Jangan panik, tentunya ada cara untuk menemukan HP yang Hilang. Salah satunya cara melacak HP dengan IMEI.

Mari simak artikel berikut selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

IMEI (International Mobile Equipment Identity)

Saat ini hampir semua orang tidak bisa terlepas dari yang namanya HP. Segala kemudahan dan berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan satu genggam HP atau yang sering disebut juga smartphone.

Namun, Pernahkah kamu ketinggalan atau lupa dimana menyimpan HP dan rasanya panik banget?

Tentu hal tersebut umum dialami oleh orang-orang, sifat pelupa wajar dimiliki setiap orang. Tapi bagaimana jadinya kalo ternyata HP kamu nggak ketinggalan melainkan hilang?

Wah, pasti bukan panik lagi ya! pasti bakal lemes tuh, apalagi kalau di HP itu ada data penting yang harus kamu jaga.

HP Kamu Hilang Cepat! Inilah Cara Melacak HP Dengan IMEI 02 IMEI 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pria 19 Tahun Mengidap Penyakit Mengerikan Karena Main Ponsel Hingga Larut Malam]

 

Jangan khawatir, kemajuan teknologi membuat banyak cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang. Salah satunya dengan menggunakan IMEI.

Untuk lebih jelasnya dilansir dari Ponselsoak.com, berikut ini penjelasan mengenai IMEI:

 

#1 Apa Itu IMEI?

IMEI adalah nomor identitas dari HP yang menyimpan berbagai macam data penting dan setiap HP hanya mempunyai satu atau dua nomor IMEI tergantung menggunakan single sim atau dual sim.

Namun demikian hanya nomor IMEI dari sim satu saja yang akan di gunakan sebagai identitas resmi. Karena keberadaannya yang sangat penting maka nomor IMEI pun harus di simpan dengan baik.

#2 Kegunaan dan Fungsi IMEI

Nomor IMEI ada pada setiap HP yang dibuat, tidak peduli berapa pun harga HP tersebut mau murah atau mahal sekalipun pasti ada nomor IMEI.

Selain digunakan sebagai identitas HP, nomor IMEI juga memiliki fungsi untuk memudahkan operator mengidentifikasi gadget yang terhubung dalam jaringan.

Nomor IMEI pada umumnya berjumlah antara 15-16 digit, tapi dimasa mendatang bisa lebih dari angka tersebut karena produksi HP tidak pernah berhenti dari hari ke hari.

 

Cara Melacak HP dengan IMEI

Setelah mengetahui penjelasan mengenai IMEI, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak HP menggunakan IMEI, yaitu:

 

#1 Situs Find My Phone Google

Dilansir dari Dewailmu.id, ada beberapa syarat jika ingin melacak HP menggunakan IMEI, yaitu:

  • Kamu harus mengingat kode IMEI HP android kamu yang hilang.
  • Jika kamu tidak ingat, minimal kamu memiliki dusbook HP yang hilang tersebut. Jika kamu tidak memilikinya, kamu tidak bisa menggunakan IMEI dalam melacak HP kamu.
  • Cara ini juga tidak berlaku untuk HP bekas, kecuali kamu sudah mencatat nomor IMEI HP yang hilang tersebut.
  • HP yang kamu lacak sedang aktif/tidak dalam keadaan mati.
  • Mengaktifkan mode lokasi (optional).

Jika syarat-syarat tersebut sudah ada, selanjutnya berikut ini cara melacak HP menggunakan IMEI:

  • Pertama, setelah kamu mendapatkan nomor IMEI HP yang hilang tersebut, masuk ke situs Find My Phone Google. Cara ini memerlukan akses internet, jadi siapkan kuota data kamu terlebih dahulu. Atau kamu bisa menggunakan wifi.
  • Masukan nomor IMEI dari HP yang hilang, atau bisa lebih mudah jika ponsel tersebut sudah terhubung langsung dengan akun Google.
  • Tunggu beberapa menit dan klik tanda seru seperti pada gambar di bawah ini.
HP Kamu Hilang Cepat! Inilah Cara Melacak HP Dengan IMEI 03 Informasi Perangkat - Finansialku

