memiliki periode perdagangan satu tahun per kontrak yang diperdagangkan. Setelah kontrak selesai pembeli bisa memilih untuk melakukan serah terima fisik kopi arabika sesuai ketentuan yang berlaku pada gudang-gudang terdaftar yang berlokasi dekat sentra produksi kopi robusta.

Selain transaksi berjangka, kopi Arabika juga dilakukan transaksi pasar fisik secara online.

 

#6 Karet

Dikenal dari sifatnya yang elastis sehingga banyak digunakan pada berbagai industri di seluruh dunia, karet alam dibuat dari getah pohon karet dan membutuhkan suhu tropis yang konstan.

Indonesia memiliki luas lahan karet alam terbesar di dunia dan menjadi negara produsen dan pengekspor karet terbesar setelah Thailand.

Pelajari Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia yang Ada Dalam Investasi 4 Finansialku

Selain transaksi berjangka, karet juga dilakukan transaksi pasar fisik secara online.

 

Sayangnya saat ini transaksi komoditas karet di Indonesia banyak dilakukan pada bursa berjangka di luar negeri. Sebagai solusinya pemerintah sedang melakukan pembenahan terhadap perdagangan karet alam di Indonesia.

 

Pasar Fisik

Pada pasar fisik terjadi transaksi efektif di mana transaksi diselesaikan melalui penyerahan barang komoditi dari penjual kepada pembeli secara nyata. Di bawah ini adalah barang komoditi yang ditransaksikan pada pasar fisik:

 

#1 Batubara

Transaksi online yang terorganisasi disesuaikan dengan kebiasaan dalam perdagangan konvensional batubara.

Sama halnya dengan transaksi konvensional, pada transaksi ini juga terdapat lelang harga dan seluruh pembeli akan diinformasikan jadwal lelang tersebut.

Mekanisme ini dapat mengakomodasi komoditas dengan rentang variasi yang banyak.

 

#2 Teh

Teh merupakan minuman dunia yang diperkirakan berawal dari Tiongkok sejak ribuan tahun lalu, kemudian disebarkan oleh Portugis dan Belanda dengan mendirikan perkebunan-perkebunan teh di daerah tropis, salah satunya Indonesia.

Saat ini Indonesia berada pada peringkat ke tujuh dari sekitar 30 negara penghasil teh dunia.

Disintegrasi sistem agribisnis teh dalam negeri berpengaruh pada produktivitas dan kualitas sehingga akibatnya daya saing ikut menurun.

Pelajari Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia yang Ada Dalam Investasi 1 Finansialku

[Baca Juga: Urutan 5 Negara Terkaya Asean Tahun 2018 Berdasarkan Pendapatan Per Kapita]

 

Sebagai solusinya, JFX bekerja sama dengan beberapa Asosiasi Teh di Indonesia seperti Aspegtindo (Asosiasi Pedagangan Teh Indonesia), ATI (Asosiasi Teh Indonesia) dan DTI (Dewan Teh Indonesia) membentuk Pasar Fisik Teh terorganisasi secara online.

Salah satu tujuannya ingin memperluas jangkauan pembeli teh sehingga membuka peluang hingga ke mancanegara. Dengan demikian kualitas dan jumlah ekspor meningkat sehingga meningkatkan devisa negara.

 

Memilih Barang Komoditas

Ciri utama instrumen komoditas adalah pergerakannya yang lambat namun stabil. Jika Anda hendak melakukan transaksi jangka pendek, emas menyediakan kontrak paling singkat.

Apabila Anda lebih menyukai transaksi jangka panjang yang lebih santai, ada banyak pilihan barang komoditas perkebunan yang dapat dipilih.

 

Jadi, apa komoditas dan cara transaksi favoritmu? Pilihlah komoditas dan transaksi yang sesuai dengan kondisi dan profil risiko.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2017. Komoditas Indonesia. Indonesia-invesments.com – https://goo.gl/iSkjvp
  • Admin. 2018. Sekilas JFX. Jfx.co.id – https://goo.gl/j1AVfW

 

Sumber Gambar:

  • Teh – https://goo.gl/7eS8Jw
  • Olein – https://goo.gl/jU7iTC
  • Kakao – https://goo.gl/V2ZQTZ
  • Karet – https://goo.gl/ZuddSu
  • Komoditas – https://goo.gl/Y59Rsp