Persaingan mendapatkan pekerjaan bukan hanya menjadi tantangan bagi mereka yang baru lulus tetapi juga bagi para pekerja yang ingin mendapatkan pekerjaan baru.

Mendapatkan pekerjaan tentunya bukan hal yang mudah. Maka dari itu, Finansialku akan berbagi cara mudah dan cepat untuk mendapatkan pekerjaan baru. Simaklah artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mendapat Pekerjaan Baru: Susah-susah Gampang!

Apakah Anda baru lulus, baru di pecat atau sedang mencari pekerjaan baru?

Mendapatkan sebuah pekerjaan tidaklah mudah. Apalagi di era digital ini, persaingan semakin ketat, tuntutan kemampuan pun semakin tinggi, dan ada banyak tantangan baru dalam proses rekrutmen.

Bisa dibilang, mendapatkan pekerjaan baru merupakan hal yang susah-susah gampang.

Gampang karena sekarang informasi mengenai lowongan pekerjaan sudah semakin mudah. Susah karena diperlukan strategi khusus untuk mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

 

Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Baru

Walaupun tidak mudah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Berikut adalah caranya:

 

#1 Browsing Online

Mencari informasi lowongan di dunia maya dapat menjadi langkah pertama yang dilakukan. Ada banyak situs pencarian kerja atau situs resmi perusahaan yang dapat Anda telusuri.

Dari sana Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan kerja.

Agar tak membuang-buang waktu Anda, fokuslah melamar pada perusahaan yang Anda minati dan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Dengan demikian, Anda dapat fokus menyusun curriculum vitae Anda sesuai dengan permintaan perekrut, dan Anda juga dapat mempersiapkan diri Anda untuk proses wawancara.

Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru Simak Jawabannya 02 Finansialku

[Baca Juga: 6 Pekerjaan di Masa Depan yang Diincar Oleh Masyarakat Indonesia]

 

Beberapa situs lowongan pekerjaan yang bisa Anda kunjungi adalah Jobs.id, Jobstreet.co.id, Karir.com, Kalibrr.com, Glints.com, dan masih banyak lagi.

Situs lowongan pekerjaan tersebut menyediakan ribuan lowongan kerja dari berbagai industri, terkadang juga mengadakan job fair yang dapat Anda sambangi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda juga dapat tergabung dalam media sosial seperti Linkedin, Twitter, maupun Telegram. Tergabung dalam media sosial tersebut dapat memperluas koneksi dan jaringan Anda, serta memberikan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Membuat profil Anda dengan baik dan menarik menjadi salah satu kunci mencari pekerjaan melalui media sosial terutama Linkedin.

 

#2 Rekomendasi Kolega

Networking atau jaringan akan sangat Anda butuhkan dalam hal ini. Jaringan yang Anda miliki dapat membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan baru.

Anda dapat mendapatkan lowongan pekerjaan dari kolega Anda, atau bahkan mereka sendiri yang merekomendasikan Anda untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan dengan posisi tertentu.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Disiplin dan Dipercaya Oleh Keluarga, Rekan Kerja dan Lingkungan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lirik 7 Peluang Usaha Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang Menguntungkan!]

 

Jangan segan untuk meminta bantuan rekan Anda atau kenalan Anda untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Tetapi perlu Anda ingat, mereka juga memiliki kegiatan dan kepentingan pribadi, sehingga tidak dapat selalu Anda andalkan. Mintalah bantuan secukupnya, tetapi jangan membebani kolega Anda.

 

#3 Mengikuti Event Job Fair

Event Job Fair selalu ada dan sangat potensial menjadi tempat Anda mendapatkan pekerjaan.

Pada event ini Anda akan menemukan ratusan lowongan pekerjaan dari puluhan perusahaan.

Pada event job fair pula Anda dapat langsung menaruh surat lamaran dan curriculum vitae (CV) Anda pada perusahaan yang Anda minati, dan tentunya sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

 

#4 Proyek Pra-wawancara

Mengerjakan proyek pra-wawancara, yaitu Anda melakukan pekerjaan sebelum benar-benar mendapat pekerjaan.

Perekrut akan mempercayai bukti nyata dari hasil proyek dibandingkan pengalaman dan prestasi kerja di perusahaan sebelumnya yang Anda tulis dalam CV.

Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru Simak Jawabannya 03 Finansialku

[Baca Juga: 5+ Skill yang WAJIB Dimiliki Saat Ini Dalam Menghadapi Tantangan Zaman]

 

Untuk memulai sebuah proyek pra-wawancara, Anda terlebih dahulu harus memahami job description dari pekerjaan tersebut berdasarkan informasi lowongan pekerjaan. Kemudian lakukan proyek Anda sendiri.

Contoh pekerjaan yang dapat didapat dari proyek pra-wawancara ini adalah desainer.

Anda dapat merancang beberapa desain baru saat melamar pekerjaan, dan kemudian menjelaskan desain tersebut pada pewawancara.

Anda pun dapat menunjukkan dan mengirimkan proyek yang telah Anda buat kepada pewawancara sebelum tanggal wawancara.

