Kenalkah Anda dengan situs penjualan tiket online Tiket.com? Natali Ardianto, sosok yang merupakan pendiri sekaligus CTO dari situs Tiket.com ini mengawali kesuksesannya dari mengembangkan teknik komunikasinya.

Bagaimanakah perjalanan Natali dari awal hingga sukses seperti sekarang? Mari kita lihat bagaimana kisah suksesnya hingga menjadi pendiri Tiket.com.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Langkah Menuju Kesuksesan Natali Ardianto

Natali Ardianto merupakan seorang mahasiswa jurusan teknik informasi yang awalnya enggan berkencan dengan mahasiswi karena anggapan bahwa berkencan hanyalah sebuah pemborosan waktu.

Dengan terus berpegang teguh pada pendiriannya, kini dengan mengembangkan soft skills dan teknis komunikasinya Natali menjadi seorang pebisnis sukses yang menjadi salah satu pendiri Startup Lokal, komunitas entrepreneur besar di Jakarta yang juga mendirikan salah satu situs jual beli tiket online terbesar di Indonesia yang berbasis di Jakarta, Tiket.com.

Melalui artikel ini, Finansialku akan mengungkap kisah sukses seorang Natali Ardianto dari awal hingga mencapai kesuksesannya.

Kisah Sukses Natali Ardianto, Pendiri Tiket.com 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Awal Karier Natali Ardianto

Pada tahun 2008, satu tahun setelah lulus dari Universitas Indonesia, Fakultas Teknologi Informasi, Natali bekerja sama dengan beberapa rekannya yakni software engineer Andri Burman, web developer Deche Pangestu, dan brand strategist Selina Limman mendirikan Urbanesia.com, salah satu direktori online lifestyle pertama di Jakarta.

Namun, Natali memilih untuk meninggalkan usaha tersebut pada tahun 2010 karena dia beranggapan bahwa tidak ada potensi Urbanesia untuk berkembang lebih luas. Terlepas dari Urbanesia, Natali kemudian mencoba bekerja sama dengan technopreneur Kevin Sanjoto dan Yanuar Lutfi untuk mendirikan Golfnesia pada bulan Juni 2010.

Golfnesia merupakan situs booking online lapangan golf pertama di Indonesia, namun lagi-lagi Natali merasa bahwa Indonesia bukan lokasi yang sesuai untuk sistem booking online lapangan golf karena keeksklusifannya dan akhirnya kembali meninggalkan Golfnesia.

Golfnesia akhirnya kini juga berada dalam kondisi under construction yang menunjukkan bahwa sepertinya situs ini akan segera berakhir.

Kisah Sukses Natali Ardianto, Pendiri Tiket.com 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Awal Mula Terbentuknya Tiket.com

Setelah meninggalkan dua situs yang telah dirintisnya, Natali Ardianto kemudian bergabung dengan beberapa rekannya yaitu Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Mikhael Gaery Undarsa dan memulai startup online berupa situs pemesanan online di bidang tiket pesawat, kereta api, perhotelan, hingga event yang diberi nama Tiket.com pada bulan Agustus 2011.

Tiket.com menjalin kerja sama bisnis dengan PT Kereta Api Indonesia dan berbagai maskapai penerbangan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pembelian tiket melalui internet.

Dengan anggapan bahwa kesuksesan situs online tersebut terletak pada sistem pemasarannya, maka Natali dan rekan menggencarkan program promosinya melalui berbagai platform pemasaran yang ramai pengunjung, seperti iklan billboard, Google AdWords, dan platform pemasaran besar lainnya.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Kunci kesuksesan lainnya yang dipegang teguh oleh Natali Ardianto adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan uang sebagai investasi. Ia menjelaskan bahwa perlu ada kontrol yang ketat dalam membatasi pengeluarannya dan sebaiknya jangan memulai investasi baru sebelum Anda memanfaatkan investasi awal Anda sebaik-baiknya.

Menurut Natali, salah besar jika Anda berinvestasi terus-menerus untuk mendapatkan ketertarikan pasar, yang benar adalah bagaimana membuat perusahaan Anda terus berjalan hingga 10 tahun ke depan tanpa membutuhkan investasi baru.

Kisah Sukses Natali Ardianto, Pendiri Tiket.com 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

Kesuksesan Tiket.com

Tiket.com terus berkembang dan akhirnya pada tahun 2013, dua tahun setelah didirikan, situs ini berhasil meraup omzet hingga 13 kali lipat omzet tahun sebelumnya.

Namun hal tersebut tidak cepat membuat Natali puas, ia mengatakan bahwa sistem penerima panggilan yang mereka gunakan belum beroperasi secara maksimal, sehingga masih ada sekitar 60% hingga 70% panggilan terabaikan.

Untuk mengatasinya, Natali langsung memilih solusi terbaik yaitu dengan mempekerjakan lebih banyak orang untuk mengatasi panggilan terabaikan tersebut. Dengan perekrutan yang terus dilakukan, jumlah pegawai Tiket.com telah mencapai lebih dari 150 karyawan pada tahun 2014.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Rencana Masa Depan Tiket.com

Melihat kesuksesannya dalam bidang reservasi tiket hotel, kereta, pesawat, dan sebagainya, Tiket.com masih berencana untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Dikatakan bahwa Tiket.com akan bekerja sama dengan negara-negara seperti Australian, Hong Kong, China, dan Malaysia untuk membuka cabang perusahaan.

Natali juga mengungkapkan bahwa rencana selanjutnya adalah menggarap sistem Initial Public Offering (IPO) untuk membuka jalan investasi terhadap saham kepemilikan Tiket.com dalam beberapa tahun ke depan.

Kisah Sukses Natali Ardianto, Pendiri Tiket.com 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah sukses Jason Lamuda Pendiri BerryBenka.com, Disdus.com dan Bilna.com]

 

Kegagalan Adalah Bagian dari Kesuksesan

Melihat kisah sukses Natali Ardianto membantu membukakan mata kita bahwa tidak ada jalan menuju kesuksesan semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan usaha dan kerja keras untuk dapat mencapai suatu titik dimana kesuksesan mulai muncul.

Hendaknya Anda juga belajar dari kisah ini, dimana Natali tidak menyerah saat usahanya tidak berbuah, namun dengan tekad dan upaya lebih, Natali mencari peluang baru dan menjalaninya dengan kerja sama yang solid hingga membuahkan hasil yang luar biasa besar.

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses entrepreneur lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Leighton Cosseboom. 15 Juli 2014. Kisah di Balik Kesuksesan Website Booking Online Tiket.com. Techinasia.com – https://goo.gl/AJefgL
  • Kisah Dibalik Kesuksesan Startup Tiket.com. Maxmanroe.com – https://goo.gl/eHzl0K

 

Sumber Gambar:

  • Natali Ardianto – https://goo.gl/3E5fgV dan https://goo.gl/5NtBQW
  • Pendiri Tiket.com – https://goo.gl/kTNSwv dan https://goo.gl/GJbQ14
  • Natali and Friends – https://goo.gl/6oOmVm

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang