Sebagai seorang investor emas, Anda tentu penasaran ‘kan, apa strategi investasi emas terbaik yang dapat memberikan Anda keuntungan berlimpah?

Yuk kita baca bersama strategi investasi emas yang paling ampuh untuk meningkatkan keuntungan Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Strategi Investasi Emas

Bagi para investor sejati, tentunya sudah tidak asing lagi dengan investasi emas.

Investasi satu ini banyak digemari oleh orang-orang karena investasi ini cenderung memberikan kepastian harga yang akan naik.

Bahkan, emas bisa dikatakan sebagai instrumen investasi favorit, apalagi setelah di tahun 2017 lalu kenaikan harga emas mencapai 25,75 persen.

Pertumbuhan tersebut tergolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain seperti saham, reksa dana, obligasi, dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Keuntungan Investasi Emas Dengan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Batangan adalah Sarana untuk Hedging dan Diversifikasi Portofolio Investasi]

 

Pertumbuhan sebesar itu berarti, Anda mendapatkan capital gain sebesar 25,75 persen jika Anda membeli emas pada awal tahun 2017 dan menjualnya di akhir tahun 2017.

Menariknya, harga emas diprediksi akan tetap mengalami kenaikan pada periode selanjutnya.

Hal itu merupakan hal yang menyenangkan bagi para investor emas. Namun, selain itu, dibutuhkan strategi-strategi investasi emas terbaik untuk mendapatkan banyak keuntungan!

Namun, sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, silakan download ebook panduan investasi emas dari Finansialku.

Ebook ini akan memberikan informasi lengkap bagi para pemula supaya bisa berinvestasi emas dengan cerdas.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

3 Strategi Investasi Emas Terbaik

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan berbagi strategi investasi emas terbaik yang dapat Anda praktikan dengan mudah!

 

#1 Menentukan Tujuan Keuangan

Menentukan tujuan keuangan Anda adalah langkah utama sebelum berinvestasi.

Sebelum berinvestasi emas, Anda seharusnya menentukan tujuan keuangan Anda secara detail, dan yang pastinya harus SMART (Specific, Measureable, Attainable, Relevant, Timely).

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara menentukan tujuan keuangan yang SMART, Anda bisa membaca artikel di Finansialku tentang Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART!)

Tujuan keuangan sangat penting untuk mengukur target dana yang ingin Anda kumpulkan, serta meminimalisasi risiko dalam berinvestasi.

Bagaimana Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Saya dan Merencanakan Keuangan, Jika Gaji Pas UMR 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Emas Antam Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!]

 

Contohnya, jika Anda ingin memiliki tujuan keuangan untuk biaya pendidikan anak. Anda dapat menentukan terlebih dahulu target dana yang ingin Anda capai untuk biaya pendidikan anak Anda.

Setelah itu, tentukan kapan dana itu akan digunakan. Lalu, bagaimana cara berivestasi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Misalnya, Anda menentukan target dana pendidikan untuk anak Anda masuk ke sekolah dasar. Anda menentukan target dana sebesar Rp111,09 juta untuk biaya pendidikan secara keseluruhan termasuk uang pangkal sebesar Rp17,7 juta dan uang bulanan sebesar Rp63,77 juta selama 6 tahun. Target waktu penggunaan dana adalah 6 tahun lagi.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Lalu, Anda bisa mengonversikan kebutuhan Anda dalam rupiah ke emas (gram). Jika kita asumsikan harga emas adalah Rp591.000 per gram, sehingga untuk mengumpulkan dana untuk uang pangkal biaya pendidikan anak masuk sekolah dasar dibutuhkan emas sekitar 29,97 gram.

Dari hal tersebut, Anda bisa memulai menabung emas sebesar 0,42 gram per bulan atau 4,9 gram per tahun.

Sedangkan untuk kebutuhan dana bulanan biaya pendidikan sekolah dasar dibutuhkan emas sekitar 107,91 gram, sehingga Anda harus menabung emas sekitar 1,49 gram per bulan atau 17,9 gram per tahun selama 6 tahun.

Jika target dana tujuan keuangan Anda sudah tercapai, Anda bisa mengonversikan tabungan emas Anda menjadi rupiah kembali.

 

#2 Memilih Pilihan Cara Investasi Emas

Di zaman sekarang ini, sudah terdapat berbagai cara untuk berinvestasi emas. Ada cara investasi emas yang konvensional, ada juga cara yang modern. Setiap cara memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Cara yang pertama adalah dengan cara konvensional, yaitu membeli emas batangan secara tunai.

Cara ini mengharuskan Anda untuk memiliki dana yang cukup besar, agar Anda bisa membeli emas dengan ukuran yang ekonomis. Sehingga, Anda tidak membayar ongkos cetak yang terlalu besar 

Untuk mendapatkan dana yang memadai, Anda bisa mulai menabung uang secara konvensional. Dalam menabung diperlukan konsistensi, agar dana dapat cepat terkumpul.

Setelah dananya cukup, Anda bisa membeli emas batangan tersebut secara tunai. Keuntungan membeli emas dengan cara ini adalah Anda bisa langsung memegang emas batangan tersebut, menyimpannya, dan langsung memanfaatkannya jika perlu.