 

#5 Membuat Usaha Sendiri

Alih-alih bekerja untuk orang lain, membuat usaha sendiri dapat menjadi pilihan bagi Anda. Anda dapat memanfaatkan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki untuk menghasilkan uang.

Misalnya, Anda dulunya adalah seorang jurnalis dengan kemampuan yang mumpuni dalam membuat artikel, maka Anda dapat mencoba menulis beberapa artikel dan mengirimkannya ke beberapa media. Anda dapat menjadi kontributor lepas media tersebut.

Pekerja Freelance, Mau Penghasilan Tambahan Dolar dan Pengeluaran Rupiah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berhasil! Ternyata Ini Dia Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah Dengan Modal Minimal]

 

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan hobi dan minat untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan pemasukan. Misalkan, Anda hobi mendesain dan menjahit pakaian, Anda dapat mengembangkan hobi Anda dan menjual produk yang Anda hasilkan.

Anda juga dapat bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi sama, sehingga minat dan hobi Anda dapat dikembangkan dan menjadi sebuah kegiatan yang positif dan produktif.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis startup. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, startup merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Proses Melamar Pekerjaan

Dalam melamar suatu pekerjaan tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan untuk membantu Anda dalam proses mendapatkan pekerjaan:

 

#1 Curriculum Vitae yang Menarik

CV merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan. Perekrut akan melihat kemampuan Anda pertama kali melalui CV yang Anda buat.

Maka dari itu, buatlah CV Anda seinformatif mungkin, tetapi tetap singkat, padat dan jelas. Gambarkan diri Anda, kemampuan Anda, pengalaman Anda melalui CV tersebut.

Ingin membuat CV yang informatif dan menarik perhatian perekrut? Download template CV gratis dari Finansialku! Klik DI SINI!

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#2 Strategi yang Teratur

Dalam mencari pekerjaan diperlukan strategi yang tepat. Buatlah strategi tersebut sebelum Anda melamar ke sebuah perusahaan.

Jangan melamar ke setiap perusahaan tanpa mencari tahu dahulu mengenai pekerjaan yang ditawarkan.

Buatlah catatan khusus mengenai perusahaan, posisi dan tanggal berapa Anda mengirimkan lamaran. Hal tersebut akan membantu Anda untuk melakukan follow up lowongan yang Anda lamar.

 

#3 Bersikap Pro-aktif

Jika hanya duduk diam menunggu tawaran pekerjaan datang, Anda hanyalah membuang-buang waktu Anda.

Sikap pro-aktif diperlukan dalam mencari pekerjaan. Jika setelah 2 minggu Anda belum mendapatkan kabar mengenai lamaran Anda, cobalah hubungi perusahaan untuk memastikan mereka sudah memeriksa resume Anda. Hal ini juga akan membantu resume Anda lebih cepat dibaca oleh HRD perusahaan.

 

Jangan Mudah Menyerah

Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah. Janganlah berputus asa saat Anda telah berusaha tetapi belum mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai.

Tetaplah berusaha, teruslah kembangkan diri dan asah kemampuan Anda.

Carilah passion, visi dan misi Anda. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion dan kemampuan Anda!

Jika Anda masih sulit juga mendapatkan pekerjaan baru, mungkin Anda lah yang seharusnya menciptakan sebuah peluang pekerjaan baru.

Temukan ide-ide baru, rencanakan dan realisasikan. Anda tidak hanya akan mendapatkan pekerjaan baru untuk diri Anda sendiri tetapi juga menyediakan pekerjaan baru bagi orang lain.

Miliki sifat pantang menyerah. Sama seperti kisah Thomas Alfa Edison yang harus melewati 1000 kegagalan untuk menciptakan sebuah lampu. Jika Anda tidak menyerah pasti Anda akan mendapatkan apa yang Anda cari.

Tentunya jangan lupa untuk terus berdoa dan berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda? Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan, teman, saudara dan keluarga sehingga mereka bisa mengetahui cara mudah mendapatkan pekerjaan baru.

 

Sumber Referensi:

  • Eka Utami. Juli 2018. Empat Cara Cepat Untuk Mendapat Pekerjaan Baru. Qerja.com – https://goo.gl/mWZMEa
  • Hamid Rosyadi. November 2017. 9 Cara Simple Biar Kamu Cepat Dapat Kerja; Nganggur Bentar, Sukses Kemudian! Hipwee.com – https://goo.gl/5bGrmW
  • Admin. 10 April 2014. Cara Untuk Diterima Kerja Kurang dari Satu Bulan. ¬†Jobstreet.co.id – https://goo.gl/SDmLjK

 

Sumber Gambar:

  • Mencari pekerjaan baru – https://goo.gl/hvdAcU
  • Mencari pekerjaan baru 2 – https://goo.gl/LdpQFC
  • Mencari pekerjaan baru 3 – https://goo.gl/R2hhHb
Summary
Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru? Simak Jawabannya!
Article Name
Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru? Simak Jawabannya!
Description
Persaingan mendapatkan pekerjaan bukan hanya menjadi tantangan bagi mereka yang baru lulus tetapi juga bagi para pekerja yang ingin mendapatkan pekerjaan baru.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo