Berinvestasi saham dan keuntungannya sudah banyak diketahui orang, tapi bagaimana cara main saham yang benar biar nggak gagal?

Selengkapnya akan dibahas di artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Cara Main Saham Untuk Pemula

Saham, sebuah bentuk investasi yang cukup dikenal semua orang, namun adakah yang hanya tahu tapi takut untuk mulai berinvestasi di instrumen satu ini?

Banyak cerita pengalaman yang buruk mengenai saham di sekitar kita, mulai dari saham yang dibeli turun hingga keluar dari bursa (delisting).

Mungkin ini yang mempengaruhi keberanian masyarakat untuk mulai berinvestasi pada saham.

Namun, seperti investasi pada umumnya, semua memiliki sisi positif dan negatifnya. Oleh karena itu, sobat Finansialku, biasakan untuk tidak mendengar satu sisi saja.

Dalam berinvestasi saham, sobat Finansialku akan meraup keuntungan yang lebih signifikan ketika dapat menginvestasikannya dengan cara yang benar.

“Sebenarnya saya tertarik berinvestasi saham, namun karena ketidaktahuan saya akan investasi satu ini, makanya saya takut memulainya.”

 

Mungkin itu yang menjadi pemikiran sobat Finansialku hari ini. Tapi, saya mau katakan, singkirkan rasa takut kalian sejenak dan mulai baca apa yang saya tulis berikut.

Setelahnya, kalian bisa memilih, apakah akan memulainya dan memperoleh keuntungan besar atau tetap di tempat dengan ketakutan kalian tanpa menghasilkan apa-apa.

Mengapa? Karena saya akan beri tahu cara main saham yang aman untuk pemula.

Hal-hal yang harus sobat Finansialku perhatikan data pertama kali belajar saham adalah:

 

#1 Mencari sekuritas dengan fee transaksi rendah

Terkadang fee yang besar cukup membuat kita malas bertransaksi. Tidak ada orang yang lebih suka untuk membayar administrasi mahal jika ada biaya yang lebih murah, bukan?

 

#2 Membeli saham-saham yang kamu tahu produknya di pasar

Produk yang terkenal di pasar akan memiliki daya jual yang tinggi. Daya jual yang tinggi cenderung memiliki risiko kerugian yang rendah.

Semakin terkenal sebuah merek, semakin tinggi pula nilai sahamnya. Sehingga jika suatu saat kalian akan menjual sahamnya, nilainya akan cenderung naik dan potensi keuntungan akan semakin besar.

 

#3 Pilih saham yang memiliki analisis fundamental yang baik

Dalam memilih saham, kalian juga perlu untuk sedikit ‘mengintip’ kualitas emiten saham yang dipilih.

Sobat Finansialku bisa mempelajari kiat menganalisis fundamental saham ala Lo Kheng Hong, seorang value investor yang sukses di Indonesia melalui artikel berikut ini.

Kiat Analisis Fundamental Saham Ala ”Warren Buffet Indonesia”

 

#4 Tentukan apakah kalian akan menjadi trader atau investor

Nah, dalam memulai investasi saham, kalian perlu tahu ada yang namanya Trader dan Investor.

Trader biasa disebut dengan Momentum Trader, artinya adalah orang yang melakukan jual beli saham dengan mengikuti tren pasar dengan jangka waktu yang pendek.

Sementara Investor atau Value Investor adalah orang yang melakukan jual beli saham dengan mengikuti tren jangka panjang.

Value Investor memiliki tujuan jangka panjang sehingga analisis fundamental sangat penting untuk menentukan pembelian sahamnya.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Trader dan Investor, sobat Finansialku bisa membaca artikel berikut.

Belajar Saham – Trader dan Investor

 

#5 Bergabung di komunitas saham untuk referensi dan update-nya

Orang banyak bilang bahwa komunitas yang diikuti akan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Jika sobat Finansialku ingin berinvestasi saham, maka bergabung dalam komunitas saham sangat direkomendasikan.

Karena di dalam komunitas, kalian bisa mendengarkan testimoni dari orang-orang yang sudah sukses dan memiliki pengalaman dalam bidang saham, sehingga kalian lebih mengerti dan bagaimana praktiknya berinvestasi saham.

Kalian juga bisa mendapat wejangan dan mentor dalam komunitas saham yang kalian ikuti.

Nah, kabar baiknya, Finansialku memiliki komunitas yang bisa membantu sobat Finansialku untuk mengerti tentang saham dengan lebih baik.

Dalam komunitas ini sobat Finansialku akan dipandu oleh para praktisi saham, salah satunya Rivan Kurniawan (value investor Indonesia).

Jika kalian ingin bergabung dalam komunitas saham Finansialku, kalian bisa bertanya pada admin Finansialku di +62 819 1151 6119 atau klik tombol di bawah ini untuk bergabung dengan komunitas Finansialku.

Bergabung dengan Webinar dan Komunitas Saham Finansialku

 

Kalau Tahu Cara Main Saham yang Benar, Semua Bisa Investasi

Tidak ada investasi yang sempurna, tidak ada pula garansi berinvestasi di saham selalu untung, namun kembali lagi ke tujuan keuangan sobat Finansialku.

Berinvestasi saham memang menjadi salah satu kendaraan favorit untuk meraih tujuan keuangan atau impian kita, tapi semua butuh proses dan waktu untuk belajar.

Salah satu ebook Finansialku berikut bisa membantu sobat Finansialku mengerti investasi saham. Download yuk!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Apabila sobat Finansialku membutuhkan bantuan dalam merencanakan investasi, kamu bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Download aplikasinya gratis di Google Play Store atau Apple Apps Store dan nikmati free trial premium-nya selama satu bulan.

Jika sobat Finansialku menyukai fitur lengkapnya, kalian bisa berlangganan aplikasi premium Finansialku.

Hanya dengan Rp350 ribu per tahun, sobat Finansialku bisa memiliki keuangan yang lebih rapi, bahkan impian bisa terwujud lebih cepat.

Yuk, coba aplikasinya sekarang!

Eitss.. ada kabar bahagia lainnya, lho! Kalian bisa memperoleh potongan harga berlangganan aplikasi Finansialku Premium sebesar Rp50 ribu dengan kode promo CUAN50.

Jadi, sobat Finansialku hanya mengeluarkan Rp300 ribu setahun atau kurang dari seribu rupiah per hari untuk meraih cita-cita keuangan kalian. Mantap kan?

Yuk, mulai berinvestasi dan atur keuangan dari sekarang!

 

Semoga hal ini menjadi inspirasi!

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan-rekan sobat Finansialku sekalian!

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 27 Februari 2020. Dijamin Paham, Ini 10 Cara Bermain Saham yang Pas Buat Investor Pemula. Lifepal.co.id – http://bit.ly/2wXNN95