Cara cek tagihan BPJS Kesehatan ternyata gak ribet lho. Simak cara mudah melakukan pengecekan iuran BPJS Kesehatan dari ponsel pintar Anda!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Layanan kemasyarakatan khususnya untuk kesehatan semakin ditingkatkan oleh pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Seluruh lapisan masyarakat diwajibkan untuk menjadi anggota dengan pilihan keanggotaan yang berbeda tergantung dari jenis layanan yang digunakan.

Dengan iuran bulanan yang diiurkan setiap bulannya, masyarakat pada umumnya dapat menggunakan fasilitas jaminan sosial kesehatan yang disediakan pemerintah.

Namun seringkali masyarakat hingga kini masih bingung bagaimana caranya untuk melakukan pengecekan terhadap tagihan pembayaran setiap bulannya.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Praktis dan Mudah 02

[Baca Juga: Mau Untung Besar di Bisnis Waralaba Kesehatan & Kecantikan? Baca Dulu Informasinya]

 

Dengan kemajuan teknologi informasi, kini semakin mudah mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan dari ponsel Anda.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk melakukan pengecekan terhadap tagihan pembayaran BPJS Kesehatan.

 

#1 Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan via Website BPJS

Buka website resmi BPJS Kesehatan namun pastikan bahwa jaringan internet Anda berjalan dengan lancar. Setelah Anda masuk dalam laman resminya, ikuti panduan di bawah ini untuk melakukan pengecekan tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda.

  • Klik menu ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’ pada halaman utama yang terletak pada sebelah kiri dan Anda akan masuk pada halaman yang baru.
  • Kemudian, isikan ‘Nomor Kartu’ dan ‘Tanggal Lahir’ Anda selaku pemegang Kartu PBJS Kesehatan pada 2 kolom kosong yang tersedia pada halaman tersebut.
  • Masukkan juga ‘Angka Validasi’ yang tertera di sana dan klik cek.
  • Rincian pembayaran Anda akan tertera pada layar. (Rincian pembayaran tersebut termasuk tagihan yang telah Anda lunasi dan juga tagihan yang belum dibayarkan).

 

#2 Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan via SMS

Jangan khawatir buat Anda yang tidak sedang menggunakan jaringan internet karena Anda dapat mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda via SMS dengan nomor seluler: 08777 5500 400.

Gunakan data diri Anda diantaranya Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki.

Kirimkan SMS ke nomor resmi BPJS Kesehatan di atas dengan format sebagai berikut:

  • Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • Contoh: Tagihan 0000123456789
  • Kirim ke 087775500400.

 

Setelah SMS terkirim, Anda akan mendapatkan informasi mengenai jumlah tagihan bulanan yang harus Anda bayarkan termasuk denda yang harus dibayarkan jika Anda menunggak pembayaran.

 

#3 Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan via Aplikasi JKN

Gunakan smartphone Anda dengan melakukan pengecekan melalui Aplikasi Mobile JKN. Anda hanya tinggal mengunduh Aplikasi Mobile JKN via Google Play Store atau App Store. Lakukan registrasi untuk membuat akun.

Setelah Anda memiliki akun, Anda bisa masuk dan pilih menu Tagihan – Premi. Selanjutnya, pada layar akan ditampilkan informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan Anda.

 

#4 Berbagai Layanan Untuk Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan

Selain 3 cara di atas untuk melakukan cek tagihan iuran BPJS Kesehatan (website resmi, layanan SMS & Aplikasi JKN), Anda juga bisa mendapatkan informasi tagihan BPJS Kesehatan melalui Care Center di nomor 1500 400, layanan jemput bola BPJS Kesehatan Mobile Customer Service (MCS), dan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sudah ada di DKI Jakarta, Bekasi, Batam, Surabaya, Banyuwangi dan Denpasar.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan kini tak perlu repot lagi. Ikuti panduan di atas dan lunasi tagihan Anda sekarang juga!

Jangan lupa untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda supaya arus kas terpantau dan kebebasan finansial Anda bisa terwujud.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Masih kesulitan cara cek tagihan BPJS Kesehatan Anda? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Gambar:

  • Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan 01 – http://bit.ly/2QZlLC7
  • Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan 02 – http://bit.ly/2rG2UBp