Pernikahan merupakan momen krusial yang juga memerlukan dana besar. Yuk cari tahu cara hitung dana pernikahan yang praktis dan hemat.

Pada artikel ini, Finansialku akan menunjukkan para pembaca fitur penghitung dana pernikahan melalui aplikasi Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menghitung Dana Pernikahan

Dana pernikahan merupakan salah satu pos pengeluaran yang cukup besar. Namun bukan berarti pernikahan haruslah mahal. Di zaman modern ini, sudah banyak sekali alternatif biaya pernikahan yang lebih murah.

Cara Mengumpulkan Biaya Nikah Dengan Reksadana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan! Gini Rahasia dan Cara Cerdas Siapkan Dana Pernikahan]

 

Karena jumlahnya cukup besar, perlu ada perencanaan keuangan yang matang. Untuk menyusun rencana dana pernikahan, Anda harus menentukan beberapa faktor di bawah ini:

  • Jumlah tamu yang akan diundang. Jumlah tamu akan berpengaruh pada luas tempat, makanan, souvenir hingga undangan. Oleh karena itu, hal ini harus ditentukan dari awal
  • Tempat pernikahan. Tempat acara juga beragam, ada yang memilih restoran, aula gedung, hotel atau outdoor. Pilihan luar kota atau dalam kota pun dapat ditentukan sebelum menyusun rancangan biaya
  • Makanan atau catering. Hal ini merupakan salah satu biaya terbesar di dalam rancangan dana pernikahan. Biasanya jika pernikahan diadakan di hotel maka konsumsi harus dipesan dari hotel. Namun jika Anda memilih gedung, maka Anda dapat membawa katering secara bebas dari luar.
  • Dekorasi, panggung, lighting. Biaya ini harus dimasukkan dalam perencanaan dana pernikahan karena jumlahnya yang cukup besar.
  • Gaun dan tata rias. Ini merupakan hal penting bagi setiap calon mempelai wanita. Walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, namun Anda tetap harus memperkirakan jumlah yang akan dihabiskan untuk gaun dan tata rias pengantin.
  • Fotografi dan video. Pengabadian momen satu kali seumur hidup tentulah tidak boleh terlupakan. Anda dapat menyiapkan anggaran sesuai kemampuan dan keperluan untuk poin yang satu ini. Jangan lupa untuk memasukannya dalam anggaran dana pernikahan.
  • Dan lain-lain seperti baju pesta keluarga, undangan, souvenir, MC, wedding planner atau organizer dan lainnya.

 

Selain faktor di atas, tentu Anda harus menentukan perintilan lain sebelum dan sesudah pernikahan, misalnya bulan madu, foto pre-wedding, seserahan, atau acara tunangan.

Keseluruhan acara tersebut pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

 

Perhitungan Dana Pernikahan melalui Aplikasi Finansialku

Untuk dapat menghitung dana pernikahan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Selain mudah dan praktis, Anda dapat langsung mengakses aplikasi ini melalui smartphone Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat selalu mengingat dan mengetahui jumlah dana pernikahan yang harus Anda siapkan. Berikut adalah langkah untuk menghitung dana pernikahan melalui aplikasi Finansialku.

1. Download aplikasi Finansialku. Kemudian daftarkan diri Anda dengan nomor handphone/ Facebook/ akun Gmail.

Aplikasi Finansialku 2

Daftar Aplikasi Finansialku

2. Kemudian, pada halaman muka, pilih ‘Rencana Keuangan

Fitur Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

Fitur Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

3. Pilihlah kriteria dana sesuai dengan kebutuhan Anda, pada kasus ini, ‘Dana Pernikahan

Dana Pernikahan Rencana Keuangan

Dana Pernikahan Rencana Keuangan

4. Masukkan data sesuai dengan data diri dan pasangan Anda serta jarak waktu hingga pernikahan Anda

5. Kemudian pilih jenis biaya dan isi jumlah biaya sesuai dengan yang Anda ketahui atau perkirakan.

Kalkulator Dana Pernikahan Aplikasi FInansialku

Kalkulator Dana Pernikahan Aplikasi FInansialku

6. Setelah terisi, pilihlah ‘Hitung

7. Finansialku kemudian akan memberikan hasil perhitungan dana, mulai dari sisa dana yang harus Anda kumpulkan serta dana yang harus disimpan setiap bulannya.

Hasil Kalkulator Dana Pernikahan

Hasil Kalkulator Dana Pernikahan

8. Anda dapat memilih ‘Export’ untuk melihat hasil dengan format lain

9. Anda pun dapat memilih ‘Simpan’. Kemudian jika Anda tertarik melihat rekomendasi investasi yang sesuai dengan kebutuhan rencana keuangan Anda, maka pilih ‘Ya’, jika tidak tertarik silakan pilih ‘Tidak’.

 

Simulasi Perhitungan Dana Pernikahan melalui Aplikasi Finansialku

Berikut adalah contoh perhitungan dana pernikahan melalui aplikasi keuangan Finansialku.

Nama pengguna dan nama pasangan: Rudi dan Dewi

Biaya yang telah diketahui hingga saat ini adalah:

  • Biaya sewa gedung: Rp 25 juta (lengkap dengan panggung dan lighting)
  • Biaya konsumsi/catering: Rp 40 juta untuk 500pax
  • Biaya wedding organizer: Rp 5 juta
  • Biaya fotografi (foto dan video hari H): Rp 10 juta
  • Biaya dekorasi: Rp 10 juta

 

Rudi dan Dewi akan menikah dalam waktu 16 bulan. Hingga saat ini, dana yang telah disiapkan adalah Rp 50 juta.

Perkiraan kenaikan dana pernikahan sebesar 10% per tahun. Estimasi hasil investasi adalah 5% mengikuti hasil investasi deposito Rudi.

Dengan data di atas, maka melalui aplikasi Finansialku, akan diketahui bahwa Rudi masih kekurangan dana pernikahan sebesar Rp 49.340.419.

Untuk menutupi kekurangan dana tersebut, Rudi harus berinvestasi sebesar Rp 2.988.543 setiap bulannya selama 16 bulan.

 

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan update terhadap biaya baru yang nantinya akan Anda ketahui. Fitur ini akan sangat membantu Anda untuk ‘keep track’ dengan anggaran pernikahan.

Namun fitur tersebut hanya dapat dipakai oleh pengguna premium. Untuk menjadi pengguna premium, sebelumnya, Anda harus berlangganan aplikasi Finansialku.

Anda bisa berlangganan aplikasi premium Finansialku sebesar Rp 350 ribu per tahun. Dengan demikian, uang Anda bisa terus terpantau untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Dapatkan juga POTONGAN Rp 50 RIBU biaya berlangganan aplikasi Finansialku satu tahun dengan memasukkan kode voucher CUAN50.

 

Siapkan Dana Pernikahan dengan Benar

Dengan adanya aplikasi keuangan Finansialku, Anda dapat mengetahui dengan jelas jumlah yang harus Anda sisihkan bahkan investasi mana yang paling sesuai untuk merealisasikan tujuan keuangan tersebut.

Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan 10% dana tambahan dari perkiraan dana pernikahan untuk mengantisipasi kelebihan biaya yang biasanya terjadi di hari H.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda menjadi lebih mudah dalam merencanakan dana pernikahan. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.