Yuk, cari tahu instrumen investasi untuk dana pendidikan anak apa yang cocok untuk Anda. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Agar tidak ada penyesalan, simak alternatif investasi yang cocok untuk dana pendidikan buah hati Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Memilih Instrumen Investasi untuk Dana Pendidikan

Tahukah Anda? Memilih instrumen investasi merupakan salah satu langkah penting dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Langkah ini menentukan apakah tujuan atau target dana pendidikan Anda bisa tercapai atau tidak.

Sebenarnya banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, namun mana sih yang sesuai untuk kebutuhan dana pendidikan?

Nah, Finansialku sudah menyiapkan beberapa alternatif investasi yang cocok untuk dana Pendidikan. Yuk, simak ulasannya.

 

#1 Tabungan Pendidikan

Investasi untuk dana pendidikan anak yang pertama yakni tabungan pendidikan anak. Tabungan pendidikan, atau dengan sebutan lain tabungan rencana, termasuk dalam tabungan berjangka yang merupakan produk keuangan.

Produk ini dikeluarkan oleh bank. Tentunya benefit yang diberikan umumnya berbeda dengan tabungan biasa, sehingga pastikan kelebihan yang ditawarkan jauh lebih banyak, sebelum Anda memilih jenis rekening ini.

Karena produk ini dikeluarkan oleh bank, maka tabungan pendidikan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Artinya jika sewaktu-waktu terjadi kasus bank tempat Anda menabung mengalami kebangkrutan, nilai tabungan Anda akan tetap aman.

Investasi Apa Yang Cocok Untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Umumnya, tabungan pendidikan adalah produk tabungan berjangka dengan jangka waktu 2 tahun ke atas. Prinsipnya adalah Anda harus menyetorkan sejumlah dana setiap bulan secara rutin hingga waktu jatuh temponya.

Anda akan memperoleh keuntungan berupa bunga, di mana bunga yang diberikan biasanya berkisar antara 3% hingga 6%.

Meskipun namanya produk tabungan, umumnya ada manfaat asuransi di dalamnya, yaitu asuransi jiwa tanpa asuransi kesehatan.

Dalam hal ini, apabila tertanggung meninggal dunia, ahli waris mendapatkan dana sebesar nominal yang sudah tercantum dalam kontrak, serta melindungi agar resiko kematian yang mengakibatkan berhentinya setoran rutin tabungan dapat diantisipasi.

 

#2 Deposito

Jika Anda juga tipe orang yang senang main aman, biasanya Anda lebih memilih instrumen investasi yang aman seperti logam mulia atau deposito.

Dalam mempersiapkan dana pendidikan, tingkat risiko rendah memang lebih dipertimbangkan karena Anda tentu tidak ingin nilai investasi Anda malah berkurang, bukan?

Jenis investasi aman yang banyak dipilih masyarakat yakni deposito. Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Deposito biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan uang dingin, karena tidak dapat dicairkan kapan saja.

Periode penyimpanan bervariasi bergantung pada bank, namun umumnya berkisar antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Investasi Apa Yang Cocok Untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Suku bunga yang ditawarkan berkisar pada angka 4% hingga 8%, namun jangan lupa, suku bunga tersebut belum dipotong pajak.

Pajak bunga deposito di Indonesia adalah 20%. Jika ditulis bunga 10% per tahun, maka setelah dipotong pajak Anda akan menerima bunga: 10% x (100% – 20%) = 8%.

 

#3 Reksadana

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang merupakan pola pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa perlu pusing akan instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Reksadana disebut-sebut sebagai salah satu alternatif investasi dana pendidikan anak karena cukup aman.

Seperti Anda ketahui, adanya diversifikasi dalam investasi reksadana memungkinkan penempatan dana atau aset investasi ke dalam beberapa instrumen yang berbeda dengan pertimbangan potensi keuntungan (return), risiko, serta likuiditasnya.

Jadi, saat satu bagian merugi masih ada bagian lain yang akan menutupinya. Selain itu, imbal hasilnya juga tergolong besar, bahkan lebih tinggi dari deposito.

Ditambah lagi, salah satu kelebihan reksadana yakni likuiditas tinggi, jadi investasi dapat dicairkan/dijual kapan saja dengan menggunakan harga NAB yang berlaku saat penjualan.

Investasi Apa Yang Cocok Untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Mengajukan Hutang Untuk 4 Pengeluaran Ini? Celaka Kalau Anda Pakai Hutang untuk Alasan Nomor 3]

 

#4 Emas

Tipe instrumen aman selain deposito adalah emas. Emas atau logam mulia merupakan salah satu bentuk investasi yang likuid dan tidak mudah tergerus inflasi, sehingga menjadi salah satu alternatif investasi yang sangat digemari.

Memang betul ada kemungkinan penurunan harga emas, namanya investasi selalu ada risiko dan ada fluktuasi harga.

Namun dalam jangka panjang emas dinilai lebih aman karena layaknya properti, emas juga semakin langka. Kelangkaan ini akan menyebabkan harga emas akan terus naik.

Emas juga kini dapat dibeli dengan modal yang rendah, sehingga cocok bagi Anda yang masih memiliki banyak waktu dan baru memulai investasi dana pendidikan.

Investasi Apa Yang Cocok Untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak 04 - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

#5 Asuransi Pendidikan

Di sisi lain investasi, ada asuransi pendidikan. Banyak yang sering membandingkannya dengan instrumen investasi dana pendidikan, namun perlu Anda ketahui bahwa disini titik beratnya lebih ke proteksi.

Seperti Anda ketahui, produk ini merupakan bagian dari asuransi unit link. Asuransi unit link merupakan asuransi dengan dua kantong, kantong untuk proteksi dan kantong investasi.

Uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada reksadana dalam bentuk unit link.

Sederhananya, asuransi pendidikan merupakan kombinasi antara investasi dan asuransi jiwa berjangka. Kabarnya, bunga yang diberikan jauh lebih besar dari pada tabungan pendidikan yaitu berkisar 15% hingga 23% per tahunnya.

Namun perlu diingat bahwa tingkat keuntungan yang Anda dapatkan tidaklah tetap (Hal tersebut dipengaruhi oleh kinerja investasi dan risiko investasi).

Saat Anda memilih asuransi pendidikan, Anda perlu ingat bahwa ini lebih mengarah ke proteksi, jadi pertimbangkan apakah premi akan sepadan dengan hasil yang diperoleh.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

Mana yang Anda Pilih?

Artikel tadi menunjukkan beberapa alternatif investasi yang cocok dimanfaatkan untuk persiapan dana pendidikan anak. Manakah yang sesuai dengan profil investasi dan tujuan Anda?

 

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai investasi yang cocok untuk dana pendidikan anak lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hasto Prianggoro, Astrid Isnawati. 01 Februari 2012. 5 Pertanyaan tentang Dana Pendidikan. lifestyle.kompas.com – https://bit.ly/2XInDCt
  • Edu Bisnis. Cara Terbaik dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak. Edubisnis.net – https://bit.ly/2Ups5E1
  • Abdi Ardiansyah. 17 March, 2017. Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Investasi Reksadana. Finansialmu.com – https://bit.ly/3cM4Rye
  • Adhika Dirgantara. 19 September 2011. 3 Cara Mereguk Keuntungan Dari Investasi Emas Batangan. Odnv.co.id – https://bit.ly/2XPl0Pn

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://bit.ly/2XK063M
  • Investasi 2 – https://bit.ly/3f2W2l8
  • Investasi 3 – https://bit.ly/2UrQDMz
  • Investasi 4 – https://bit.ly/3cFpiwM