Mari bersama-sama mengetahui 5 negara terkaya Asean di tahun 2018 berdasarkan pendapatan per kapita!

Informasi ini dijamin akan membuka sudut pandangan dan wawasan Anda tentang negeri tercinta, Indonesia!

Yuk, baca informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini, selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Urutan 5 Negara Terkaya Asean Tahun 2018 Berdasarkan Pendapatan Per Kapita

Asean adalah sebuah kawasan di Asia Tenggara yang saat ini terdiri dari 11 negara, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam dan Timor Leste.

Wilayah Asia Tenggara mayoritas memiliki iklim tropis. Artinya, daerah ini memperoleh sinar matahari sepanjang tahun dan juga memperoleh curah hujan yang cukup.

Oleh sebab itu, tanah di wilayah Asia Tenggara cenderung subur yang mengakibatkan berbagai macam sumber daya alam dan rempah-rempah tumbuh subur.

Banyak komoditas rempah-rempah dari negara-negara di Asia Tenggara menjadi komoditas ekspor ke wilayah lainnya. Negara pengekspor rempah-rempah, salah satunya adalah Indonesia.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa negara di wilayah Asean yang termasuk ke dalam negara terkaya di wilayah Asia bahkan dunia? Anda pasti bisa menembaknya!

Apakah Indonesia? Jika tidak, bagaimana dengan Indonesia? Apakah Indonesia termasuk ke dalam negara terkaya di Asean, atau terkaya di Asia, atau bahkan terkaya di dunia?

Fakta ini sangat menarik untuk kita bahas bersama-sama!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Berikut ini urutan 5 negara terkaya Asean tahun 2018 (artinya, memiliki perekonomian yang baik) berdasarkan tolok ukur pendapatan per kapita.

Check it out!

 

#5 Indonesia

Ibu kota: Jakarta

Pendapatan per kapita: US$3.347 (Rp44,85 juta)

 

Negara Indonesia merupakan negara terkaya kelima di wilayah Asia Tenggara pada tahun 2018.

Apakah Anda bangga? Ada bangganya, ada tidaknya.

Sebaiknya Anda jangan berbangga dulu. Masih banyak sekali bagian-bagian yang perlu kita benahi dan bangun bersama-sama untuk mewujudkan negara Indonesia yang lebih makmur dan sejahtera.

Negara Indonesia yang beribu kota di Jakarta merupakan negara terluas sekaligus negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di wilayah Asean.

Games Tebak Gambar Tempat Wisata di Indonesia 02 Pulau Komodo Padar - Finansialku

[Baca Juga: 50 Negara Dengan Biaya Hidup Termurah! Bagaimana Dengan Indonesia?]

 

Banyak sumber daya alam dan komoditas unggulan yang dimiliki oleh Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam.

Hal ini didukung oleh iklim tropis dan banyaknya hutan hujan tropis yang membuat keanekaragaman hayati Indonesia sangat berlimpah.

Namun sayang, Indonesia masih jauh tertinggal dari negara tetangganya, seperti Singapura dan Brunei Darussalam.

Dengan demikian, pendapatan per kapita Indonesia hanya mencapai pada sekitar angka 3.000 dolar Amerika saja. Tren perkembangan ekonomi Indonesia cukup statis.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa saingan yang cukup ketat membuat Indonesia harus menghadapi tantangan ekonomi global ke depannya. Jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar akan membuat Indonesia menjadi potensi pasar strategis bagi para investor asing.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Thailand

Ibu kota: Bangkok

Pendapatan per kapita: US$5.816 (Rp83,17 juta)

 

Urutan negara terkaya keempat di wilayah Asean adalah Thailand yang beribu kota di Bangkok.

Selain mendapat julukan negeri Gajah Putih, Thailand juga mendapatkan julukan sebagai negara Lumbung Padi. Hal ini membuat Thailand merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di dunia. Beras Thailand merupakan beras yang sangat terkenal.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 06 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Daerah Perbatasan Terunik di Luar Negeri. Cek Perbatasan Nomor 12!]

 

Selain padi, pendapatan negara Thailand kebanyakan juga berasal dari hasil ekspor produk berteknologi. Misalnya, komponen elektronik, kendaraan bermotor dan perangkat listrik.

Ditambah dengan sektor pertambangan dan pariwisata membuat negara Thailand memiliki total pendapatan per kapita hampir 6.000 dolar Amerika.

Namun sayang, tren perkembangan ekonomi Thailand justru agak melambat dalam beberapa tahun terakhir.

 

#3 Malaysia

Ibu kota: Kuala Lumpur

Pendapatan per kapita: US$9.766 (Rp130,85 juta)

 

Pernahkah Anda melihat sebuah gedung kebanggaan warga negara Malaysia yang menjadi icon negara tersebut? Ya, benar sekali! Menara kembar Petronas ini merupakan bangunan kembar tertinggi di dunia.

Daya tarik itu menjadikan negara Malaysia memiliki pertumbuhan yang pesat dari sektor pariwisata. Tidak hanya pariwisata, perkembangan bisnis dan keuangan Islam atau perbankan syariah ini juga berkembangan sangat baik.

Sektor industri dan ekspor sumber daya alam, seperti barang-barang tambang di Malaysia juga menyokong pendapatan bagi negara.

Tempat Wisata di Malaysia 01 Menara Kembar Petronas - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Berkemas Menikmati Keindahan 12 Tempat Wisata yang Akan Hilang Dari Muka Bumi]

 

Perkembangan ekonomi Malaysia dalam beberapa tahun terakhir pun terus menunjukkan grafik peningkatan. Tak heran bahwa negara Malaysia merupakan negara terkaya ketiga di wilayah Asia Tenggara.

Negara yang masih satu rumpun dengan Brunei, Singapura dan Indonesia ini merupakan negara dengan pendapatan per kapita yaitu hampir mencapai US$10.000. Angka tersebut merupakan tolak ukur sebagai negara yang cukup makmur.

 

#2 Brunei Darussalam

Ibu kota: Bandar Seri Begawan

Pendapatan per kapita: US$36.609 (Rp490,56 juta)

 

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara terkaya di benua Asia. Di kawasan Asia Tenggara, negara ini merupakan negara terkaya kedua.

Negara Brunei Darussalam merupakan sebuah negara dengan wilayah kecil yang hanya menempati satu daratan atau satu pulau dengan Malaysia dan Kalimantan.

Negara Terkaya Asean 02 Brunei Darussalam - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Dorong UMKM Jualan Online, Berharap Tingkatkan Devisa Negara]

 

Meskipun begitu, Brunei Darussalam memiliki tambang gas yang melimpah sehingga sumber daya alam inilah yang menjadi komoditas unggulan yang diekspor ke negara lain.

Sektor tambang gas menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negara.

Total pendapatan per kapita Brunei Darussalam mencapai angka 36.000 dolar Amerika, terbukti dengan mapannya masyarakat atau warga negara tersebut.

 

#1 Singapura

Ibu kota: Singapura

Pendapatan per kapita: US$52.841 (Rp708,07 juta)

 

Anda pasti bisa menebaknya!

Negara dengan perekonomian termapan, terkaya dan terbaik pertama di Asia Tenggara adalah Singapura. Bukan hanya itu saja, ternyata Singapura adalah negara kedua terkaya di Asia dan termasuk ke dalam 10 besar negara terkaya di dunia.

Tidak selamanya negara besar merupakan negara yang makmur. Dengan luas wilayah negara yang tidak begitu besar, Singapura berhasil membuktikan kedudukannya sebagai negara maju di Asean.

Pendapatan per kapita yang mampu diraih oleh negara ini yaitu lebih dari US$50.000. Jumlah inilah yang menjadi indikator bahwa Singapura adalah negara terkaya di Asean tahun 2018.

menteri-sri-mulyani-wni-di-singapura-aman-ikut-program-tax-amnesty-finansialku

[Baca Juga: 10+ Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew yang Membawa Singapura Menjadi Negara Maju di Asia Tenggara]

 

Singapura dikenal memiliki pertumbuhan ekonomi yang bagus.

Sebagian besar perekonomian Singapura dipegang oleh sektor industri dan sektor pariwisata. Sebagian kecil lainnya adalah sektor perdagangan, pertanian dan pertambangan.

Selain itu, letak negara yang strategis menjadikan Singapura menjadi negara transit yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Pastinya, hal ini membuat Singapura juga menjadi negara yang ramah akan investor.

Fakta menarik lainnya yaitu negara Singapura sangat tertib peraturan dan sangat modern. Masyarakat lokal tidak biasa membuang sampah sembarangan dan tidak merokok di tempat sembarangan. Hal ini dapat terwujud karena adanya kerja sama yang baik antara warga dan pemerintahan Singapura.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Indonesia Masih di Peringkat ke-5

Negeri tercinta, Indonesia di tahun 2018 hanya bisa menempati peringkat ke-5 sebagai negara terkaya Asean. Perlu adanya peningkatan yang cukup besar untuk menjadikan negara Indonesia menyaingi negara tetangga dan menjadi peringkat yang lebih atas.

Meskipun demikian, hal yang lebih penting adalah kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia harus menjadi salah satu bagian yang terpenting.

Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara masyarakat Indonesia dengan pemerintah Indonesia dalam menciptakan negara Indonesia yang lebih baik!

 

Bagi Anda, apa yang bisa dibanggakan dari negara kita? Kontribusi apa yang bisa Anda lakukan untuk membangun Indonesia yang lebih baik?

Yuk, berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini!

Jangan lupa untuk memberi tahu saudara, keluarga atau rekan terdekat Anda tentang informasi ini supaya kita sama-sama membangun negeri Indonesia tercinta!

 

Sumber Referensi:

  • Anita S. 12 Juni 2018. Urutan 5 Negara Terkaya di Asia Tenggara (ASEAN) 2018 Terbaru. Artikelbaca.com – https://goo.gl/qojQJn
  • Alfan Subekti. 24 April 2018. Daftar Negara Terkaya Di Asia Tenggara. Alfansubekti.com – https://goo.gl/JF1wwE
  • Admin. 5 Negara Ekonomi Terbaik di Asia Tenggara (Disertai Pendapatan Perkapitanya). Ilmugeografi.com – https://goo.gl/gS3TwK

 

Sumber Gambar:

  • Negara Terkaya Asean – https://goo.gl/4G2xGb
  • Brunei Darussalam – https://goo.gl/fDgrcx