Sudah siap untuk menyiapkan dana pernikahan? Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang ingin mengadakan pernikahan, termasuk di dalamnya resepsi pernikahan.

Salah satu aspek dalam resepsi pernikahan yang sangat penting adalah anggaran.

Kali ini, Finansialku akan membahas cara-cara untuk menghemat biaya pernikahan dan cara untuk menyiapkan dana pernikahan dengan cerdas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rahasia dan Cara Cerdas Siapkan Dana Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu acara seumur hidup yang terkenal akan modalnya yang besar. Banyak yang mengatakan bahwa menikah itu mahal, oleh karena itu lakukanlah hanya sekali seumur hidup.

Tetapi, sebenarnya terdapat rahasia dan cara cerdas yang dapat Anda lakukan untuk mengadakan pernikahan impian tanpa harus menguras kantong dan bank Anda.

Berikut adalah cara untuk mempersiapkan dana pernikahan dengan benar.

 

#1 Susun Konsep dan Diskusikan Jumlah Anggaran Total

Hal pertama dalam sebuah rencana pernikahan adalah konsep pernikahan. Konsep pernikahan dapat disesuaikan dengan anggaran yang dibutuhkan tetapi tidak terpatok dengan anggaran yang Anda miliki.

Konsep pernikahan yang mewah tidaklah harus memakan biaya besar, di sinilah Anda harus cerdas dalam mengatur anggaran.

Sebaliknya, konsep pernikahan intim tanpa pengaturan anggaran yang benar akan mengakibatkan dana yang membengkak.

Gini Rahasia dan Cara Cerdas Siapkan Dana Pernikahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Dalam Pernikahan Beda Budaya]

 

Tentukan konsep yang sesuai dengan keinginan Anda dengan pasangan. Diskusikan hal ini pertama kali dengan pasangan Anda. Kemudian pada kedua belah pihak keluarga.

Setelah melalui persetujuan kedua belah pihak, Anda dapat kemudian mendiskusikan jumlah total anggaran dan sumber-sumbernya.

Apakah Anda ingin menggunakan uang pribadi atau uang orang tua? Apakah pasangan Anda juga berkontribusi dan sebagainya.

Komunikasi mengenai masalah uang sangat penting. Sebabnya, pastikan bahwa Anda terbuka dan jujur serta memahami satu sama lain.

 

#2 Alokasikan Dana Pernikahan Sejak Dini

Jangan tunggu ketika waktu pernikahan Anda sudah dekat baru Anda berusaha mengumpulkan dana tersebut. Hal itu hanya akan mengakibatkan beban finansial.

Kumpulkan dana pernikahan Anda sejak dini. Pisahkan dana tersebut dari keuangan Anda agar Anda tidak tergoda untuk memakainya. Anda dapat menggunakan tabungan atau rekening terpisah.

Salah satu kunci untuk dapat mengumpulkan dana pernikahan dengan cukup adalah disiplin. Jangan mengumpulkan dana ketika Anda ingat saja atau ketika Anda memiliki uang lebih.

Persiapan Pernikahan Tanpa WO 01 Dana Pernikahan - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Cerdas Memilih Katering Pernikahan yang Sesuai!]

 

Jadikan kebiasaan menabung sebagai gaya hidup Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan dana dengan lebih teratur dan dana Anda akan terkumpul.

Cara mudah untuk dapat terus menabung adalah gaya hidup hemat dan sederhana. Beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Menggunakan transportasi umum selama memungkinkan
  • Membawa bekal
  • Menghemat listrik dan air, dan lain sebagainya

 

#3 Pilih Vendor Pernikahan Sesuai Dengan Anggaran

Berkembangnya internet dan kecanggihan sosial media dapat memberikan pengaruh negatif dalam gaya hidup seseorang. Banyak yang membandingkan gaya hidup mereka dengan gaya hidup hedonisme para sosialita atau artis.

Tidak terkecuali dalam industri pernikahan yang mana setiap pasangan berbondong-bondong untuk menggunakan vendor yang telah digunakan oleh para artis atau sosialita dengan tujuan ‘tidak mau kalah gengsi’.

Hitung Dana Pernikahan 09 Pernikahan 9 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Sewa Gedung, 6 Tempat Pernikahan Murah Ini Bisa Kamu Pakai]

 

Vendor pernikahan mahal tidak menentukan kualitas mereka. Selain itu, tidak semua vendor yang digunakan oleh orang lain akan sesuai dengan konsep pernikahan yang Anda inginkan.

Contoh mudah adalah vendor dekorasi yang sering mengerjakan proyek indoor belum tentu bagus melakukan dekorasi outdoor. Untuk itu, pilihlah vendor yang sesuai bukan yang terkenal.

