Diet Badan dan Diet Keuangan

Diet badan dan diet keuangan adalah dua hal yang berbeda tetapi memiliki kemiripan. Apa kemiripannya? Kata diet menurut penulis adalah sebuah proses menuju suatu kondisi yang umumnya lebih baik. Finansialku akan membahas mengenai diet badan dan diet keuangan.

start_diet_today Diet Badan dan Diet Keuangan

 

Proses Diet Badan

Seperti yang dijelaskan pada di atas diet umumnya adalah sebuah proses menahan sesuatu untuk mendapatkan suatu hasil. Belakangan ini ada sebuah metode diet terbaru dari seorang Master bernama Deddy Corbuzier. Penulis tidak akan menyoroti apakah diet OCD ini termasuk diet sehat atau tidak. Proses diet badan yang disampaikan oleh Master Deddy Corbuzier adalah sebuah proses untuk mengatur pola makan sehingga Kita dapat menurunkan berat badan.

Mengenal-Diet-OCD-ala-Deddy-Corbuzier Diet Badan dan Diet Keuangan

[Baca juga : Bagaimana Cara Investasi ala Ibu Rumah Tangga ?]

 

Selain OCD ada beberapa cara atau proses menuju berat badan yang ideal, contohnya progam diet instan dengan obat (biasanya kurang direkomendasikan oleh tenaga ahli kesehatan) dan diet dengan normal. Salah satu bentuk diet normal yang dilakukan di beberapa pusat kebugaran adalah melakukan pengecekan badan kita, seperti body mass index, %fat, fat mass, muscle mass, TBW, TBW % dan index lainnya. Kemudian dari pengecekan tersebut akan keluar hasil apakah badan Kita sudah sehat atau belum? Jika belum, bagian mana yang harus dilatih agar lebih sehat. Hasil diet sehat yang maksimal biasanya didapat dengan sebuah proses yang berkelanjutan dan komprehensif, dari pola makan, istirahat dan latihan.

Selanjutnya bagaimana denagn diet keuangan? Diet keuangan adalah istilah yang fungsinya adalah proses untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan Kita. Ikuti cerita tentang diet keuangan berikut.

 

Motivasi Diet Keuangan

Apabila diet badan tentunya Kita semua tahu, kira-kira motivasi seseorang mau melakukan diet badan. Ya setuju, kebanyakan orang melakukan diet badan untuk mendapatkan berat badan ideal dan jika bisa bentuk tubuh yang ideal. Selanjutnya hal apa yang memotivasi diet keuangan?

financial-fitness-routine-need Diet Badan dan Diet Keuangan

[Baca juga : Sukuk Tabungan ST-001, Investasi Syariah untuk Jangka Menengah]

 

Diet keuangan ditujukan untuk mencapai suatu kondisi keuangan atau mencapai tujuan-tujuan keuangan. Kira-kira apakah Anda memiliki tujuan keuangan yang ingin dicapai? Berikut ini ada beberapa tujuan keuangan yang umumnya ingin dicapai oleh mayoritas orang-orang, seperti dana darurat, manajemen risiko pribadi, dana pendidikan anak, dana pensiun, rencana waris, dan lainnya. Motivasi awal saat melakukan diet keuangan adalah tahapan yang sangat kritis, jika motivasi Anda tidak kuat, biasanya Anda akan menyerah ditengah perjalanan. Perjalanan menuju suatu kondisi yang lebih baik biasanya melalui suatu kondisi yang cukup berat. Motivasi yang kuat adalah jawaban dan cara untuk melewai kesulitan-kesulitan tersebut.

apakah-benar-pakai-kartu-kredit-untuk-modal-usaha-atau-bisnis-1-finansialku

[Baca juga : Pertama:Tentukan Rencana Keuangan!]

 

 

Jika di diet badan ada beberapa index seperti body mass index, fat index dan lainnya, bagaimana dengan diet keuangan? Apakah ada index atau rasio-rasio yang menunjukan kesehatan keuangan? Tentu saja ada beberapa index yang dapat mengukur kesehatan keuangan Kita. Contoh rasio likuiditas, rasio utang terhadap asset dan rasio-rasio lainnya. Selengkapnya mengenai rasio-rasio keuangan pribadi

cash_scope_sm cek kesehatan keuangan

[Baca juga : Cek Kesehatan Keuangan Anda dan Keluarga]

 

 

Cara Melakukan Diet Keuangan

Bagaimana cara melakukan diet keuangan? Satu hal yang harus diingat diet keuangan tidak berarti tidak belanja, tidak mengeluarkan uang, pelit dan sebagainya. Ada beberapa cara melakukan diet keuangan, Penulis lebih setuju melakukan diet keuangan dengan prinsip yang seimbang. Berikut ini mengenai cara melakukan diet keuangan.