Investasi-Emas-Batangan-2-Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Cara Memulai Investasi Emas Agar Tidak Salah!]

 

Cara yang kedua adalah membeli emas melalui tabungan emas. Seperti yang disediakan oleh PT Aneka Tambang Tbk melalui produknya yang bernama BrankasLM, dan juga PT Pegadaian (Persero) melalui produk yang bernama Tabungan Emas Pegadaian. 

Melalui produk tersebut, Anda dapat membeli emas dengan cara menabung. Menabung di sini berarti Anda bisa membeli emas sedikit demi sedikit.

Anda bisa membeli emas dengan modal yang sangat minim. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membeli emas.

Keuntungan jika Anda membeli emas dengan cara ini, Anda tidak perlu menunggu hingga dana Anda memadai untuk membeli emas batangan dengan ukuran ekonomis.

Hanya dengan modal yang sangat minim, Anda bisa langsung menabungkan dana tersebut yang selanjutnya langsung dikonversi menjadi emas. Selain itu, Anda juga bisa membeli emas dengan harga yang lebih murah.

Mengapa? Karena ongkos cetak belum dibebankan kepada Anda. Ongkos cetak baru akan dibebankan hanya ketika Anda ingin mencetak emas yang telah Anda kumpulkan di tabungan tersebut.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara yang ketiga adalah dengan cicilan emas. Bank-bank syariah biasanya menawarkan cicilan emas ini. Cicilan emas ini berarti Anda harus membayar cicilan untuk bisa membeli emas dengan ukuran tertentu.

Keunggulan investasi emas melalui cicilan adalah, Anda dipaksa untuk menabung emas agar bisa membeli emas. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih konsisten dan disiplin dalam menabung untuk membeli emas.

 

#3 Menghitung Biaya Investasi Emas

Dari berbagai macam cara membeli emas untuk investasi, setiap cara memiliki biaya yang berbeda-beda. Cara pembelian yang paling murah adalah dengan cara yang pertama, yaitu membeli uang secara tunai.

Hal itu karena Anda tidak perlu membayar biaya-biaya lainnya selain menyiapkan dana untuk membeli emasnya saja.

Jika diperlukan, Anda bisa membeli safe deposit box saja untuk menyimpan emas yang sudah Anda beli, agar lebih aman.

Strategi Investasi Emas Terbaik - 03 Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Sedangkan cara yang kedua yaitu membeli emas dengan menabung emas, biasanya ada beberapa biaya yang perlu Anda pertimbangkan, seperti biaya tahunan yang perlu Anda bayarkan selama memiliki rekening tabungan emas.

Untuk produk tabungan emas yang di Pegadaian besar biaya tahunannya adalah sekitar Rp30.000 per tahun. Selain itu, juga terdapat biaya cetak yang dikenakan sesuai dengan ukuran emas yang mau dicetak.

Tabungan emas di BrankasLM juga mengenakan biaya-biaya lainnya. Biaya tahunan tabungan emas di BrankasLM mencapai Rp300.000 per tahun, serta juga terdapat biaya cetak emas.

Seperti biaya cetak di tabungan emas pegadaian, biaya cetak di BrankasLM juga dikenakan sesuai dengan ukuran emas yang mau dicetak.

Untuk cara yang ketiga, yaitu membeli emas dengan cicilan mengenakan biaya yang paling banyak di antara pilihan cara investasi emas lainnya.

Mengapa demikian? Karena terdapat banyak biaya-biaya lainnya seperti biaya bunga cicilan, biaya jika terlambat bayar cicilan, dan lain-lain. 

 

Sukses Investasi Emas

Setelah Anda mengetahui strategi investasi emas terbaik, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari investasi emas.

Namun, perlu Anda ingat bahwa sebelum Anda berinvestasi emas, Anda harus mengetahui tujuan keuangan Anda terlebih dahulu.

Selain itu, ada berbagai macam cara membeli emas untuk investasi. Setiap pilihan cara investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Oleh karena itu, Anda dapat menentukan pilihan cara investasi emas yang paling sesuai dengan Anda.

 

Apakah Anda memiliki strategi investasi emas lainnya? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom yang telah disediakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Terimakasih!

 

Sumber Referensi:

  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 8 Januari 2018. Mau Untung Besar dari Investasi Emas? Simak Strategi Terbaik Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/gTsmjM
  • Redaksi Kompas. 11 Januari 2018. Emas Investasi Terbaik? Simak 3 Strategi Terbaik Berinvestasi Emas. Kompas.com – https://goo.gl/yiqNuA
  • Ruisa Khoiriyah. 18 Januari 2018. Harga Emas Naik Tinggi Tahun Lalu, Inilah Cara Investasi Emas Agar Bisa Untung. Kompas.com – https://goo.gl/QYkNX5

 

Sumber Gambar:

  • Emas – https://goo.gl/npTt7S
  • Strategi Investasi Emas – https://goo.gl/XUMTNN
  • Safe deposit box – https://goo.gl/ip7Unv