Ikuti cara cepat melunasi utang agar terbebas dari beban utang melalui ulasan rubrik berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Melunasi Utang Dengan Cepat

 

Gaya hidup konsumtif kini melanda para milenial. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas bayar kemudian seperti pay later yang membuat para milenial terlena untuk membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang dibeli berdasarkan keinginan semata.

Alhasil, utang pun menumpuk dan akhirnya peribahasa “besar pasak dari pada tiang” pun bisa jadi senjata akan tuan bagi milenial yang memiliki sifat yang konsumtif.

Buat kamu para milenial yang utangnya menumpuk dan pusing bagaimana melunasinya, ikuti cara jitu berikut ini untuk melunasi utang-utangmu segera dan mewujudkan tujuan keuangan masa depanmu.

 

#1 Catat Seluruh Utang

Langkah pertama untuk melunasi utang tentunya dengan mencatat seluruh daftar utang Anda dengan terperinci, termasuk dengan bunga yang menyertainya.

Simak 5 Cara Ampuh Menghadapi Pasangan Gemar Berutang 01

[Baca Juga: “Mending Bayar Tagihan Kartu Kredit Daripada Utang Lain”, Bijak?]

 

Berikan prioritas utama pada utang dengan suku bunga yang lebih tinggi. Setelah itu, maka Anda dapat mengatur berapa besarnya uang yang perlu Anda alokasikan untuk membayar utang tersebut.

 

#2 Kelola Gaji Bulanan Dengan Ketat

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui besarnya total utang yang harus Anda bayarkan. Anda bisa mulai membagi gaji per bulan Anda pada pos anggaran bulanan.

Sudah tahu caranya membuat anggaran yang sehat?

Gunakan saja Aplikasi Finansialku dan manfaatkan fitur membuat anggaran bulanan dan mencatat keuangan harian.

Jika memang utang Anda sangat besar dan membuat Anda tidak dapat menabung dalam beberapa waktu ke depan, alangkah lebih baik untuk membereskan lebih dahulu utang Anda sebelum menata kembali tabungan.

Jika utang Anda sudah mulai ringan, ada baiknya untuk mulai menabung dan membangun dana darurat Anda terlebih dahulu.

 

#3 Cari Penghasilan Tambahan

Perlu seribu akal untuk melunasi utang, apalagi jika jumlah utang cukup besar. Cara selanjutnya untuk melunasi utang dengan cepat adalah dengan menambah penghasilan Anda.

Dengan bertambahnya penghasilan, maka total utang akan semakin berkurang. Tapi harus tetap diingat untuk tetap menjaga pos pengeluaran Anda sesuai dengan kebutuhan dan memprioritaskan pembayaran utang secara bertahap.

 

#4 Miliki Gaya Hidup Hemat

Agar utang segera terselesaikan, kita perlu dengan cermat menghemat biaya pengeluaran. Ada banyak ide kreatif yang dapat Anda lakukan untuk memiliki gaya hidup berhemat seperti yang dilansir dari laman amalan,com berikut ini:

  • Berbelanja barang yang lebih murah untuk kualitas yang sama

Menjalani hidup hemat bukan berarti harus kikir, Anda hanya perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan promosi dan penawaran menarik di sekitar Anda.

Saat memutuskan untuk membeli sebuah produk, cobalah untuk mencari alternatif agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk produk tersebut.

Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa mencari produk-produk lain yang memiliki kualitas kurang lebih sama, tapi dengan harga yang lebih murah.

  • Berbelanja di supermarket dengan lebih murah

Meskipun kami menyarankan Anda untuk berbelanja di pasar agar harga lebih murah, kami paham bahwa terkadang ada beberapa barang yang terkadang lebih murah jika dibeli di supermarket.

Hal ini biasanya dikarenakan ada private label yang membuat belanja jadi lebih hemat. Berbelanja di supermarket nyatanya bisa juga dilakukan dengan lebih hemat ketika Anda tahu trik-trik yang harus dilakukan, seperti: memanfaatkan voucher atau potongan harga yang sedang berlaku.

Apakah Berutang Bikin Miskin Ketahui Jawabannya Disini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Belanja Hemat Meski Ada Promo JSM Giant]

 

  • Menghemat saat bekerja

Tidak hanya saat di rumah, nyatanya penghematan juga bisa dilakukan di tempat kerja. Beberapa yang bisa Anda lakukan misalnya memanfaatkan transportasi umum atau membawa bekal dari rumah.

Meskipun terkesan hanya memotong sedikit, tapi jika dikumpulkan di akhir bulan, total penghematan Anda bisa sangat banyak, lho!

 

#5 Gunakan Dana Darurat

Apabila Anda termasuk orang yang konsisten menabung dan membangun dana darurat, Anda dapat menggunakan dana darurat itu untuk membayar utang Anda.

Setelah utang Anda semakin ringan, Anda bisa kembali membangun dana darurat Anda dan merencanakan tujuan keuangan Anda selanjutnya.

Belum punya perencanaan keuangan? Segera unduk E-book gratis Panduan Merencanakan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

#6 Minta Nasihat Dari Pihak yang Berpengalaman

Cara lain untuk melunasi utang dengan cepat adalah dengan meminta nasihat dari orang yang sudah berpengalaman seperti profesional perencana keuangan misalnya.

Mereka akan memberikan saran dan nasihat serta menolong Anda dalam menghitung besaran utang yang harus dibayar setiap bulan sesuai dengan kemampuan Anda dan memberikan cara-cara untuk melunasi utang dengan efektif.

Jasa perencana dan konsultan keuangan memang tidak semurah yang dibayangkan. Tapi, dengan berlangganan Aplikasi Finansialku sebagai member PREMIUM seharga 300 Ribu-an per bulan, Anda bisa berkonsultasi gratis dengan perencana keuangan Finansialku.

 

Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

Perlu mendapat nasihat khusus dari Perencana Keuangan Profesional dalam mengembangkan bisnis Anda? Segera hubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda dalam memberikan solusi cerdas dan jitu dalam mengatur keuangan pribadi dan bisnis!

 

Sumber Referensi:

  • Yodhi Kharismanto. 6 Cara Cepat Melunasi Utang yang Harus Anda Lakukan. Amalan.com – https://bit.ly/2tF08xN
  • Fitriana Monica Sari. 6 Juli 2018. Catat! Begini 5 Cara Cepat Melunasi Utang. Liputan6.com – https://bit.ly/2Rh6jRz
  • Admin. 12 November 2019. Jangan Ditunda Lagi! Begini 7 Cara Kilat Terbebas dari Utang. Pluang.com – https://bit.ly/2TMn1u0
  • Debby Natalia. Cegah Sebelum Terlambat: Cara Agar Terhindar dari Lilitan Hutang. Koinworks.com – https://bit.ly/2unI4YS

 

Sumber Gambar:

  • Cara cepat lunasi utang – http://bit.ly/37L2JVB