 

Kurangi pengeluaran  – pengeluaran yang bersifat konsumtif

Hal ini jika diibaratkan dengan diet badan adalah mengurangi makanan-makanan yang berlemak buruk. Mengurangi pengeluaran-pengeluaran konsumtif bertujuan untuk mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan atau pos-pos lainnya.

 

Mulai melunasi utang-utang konsumtif seperti utang kartu kredit

Hal ini jika diibaratkan dengan diet badan adalah mulai mengurangi lemak-lemak dibagian perut. Penuh tantangan, butuh waktu dan sulit dilakukan tetapi harus dilakukan demi badan yang sehat dan proposional. Begitu juga dengan diet keuangan, utang-utang konsumtif diusahakan untuk dilunasi.

coworking-space-solusi-tempat-kerja-untuk-pebisnis-pemula-finansialku

[Baca juga : Cara Melunasi Hutang Keluarga]

 

 

Tambah pengeluaran untuk tabungan dan investasi

Hal ini jika diibaratkan dengan diet badan adalah mulai makan makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan susu. Nah dalam diet keuangan, Kita harus mulai memindahkan pengeluaran konsumtif untuk digunakan sebagai tabungan dan investasi. Jika Kita mulai meningkatkan tabungan dan investasi, index saving ratio (rasio tabungan) Kita akan meningkat.

 

Tingkatkan Edukasi, Pengalaman dan Kemampuan Mengelola Keuangan

Hal ini jika diibaratkan dengan diet badan adalah melakukan olahraga secara tepat dan teratur. Dalam diet keuangan hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan edukasi atau pendidikan dalam suatu inevstasi, meningkatkan pengalaman dalam investasi dan belajar cara mengelola keuangan yang baik dan benar. Dalam diet badan, jika mengalami kesulitan Kita dapat berkonsultasi dengan personal trainer (PT), bagaimana dengan diet keuangan? Dalam diet keuangan Kita dapat berkonsultasi dengan seorang perencana keuangan independent atau orang-orang yang dianggap berpengalaman dalam bidangnya.

cara-perencanaan-karir-yang-benar-untuk-fresh-graduate-finansialku

[Baca juga : Belajar Keuangan Pribadi, Gimana Caranya?]

 

 

Jangan lupa beramal

Hal ini jika diibaratkan dengan diet badan adalah istirahat teratur. Bayangkan jika progam diet badan Anda tidak didukung istirahat yang cukup dan teratur? Latihan yang teratur, konsumsi makanan dan gizi yang cukup harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Dalam diet keuangan istirahat teratur dapat dilakukan dengan beramal. Kegiatan beramal dapat dijadikan sebagai penyeimbang dalam diet keuangan.

bagaimana-cara-investasi-yang-tepat-untuk-keluarga-baru-finansialku

[Baca juga : Beramal dalam Mengatur Keuangan Keluarga dan Pribadi]

 

 

Kesimpulan

Diet badan dan diet keuangan adalah dua hal yang berbeda tetapi memiliki beberapa persamaan. Kesuksesan dalam sebuah diet adalah memiliki motivasi yang kuat dan memiliki cara yang benar. Proses diet keuangan:

  1. Kurangi pengeluaran  – pengeluaran yang bersifat konsumtif.
  2. Mulai melunasi utang-utang konsumtif seperti utang kartu kredit.
  3. Tambah pengeluaran untuk tabungan dan investasi.
  4. Tingkatkan Edukasi, Pengalaman dan Kemampuan Mengelola Keuangan
  5. Jangan lupa beramal.

 

 

Kami akan sangat senang sekali, jika Anda mau berbagi atau sharing pengalaman Anda mengenai diet badan atau diet keuangan. Semoga kami semua dapat belajar dari pengalaman Anda. Terima kasih.

 

Artikel-artikel Finansialku terkait dengan topik keuangan keluarga:

finansialkuPengalaman Mengelola Keuangan PribadiBaca
finansialku5 Alasan Kita Harus Belajar Keuangan PribadiBaca
finansialkuMimpi Menjadi FilantropiBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuMembuat Rencana Bisnis atau Business PlanBaca
finansialku

Situs Crowdfunding Awal Kisah Sukses Pebble

Baca
finansialku6 Pertimbangan sebelum Mengambil PinjamanBaca
By |2016-12-15T16:29:03+00:00November 24th, 2013|Categories: Keuangan Keluarga|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment