Sobat Finansialku saat mengalami hidung tersumbat sangat mengganggu bukan?! Ikuti cara mengatasinya, dari Finansialku yuk!

Karena Finsialku juga peduli akan kesehatan semua Sobat kami. Ikuti step by step-nya di artikel Finansialku berikut ini ya.

 

Kondisi Hidung Tersumbat dan Penyebabnya

Hidung tersumbat akan membuat Anda merasa tidak nyaman, karena kondisi itu membuat Anda tidak bisa tenang saat beristirahat. Bila Anda mengalaminya, segera cari solusi untuk mengatasinya.

Karena, jika berkepanjangan akan membuat kepala menjadi pusing dan aktivitas menjadi terhambat. Mengalami hidung mampet memang masalah sepele atau penyakit ringan, tapi tetap sangat mengganggu keseharian.

https://bit.ly_3fsD6zk

Hidung Tersumbat. Sumber: https://bit.ly_3fsD6zk

Penyebab hidung yang tersumbat kadang diawali dengan terjadinya pilek. Di mana jaringan hidung yang terganggu, disebabkan iritasi dari berbagai alasan.

Iritasi bisa terjadi karena menghirup polusi udara, asap rokok ataupun asap kendaraan. Bisa juga hidung yang tersumbat dikarenakan infeksi, alergi hingga sinusitis.

Ada juga kasus, di mana hidung mampet tapi tidak pilek. Hal seperti ini kadang lebih sangat mengganggu. Karena, lebih sulit mengatasi hidung tersumbat yang tidak berair.

 

Proteksi dan Cara Efektif Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Mengatasi hidung yang tersumbat karena pilek, termasuk gampang-gampang susah. Tapi Finansialku sudah rangkum beberapa cara untuk mengatasinya hanya untuk Sobat Finansialku.

Nah silakan dicoba di rumah, buat Sobat Finansialku yang sedang mengalami hidung mampet. Segera diatasi, jangan sampai makin parah. Kalau semakin parah, nanti pengeluaran lagi bukan?

Jangan sampai ya… Kondisi kesehatan kita, kita yang jaga. Tapi kalau memang sudah musibah, sakit bisa datang kapan saja. Oleh karena itu kita butuh proteksi yang ekstra untuk tubuh kita. 

Kadang masih banyak dari kita yang menyepelekan proteksi diri, atau asuransi kesehatan. Sebenarnya seberapa penting sih asuransi kesehatan? Coba Sobat Finansialku dengarkan audiobook ini ya.

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

Ingat proteksi diri itu penting. Apalagi menjaga kesehatan. Sangat Penting!!! Nah cara mengatasi hidung tersumbat yang sudah Finansialku rangkum untuk Sobat Finansialku ada di bawah ini.

 

#1 Atasi Hidung Tersumbat, Menggunakan Pelembab Ruangan

Bagi orang dewasa maupun anak-anak, menggunakan pelembab ruangan atau yang biasa disebut humidifier akan lebih berguna untuk mengatasi masalah pilek ini.

Agar udara tidak terkontaminasi dengan polusi, minimal untuk di sekitar rumah. Karena, kadang hidung hidung tersumbat disebabkan oleh polusi udara.

 

#2 Mandi Air Hangat

Pada saat Anda merasakan pilek atau hidung sedang tersumbat, paling nyaman jika Anda mandi dengan air hangat. Paling tidak uap air hangat bisa melancarkan sirkulasi udara pada hidung Anda.

 

#3 Minum Air Putih Yang Cukup

Seseorang yang sedang kurang sehat, pastinya mengalami penurunan imunitas tubuh. Disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Selain mencegah dehidrasi, air putih sangat banyak manfaatnya, termasuk mempercepat penyembuhan hidung mampet.

 

#4 Menghirup Uap Hangat Bawang Putih

Ada beberapa pendapat kesehatan mengenai masalah hidung ini, dengan menghirup air hangat dari bawang putih bisa menjadikan obat mujarab bagi hidung pilek, tersumbat ataupun mampet.

 

#5 Atasi Hidung Tersumbat, dengan Penggunaan Ekstra Bantal

Menurut tips kesehatan, jika Anda sedang merasakan hidung yang tersumbat atau mampet, maka Anda bisa tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan. Yaitu, dengan cara menggunakan ekstra bantal.

 

#6 Menggunakan Kompres Hangat

Selain mandi air hangat, menghirup uap ataupun minum air hangat, maka Anda juga bisa melakukan kompres hangat untuk mengatasi hidung bermasalah tersebut.

Baca juga: Ini Sederet Manfaat dan Resep Daun Jinten Untuk Kesehatan

 

#7 Menggunakan Dekongestan

Dekongestan dikenal sebagai jenis obat-obatan yang dikhususkan untuk hidung yang tersumbat, tersedia dalam dua macam yaitu pil dan spray. Oleh karena itu, benda ini juga sangat dibutuhkan untuk mengobati penyakit hidung.

 

#8 Mengkonsumsi Antihistamin

Ada juga antihistamin yang merupakan obat bagi Anda yang terkena pilek atau hidung mampet karena alergi. Kalau Anda sudah mengetahui penyebabnya karena alergi, maka Anda harus selalu menyediakan Antihistamin tersebut.

 

#9 Oleskan Minyak

Untuk Anda yang sedang mengalami flu, demam ataupun batuk pilek, biasanya akan sangat berpengaruh juga jika dioleskan minyak-minyakan ke tubuh.

Misalnya saja minyak kelapa, minyak angin, minyak kayu putih ataupun minyak telon. Bau-bauan yang berasal dari minyak tersebut dapat merangsang hidung yang sedang pilek. Atau bisa juga mencoba minyak eucalyptus.

 

#10 Atasi Hidung Tersumbat, dengan Minum Teh Peppermint

Yang terakhir adalah dengan cara meminum teh rasa peppermint, karena kandungan dari peppermint yaitu mentol bisa dikatakan sebagai dekongestan alami yang bisa mengatasi pilek dan hidung mampet. 

Baca juga: Teh Keju Sampai Boba Obat Batuk: Minuman Kekinian yang Absurd

 

Pada Beberapa Kondisi Tertentu

Untuk penyakit yang berhubungan dengan pilek atau tersumbat juga bisa terjadi pada beberapa kondisi tertentu. Di mana hal tersebut juga perlu penanganan tersendiri.

Salah satunya adalah hidung tersumbat pada kondisi ibu hamil, penanganannya juga akan khusus. Karena, diketahui bahwa kondisi seorang ibu hamil sudah begitu melelahkan.

https://bit.ly3yLgr94

Hidung Tersumbat. Sumber: https://bit.ly3yLgr94

Apabila mengalami penyakit ringan ini, lebih membuat keadaannya makin tidak nyaman, selain menjalani proses kehamilan yang juga memiliki banyak kendala.

Oleh karena itu, mengatasi masalah hidung ini, pada ibu hamil harus ditangani sesegera mungkin agar tidak membuat stress.

Caranya mungkin kurang lebih hampir sama, misalnya dengan menggunakan pelembab ruangan ataupun dengan cara menghirup uap merupakan tips yang lumayan ampuh.

Selain itu, ada juga kondisi hidung mampet yang terjadi bayi dan balita yang sangat membutuhkan penanganan khusus karena lebih sensitif.

 

Mengatasi bayi hidung tersumbat hampir sama, hanya sedikit ada perbedaan dengan balita. Yaitu, dengan meneteskan obat tetes hidung atau mencairkan lendir pada hidung dengan menggunakan uap panas.

Bahkan, bisa memanfaatkan humidifier atau pelembab ruangan atau berjemur pada saat matahari pagi. Begitupun dengan balita, mengatasi hidung mampet pada balita mungkin akan lebih mudah dari bayi karena sudah lebih besar.

Baca juga: Dikira Flu Ternyata Bukan, Hati-Hati Kanker Hidung

Terlebih lagi mengatasi anak hidung mampet, lebih mudah diatasi karena sudah lebih mudah diajak berdiskusi dalam mengobatinya. 

Untuk balita, mungkin baru bisa menggunakan obat tertentu yang sudah bisa Anda berikan. Sedangkan pada bayi, Andalah yang harus berusaha memikirkan caranya dan bertindak sendiri.

Untuk hidung yang sedang bermasalah, hal yang berhubungan dengan sesuatu yang hangat bisa dijadikan solusi.

 

Nah Sobat Finansialku itu dia cara mengatasi hidung tersumbat. Kalau dari Sobat Finansialku punya cara yang pernah Sobat coba sendiri di rumah dan ternyata ampuh, yuk bagikan cara itu di kolom komentar.

Supaya orang lain juga bisa mencoba cara untuk mengatasi hidung tersumbat tersebut dengan cepat. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • dr Sepriani Timurtini Limbong. 12 Januari 2021. Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat. Klikdokter.com – https://bit.ly/3c3n90f
  • dr. Arnold Fernando. 27 Juli 2017. Hidung tersumbat tapi tidak flu/pilek. Alodokter.com – https://bit.ly/3wIeAjk
  • Fadli Adzani. 22 Januari 2020. 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bikin Napas Jadi “Plong” Kembali. Sehatq.com – https://bit.ly/2R0oVIg