Selain sesuai, Anda juga harus berusaha untuk memilih vendor yang sesuai dengan anggaran yang telah Anda susun sebelumnya. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari anggaran pernikahan yang membengkak.

 

#4 Hindari Hal-hal yang Dapat Mengakibatkan Anggaran Membengkak

Ketika menyusun rencana pernikahan, pasti Anda dapat dengan mudah memilih sesuatu yang mengakibatkan anggaran membengkak.

Beberapa contoh hal yang dapat mengakibatkan pembengkakan anggaran adalah:

  • Daftar tamu yang bertambah di luar dari kapasitas seharusnya
  • Dekorasi menggunakan bunga segar
  • Busana pernikahan
  • Souvenir dan undangan pernikahan yang berlebih

 

Hitung Dana Pernikahan 03 Pernikahan 3 - Finansialku

[Baca Juga: DIY: 10 Cara Membuat Desain Undangan Pernikahan yang Keren]

 

Hal tersebut sangat umum terjadi, apalagi jika Anda dan pasangan tidak memiliki kontrol diri. Cara paling mudah untuk menghindari hal ini adalah dengan membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk pesta pernikahan Anda yang jika tanpa hal tersebut, pernikahan Anda tidak dapat diadakan. Keinginan adalah sesuatu yang tidak Anda perlukan namun Anda inginkan.

Salah satu contoh sederhana adalah ketika Anda memilih gaun pengantin. Gaun pengantin adalah kebutuhan, namun gaun pengantin karya desainer terkenal adalah sebuah keinginan.

Cerdas menentukan mana yang sebenarnya dibutuhkan untuk pesta pernikahan Anda adalah langkah awal yang baik untuk memulai sebuah keluarga.

Serta, ingatlah untuk selalu melihat apakah anggaran Anda memungkinkan pengeluaran tersebut.

 

#5 Marriage is Not Just a Wedding

Hal yang harus selalu diingat dalam menyusun rencana pernikahan adalah pernikahan Anda bukanlah hanya ketika Anda mengadakan resepsi. Pesta pernikahan yang besar bukanlah penentu keawetan pernikahan Anda.

Menghabiskan uang hanya untuk satu malam tetapi bersusah kemudian bukanlah hal yang bijak dalam mengatur keuangan.

Banyak biaya yang dibutuhkan untuk kehidupan setelah pernikahan. Mulai dari tempat tinggal hingga biaya kebutuhan anak Anda kelak.

Persiapan Pernikahan 15 Checklist untuk Memeriksa Kesiapan Anda Berdua 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips Investasi untuk Karyawan Baru Dalam Mewujudkan Pernikahan]

 

Pastikan bahwa Anda mengadakan pesta dengan cukup tanpa harus mengakibatkan beban untuk keuangan Anda.

Hindarilah meminjam uang apalagi berutang untuk mengadakan pesta Anda. Gunakan dana yang Anda miliki secukupnya dan maksimalkan dana tersebut.

 

#6 Sediakan Dana Darurat

Dana darurat dapat berguna sebelum, selama dan setelah resepsi pernikahan digelar. Dana ini cukup penting untuk menghindari Anda dari biaya pernikahan yang membengkak atau hal yang tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Bahkan dana darurat ini dapat digunakan untuk kebutuhan setelah pernikahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk juga memasukkan pos dana darurat dalam susunan anggaran pernikahan Anda.

 

Susun Pernikahan Sesuai Dengan Anggaran

Bagi Anda yang sedang mengatur pernikahan, pasti Anda sering tergoda untuk menghabiskan dana lebih dari apa yang Anda tetapkan. Jika hal ini terjadi, ingatlah bahwa Anda masih memerlukan dana untuk kebutuhan lainnya.

Stick to the plan agar keuangan Anda tidak terbebani nantinya.

Anda dapat menghitung biaya dan dana pernikahan yang dibutuhkan melalui aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku membantu Anda supaya Anda dapat merencanakan keuangan dan tujuan keuangan dengan baik.

Silakan download aplikasinya di Google Play Store atau akses di Aplikasi.Finansialku.com.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Apakah Anda sedang merencanakan pernikahan? Artikel di atas diharapkan dapat membantu Anda dan pasangan untuk menyusun pernikahan yang diimpikan tanpa harus membebani keuangan Anda.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan tulis pengalaman Anda menyusun budget pernikahan di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 30 Desember 2018. Cara Mempersiapkan Pernikahan dengan Biaya Sendiri. Liputan6.com – https://bit.ly/2PFlqCc

 

Sumber Gambar:

  • Cara Cerdas Siapkan Dana Pernikahan 01 – https://bit.ly/2ITQGwu
  • Cara Cerdas Siapkan Dana Pernikahan 02 – https://bit.ly/2Y4G6GH