Gaya kepemimpinan Lee Kuan Yew membawa Singapura menjadi Negara maju di Asia Tenggara. Singapura merupakan sebuah negara kecil yang penduduknya hidup makmur. Apa rahasianya?

Mari intip 10 gaya kepemimpinan Lee Kuan Yew, Mantan Perdana Menteri Singapura yang membawa negara Singapura menjadi negara maju di Asia Tenggara. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenang Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew lahir di Singapura pada tanggal 16 September 1923 dan menjadi Perdana Menteri Singapura terlama sepanjang sejarah dunia.

Ia sempat mengalami berbagai sistem politik negara sebelum menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura pada tanggal 5 Juni 1959.

Pada tahun 1962, Lee Kuan Yew memimpin Singapura untuk merger dengan Malaysia, namun setelah 3 tahun, Singapura bermaksud untuk berdikari atau menjadi negara yang mandiri untuk alasan kebaikan bersama.

Lee Kuan Yew mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri pada tahun 1990 dan digantikan oleh Goh Chok Tong pada tanggal 28 November 1990.

Tanggal 20 Agustus 2004 yang lalu, Lee Hsien Loong, anak dari Lee Kuan Yew menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura, mengikuti jejak sang ayah untuk menjadi pemimpin atas Singapura.

10+ Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew yang Membawa Singapura Menjadi Negara Maju di Asia Tenggara 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Liliane Bettencourt, Pendiri L’Oreal]

 

Almarhum Lee Kuan Yew adalah seorang Perdana Menteri Singapura yang menjabat sebagai pemimpin tertinggi dan membawa kesuksesan serta kemajuan bagi Singapura sejak tahun 1959-1990.

Dengan waktu kurang lebih 3 dekade, ia mencatat sejarah sebagai Perdana Menteri terlama sepanjang sejarah kepemimpinan di Singapura.

Selama masa kepemimpinannya, Singapura menjadi negara satu-satunya yang memiliki kesejahteraan rakyat tertinggi se-Asia Tenggara. Dan tahukah Anda bahwa Singapura menempati predikat sebagai negara ke-4 terkaya di dunia?

Ini berkat sosok kepemimpinan dari Almarhum Lee Kuan Yew. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Lee Kuan Yew – Sang Pendekar Politik

Para koruptor ia berantas dalam membangun Singapura yang bersih dari korupsi sehingga dalam masa kepemimpinannya, ia berhasil mewujudkan kebijakan rumah murah serta program industrialisasi untuk menciptakan lapangan kerja.

Dalam bidang sosial, ia pun melancarkan kebijakan keluarga berencana dengan memberi hukuman kepada orangtua yang memiliki lebih dari 2 orang anak melalui sistem pajak.

Dalam melancarkan setiap strateginya untuk memajukan Singapura, Lee Kuan Yew menerapkan pengendalian politik yang ketat atas segala aspek kehidupan sehingga negara Singapura pada saat itu menjadi masyarakat yang paling diatur di dunia.

Kenapa Singapura Maju Kenali Sosok Lee Kuan Yew dan Kata-Kata Motivasi Beliau 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Dia sempat mengatakan bahwa kebebasan pers dan kebebasan media berita harus di bawah kebutuhan integritas Singapura. Ia pun menangkap para pengkritiknya yang tidak sejalan dengan visinya tanpa melalui pengadilan, termasuk menangkap sejumlah wartawan.

Berbagai langkah politik yang ia ambil dan membuahkan banyak hasil yang menguntungkan terutama untuk masyarakat Negara Singapura.

Dalam kurun waktu 20 tahun, antara tahun 1960 hingga 1980, pendapatan per kapita Singapura meningkat hingga 15 kali lipat. Tidak heran apabila Singapura diberi predikat sebagai negara terkaya ke-4 di dunia.

 

11 Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew

Ternyata, ini dia rahasia dari gaya kepemimpinan Lee Kuan Yew.

 

#1 Visi Yang Jelas

Dia merencanakan dan memimpin dengan keyakinan yang dalam.

Sejak Singapura berpisah dari Malaysia pada tahun 1965, sebuah acara yang disebut sebagai “saat kesedihannya”, dia telah melihat dirinya dalam perjuangan tanpa henti. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan sumber daya alam, lingkungan internasional yang berpotensi bermusuhan dan percampuran etnis yang mudah berubah antara orang Cina, Melayu dan India.

Ia mengatakan:

“Untuk mulai, kita tidak memiliki bahan-bahan dari suatu negara, faktor dasar: populasi homogen, bahasa umum, budaya bersama dan takdir bersama. Jadi, sejarah sudah terjadi lama sekali. Aku sudah menyelesaikannya sedikit.”

 

#2 Ketahanan Dan Keuletan

Ini membantunya bertahan selama beberapa hari terberat yang ia alami

Lee telah melewati masa terberatnya saat Malaysia memilih untuk memisahkan diri dari Singapura.

Dia meneteskan air mata di televisi publik yang menandai salah satu momen paling bersejarah dalam sejarah Singapura.

Namun, dia tidak pernah menyerah, memperkuat tekadnya dan terus percaya bahwa dia bisa mengembangkan Singapura sesuai dengan apa yang dia bayangkan.

 

#3 Pendekatan Inovatif

Ini mengubah Singapura menjadi negara dunia pertama.

Zainuddin memberikan penghormatan kepada setiap karakter Lee, dengan mengatakan bahwa dia tidak menyia-nyiakan waktunya untuk bermuram durja karena perpisahan tersebut.

Namun, hal ini malah menarik kekuatan darinya untuk menciptakan visinya tentang Singapura yang “lebih baik dan lebih kuat” daripada Malaysia.

Kenapa Singapura Maju Kenali Sosok Lee Kuan Yew dan Kata-Kata Motivasi Beliau 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Singapura Maju? Kenali Sosok Lee Kuan Yew dan Kata-Kata Motivasi Beliau]

 

Dia mengatakan bahwa Lee menyadari visi tersebut dengan memastikan bahwa Singapura mencapai status negara maju sebelum Malaysia melakukannya.

Zainuddin menghargai  kreativitas dan semangat inovatif Lee.

 

#4 Aturan “Besi Pertama” Yang Ketat

Ini membuatnya mendapatkan posisi sebagai pemimpin yang ditakuti, namun dihormati.

Dia dikritik karena peraturannya yang keras, memaksa beberapa politisi oposisi untuk bangkrut atau terasing, dan pernah meminta Machiavelli untuk menyatakan:

“Jika tidak ada yang takut kepada saya, artinya saya tidak berarti.”

 

Lee memimpin Singapura dari perairan kolonial di bawah kendali Inggris ke salah satu pusat keuangan paling berkembang di dunia, dan dia melakukannya dengan daya cengkeraman yang ketat.

Lee dikagumi karena pemerintah Singapura yang efisien, pertumbuhan ekonomi dan situasi jalanan Singapura yang aman.

Ia juga ditakuti karena saingan politik dapat ia penjarakan selama beberapa dekade tanpa diadili dan karena melakukan unjuk rasa atau demonstrasi.

 

#5 Sifatnya Yang Tidak Normal

Ini memainkan peran besar dalam membentuk Singapura menjadi salah satu negara paling tidak korupsi di dunia.

Dia menunjukkan kepada dunia sebuah Singapura yaitu bersih, cekap dan amanah (bersih, efisien dan dapat dipercaya) di bawah pemerintahan yang tangguh melawan korupsi dan skandal.

Dalam sebuah kebijakan untuk menghapus godaan untuk korupsi, Singapura menghubungkan gaji para menteri, hakim dan pegawai negeri kepada para profesional terkemuka di sektor swasta.

Hal inilah yang menjadikan mereka menjadi beberapa pejabat pemerintah dengan gaji tertinggi di dunia.

Kenapa Singapura Maju Kenali Sosok Lee Kuan Yew dan Kata-Kata Motivasi Beliau 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

#6 Kemampuannya Untuk Terus Berjuang

Terus berjuang demi tujuan mulia, bahkan melakukan hal-hal yang paling sulit untuk kebaikan.

Lee pernah mengatakan bahwa:

“Saya tidak mengatakan bahwa semua yang saya lakukan itu benar, tapi semua yang saya lakukan adalah untuk tujuan yang terhormat. Saya harus melakukan beberapa hal buruk, mengunci rekan-rekan tanpa diadili.”

 

#7 Sifatnya Yang Tidak Bias

Ini memberi sebuah tangan untuk memadukan harmoni rasial di negara multi ras.

Zainuddin, yang juga dikenal dengan nama Zam, menulis:

“Lee berhasil mengembangkan sebuah negara baru yang kuat yang melampaui perpecahan ras dan agama. Dia tidak hanya menekan komunalisme Melayu, tapi dia membunuh institusi ras Cina, termasuk sekolah dan sekolah Cina, dan dia menghapuskan masyarakat rahasia mereka.”

 

Jika Anda tinggal di Singapura, Anda perlu bermain “cantik” dengan semua ras yang ada. Karena ingin menghindari kerusuhan rasial pada tahun 1960an, dengan melihat empat ras Singapura berselisih dan kerukunan rasial digembar-gemborkan sebagai kebijakan pemerintah pusat.

 

#8 Kejujurannya

Dia dikenal dengan lidah yang tajam dan dia tak kenal takut saat berbicara tentang pikirannya.

Lee Kuan Yew memiliki pendapat kuat tentang hampir semua hal. Seperti yang pernah dia katakan:

“Saya telah dituduh melakukan banyak hal dalam hidup saya, tapi bahkan musuh terburuk saya pun pernah menuduh saya takut untuk mengungkapkan pendapat saya.”