Informasi Perangkat

  • Nah, jika sudah seperti gambar di atas, berarti HP android kamu sudah berhasil dilacak.
  • Langkah selanjutnya adalah menuju lokasi untuk mengambil HP tersebut. Setelah sampai di lokasi, kamu bisa membunyikan HP android tersebut dengan memilih pilihan Putar Suara.
HP Kamu Hilang Cepat! Inilah Cara Melacak HP Dengan IMEI 04 Putar Suara - Finansialku

Putar Suara

 

  • Jika kamu merelakan HP tersebut, kamu bisa memilih opsi Hapus Perangkat, yang berarti kamu menghapus semua data yang ada dalam HP tersebut.
HP Kamu Hilang Cepat! Inilah Cara Melacak HP Dengan IMEI 05 Hapus Perangkat - Finansialku

Hapus Perangkat

 

#2 Datang Ke Gerai Operator Penyedia Jaringan

Selain menggunakan situs Find My Phone Google, dilansir dari Jogja.Tribunnews.com, buat kamu yang mau melacak HP yang hilang kamu juga bisa datang ke gerai operator penyedia jaringan.

Kamu hanya perlu membawa nomor perdanamu dan nomor IMEI. Tak berselang lama, petugas akan memberitahu keberadaan ponselmu yang hilang.

Namun, hal tersebut hanya dapat terjadi apabila GPS, koneksi internet, dan HP kamu dalam kondisi menyala.

Sedikit berbagi, penulis juga pernah mengalami musibah hilangnya HP. Saat itu penulis masih duduk di bangku SMP dan sedang senang-senangnya mendapatkan HP keluaran terbaru kala itu.

Namun, baru 2 minggu pemakaian penulis harus rela kehilangan HP tersebut karena dicopet di salah satu tempat perbelanjaan di kota Bandung.

Penulis melakukan hal yang sama dengan poin kedua yaitu datang langsung ke gerai operator, sayangnya saat itu kondisi HP penulis sudah mati, dan hanya bisa dilacak lokasi terakhir HP tersebut ketika keadaan menyala.

 

Yang Hilang Akan Ada Gantinya

Itulah cara melacak HP dengan IMEI, semoga HP-nya cepat ketemu ya!

Jika upaya menggunakan IMEI belum berhasil, jangan patah semangat, masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan.

Meskipun perkara hilangnya HP bukanlah hal yang mudah, tapi percaya kalau segala hal yang hilang akan ada gantinya, tetap semangat!

Kalau kamu punya uang yang cukup, kamu bisa membeli HP penggantinya, jika belum memiliki cukup uang, segera rencanakan keuanganmu untuk membeli HP.

Rencanakan keuanganmu dengan tepat terutama dalam membeli barang seperti HP. Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu dapat tercapai.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu.

Aplikasi Finansialku dapat kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Apakah kamu pernah kehilangan HP? Lalu apa yang kamu lakukan? Apakah kamu mengetahui cara lain untuk melacak HP yang hilang? Bagikan pendapat dan pengalamanmu pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI. Ponselsoak.com – https://goo.gl/7L4EXL
  • Admin. 14 September 2018. Ternyata Nomor IMEI Bisa Digunakan untuk Cari Ponsel yang Hilang Tapi Ada Syaratnya. Jogja.Tribunnews.com – https://goo.gl/zaTma9
  • Wawan Agusti. 2 Juli 2018. Cara Melacak HP Hilang Lewat IMEI Untuk Smartphone Android. Dewailmu.Id – https://goo.gl/TXUJxM
  • Wahyunanda Kusuma Pertiwi. 28 Mei 2018. Cara Melacak Nomor IMEI di Perangkat Android. Tekno.kompas.com – https://goo.gl/s82ZFv

 

Sumber Gambar:

  • IMEI 1 – https://goo.gl/qNRQEa
  • IMEI 2 – https://goo.gl/8RBEVD
  • Cara Melacak HP dengan IMEI – https://goo.gl/TXUJxM