 

Inilah salah satu kekuatan utamanya. Kejelasan pemikiran dan ungkapannya yang disiplin adalah salah satu sumber utama pengaruh Lee, yang tidak proporsional untuk memimpin sebuah negara kecil seperti Singapura.

Kenapa Singapura Maju Kenali Sosok Lee Kuan Yew dan Kata-Kata Motivasi Beliau 06 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

 

Pandangannya dinilai tidak dapat dipatahkan dan memberikan perspektif yang segar serta unik.

Dia ingin mengatakan hal-hal yang harus dipikirkan oleh para pemimpin di negara-negara yang jauh lebih besar dan lebih kuat.

Namun, karena satu dan lain hal, ia tidak dapat mengatakannya sehingga dia membuat contoh melalui Singapura yang relevan.

 

#9 Rasa Humor Dan Kecerdasan Yang Cepat

Singapura melarang penjualan permen karet pada tahun 1992, dengan mengutip permen karet bekas pakai – menempel di meja dan kursi – serta vandalisme.

Penumpang dilaporkan mulai mencelupkan permen karet pada sensor pintu kereta komuter dan mengganggu pelayanan publik.

Lee Kuan Yew mengatakan hal ini saat mengunyah permen karet:

“Jika Anda tidak bisa berpikir karena Anda tidak bisa mengunyah, cobalah pisang.”

 

#10 Kesetiaan Dan Pengabdiannya Kepada Istrinya

Sikap yang kontras dengan sikapnya yang ketat.

Kisah cinta antara Lee Kuan Yew dan istrinya Kwa Geok Choo adalah seorang yang cantik dan menyentuh.

Pernikahan mereka selama 63 tahun itu teguh.

Penyakit Ibu Kwa yang terlambat menjelang akhir hayatnya membawa sisi lembut Lee Kuan Yew yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Kenapa Singapura Maju Kenali Sosok Lee Kuan Yew dan Kata-Kata Motivasi Beliau 07 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Natali Ardianto, Pendiri Tiket.com]

 

#11 Pikirannya Yang Terbuka Dalam Menerima Perbedaan

Pada tahun 2011 dalam bukunya Hard Truths, Lee Kuan Yew mengatakan:

“Tidak, itu bukan gaya hidup. Anda bisa membaca buku yang Anda inginkan dan semua artikel. Perbedaan genetik bukanlah suatu masalah. Mereka terlahir seperti itu dan begitulah. Jadi, jika dua pria atau dua wanita dengan cara hidup mereka masing-masing, biarkan saja mereka sendiri hidup menurut jalan mereka.”

 

Warisan Lee Kuan Yew Bagi Para Penerus Singapura

Lee Kuan Yew berhasil mewariskan negara maju dan sejahtera kepada keluarga dan seluruh masyarakat Singapura melalui kepemimpinannya yang otoriter.

Pada tahun 1980, Singapura di bawah kepemimpinannya menjadi negara pusat finansial di kawasan Asia Tenggara.

 

Siapa yang tidak terinspirasi oleh kehidupan dan gaya kepemimpinan Lee Kuan Yew? Hasil dari jerih lelahnya membuahkan sebuah negara maju yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tentu Anda pun terinspirasi oleh gaya kepemimpinannya.

Jika Anda berkenan, Anda dapat membagikan artikel tersebut kepada rekan-rekan dan kenalan yang menurut Anda membutuhkan inspirasi dari Lee Kuan Yew.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Maret 2015. Lee Kuan Yew Biography. The Biography.com website – https://goo.gl/N6EuZi
  • Admin. Lee Kuan Yew Biography. Thefamouspepole.com – https://goo.gl/9MrqSP
  • The Editors of Encyclopedia Britannica. 2 Februari 2017. Lee Kuan Yew. Britannica.com – https://goo.gl/Wk4i5N
  • Admin. 4 Mei 2017. 25 Inspiring Lee Kuan Yew Quotes On From Third World To First. Geckoandfly.com – https://goo.gl/OVkKJ8
  • Mothership. 23 Maret 2017. 94 quotes from Lee Kuan Yew that show why you either miss him or have already forgotten about him. Mothership.sg – https://goo.gl/8NiXIn
  • BBC. 23 Maret 2015. Bapak kemajuan Singapura, Lee Kuan Yew. BBC.com – https://goo.gl/mIrl88
  • Hew Lee Yee. 23 Maret 2015. 11 Qualities In Lee Kuan Yew That Made Him A Great Leader. Says.com – https://goo.gl/ejyhhJ

 

Sumber Gambar:

  • Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew – https://goo.gl/iwvjYs
  • Lee Kuan Yew – https://goo.gl/SBbM3L

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang