Yuk, intip cara melunasi utang riba dengan cepat dan pastinya halal. Anda tidak perlu pusing lagi dengan utang riba yang tak ada habisnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Terlilit Utang Riba

Riba merupakan aktivitas pemberian pinjaman dengan menerapkan bunga yang sangat tinggi kepada peminjam.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengumpulkan kekayaan, namun dengan cara yang membuat pihak peminjam menderita.

Praktik riba masih banyak kita temukan di sekitar kita. Padahal, riba adalah suatu kegiatan yang seharusnya kita jauhi. Kenapa? Karena, riba membuat hidup tidak tenang. Seperti kisah berikut ini.

Gak Kepikiran! Begini Cara Melunasi Utang Riba dengan Cepat dan Halal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kupas Tuntas! Apakah P2P Lending Riba atau Tidak?]

 

Sebut saja namanya Putri. Ia memiliki utang riba dan utang kartu kredit 11 kartu.

Walaupun orang lain melihat kehidupannya tampak bahagia, punya mobil, rumah besar, liburan ke luar negeri, menginap di hotel setiap akhir pekan, dan lain-lain. Tapi semuanya itu hasil riba.

Ternyata, di balik kemewahan itu, Putri merasa hidupnya tidak tenang. Bagaimana tidak, ia terus dikejar kejar utang dan debitur. Pernah merasakan hal yang sama?

Banyak kisah-kisah tentang terlilit utang riba lainnya. Ini bukan dongeng semata, tetapi kenyataan. Sebaiknya, Anda harus segera keluar dari lilitan utang riba sebelum hidup Anda tidak tenang.

 

Bagaimana Cara Melunasi Utang Riba?

Anda harus memilih cara melunasi utang riba yang efektif dan halal. Pelunasan tidak akan terjadi tanpa kesungguhan untuk mengakhirinya dan kepercayaan pada Allah yang Maha Kuasa.

Berikut ini cara melunasi utang riba secara Islam:

 

#1 Bertaubat Kepada Allah

Melunasi utang riba yang menumpuk bisa jadi tampak mustahil. Apalagi, jika kebutuhan sehari-hari pun butuh dipenuhi. Namun, tak ada yang mustahil. Pakailah ‘cara-cara langit’. Artinya, mintalah bantuan pada Allah.

Sebelum meminta bantuan, ada baiknya Anda bertaubat pada Allah atas praktik riba yang Anda lakukan. Taubat berarti Anda menyadari bahwa kegiatan yang dilakukan salah dan tak akan mengulanginya lagi.

 

#2 Segera Lunasi Utang

Orang yang melakukan pinjaman riba tetap memiliki kewajiban untuk melunasinya. Cara untuk lepas dari riba tentu saja dengan segera melunasinya.

Coba Anda tonton video dari Finansialku berikut ini untuk cara melunasi utang riba secara cepat. Jangan lupa praktikkan!

 

#3 Melepaskan Hasil Yang Berkaitan Dengan Riba

Lepaskan harta benda yang didapat dari hasil riba. Pasalnya, jika Anda pertahankan pun, harta tersebut tidak akan memberi manfaat besar dalam kehidupan Anda.

Justru, hal itu malah akan semakin menjerumuskan Anda pada praktik riba. Sebisa mungkin jual semua aset yang Anda dapatkan dari jalan riba agar tidak bercampur dengan aset lainnya yang Anda peroleh dengan jalan halal.

Gak Kepikiran! Begini Cara Melunasi Utang Riba dengan Cepat dan Halal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Bank Syariah Anti Riba? Cari Tahu Kebenarannya Sekarang!]

 

#4 Hidup Sederhana

Biasanya, lilitan utang riba dapat menjerat Anda karena disebabkan oleh gaya hidup. Oleh karena itu, hiduplah sederhana dan sesuai kemampuan.

Ingatlah, jika Anda harus berutang saat membeli sesuatu, itu artinya Anda belum mampu membelinya.

 

#5 Merasa Cukup

Merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki merupakan salah satu cara demi melunasi utang riba. Bagaimana caranya bisa merasa cukup? Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki.

 

#6 Lakukan Pinjaman Dengan Pola Sesuai Syariah Islam

Jika Anda memang terpaksa harus berutang, lakukanlah pinjaman yang sesuai dengan Islam.

Saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang menerapkan sistem syariah tanpa praktik riba. Jadi, hal ini dapat menjadi alternatif bagi Anda saat membutuhkan dana tanpa harus terlibat riba.

Cara lainnya, Anda harus memiliki dana darurat setelah utang lunas. Jadi, ketika ada kebutuhan penting dan mendesak, Anda dapat menggunakan dana darurat tersebut. Dengan begitu, Anda tak perlu berutang, kan?

Gak Kepikiran! Begini Cara Melunasi Utang Riba dengan Cepat dan Halal 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Mobil Pribadi? Ketahui 7 Tips Keuangan Beli Mobil Ini!]

 

#7 Jangan Rakus Terhadap Dunia

Jangan rakus akan kehidupan dunia. Jangan merasa juga bahwa kehidupan dunia yang bergelimang harta akan membuat hidup Anda bahagia. Ingatlah bahwa hidup di dunia ini sementara. Masih ada kehidupan akhirat yang harus Anda jalani.

Jika rakus, Anda tidak akan merasa cukup dengan pemberian Allah SWT. Ujung-ujungnya, Anda berutang sana sini bahkan juga akan terjerumus pada praktik riba.

Cara-cara tersebut bisa jadi tidak terpikir oleh Anda. Memang, kebanyakan manusia sering dibutakan oleh dunia. Akibatnya, lupa bahwa kita pun harus menengadah ke atas dan menyadari bahwa Allah-lah penolong kita.

 

Bebas dari Riba, Hidup Tenang

Riba merupakan kegiatan yang dibenci Allah dan haram hukumnya. Jika dipikir lebih dalam, aturan Islam itu memang menyelamatkan umatnya. Misalnya saja praktik berutang riba.

Bebas dari riba justru membuat hidup tenang. Ternyata, ada kebaikan dibalik larangan tersebut. Jika Anda sudah terlanjur melakukan riba, segeralah lunasi utang Anda tersebut dengan langkah-langkah di atas.

Bagaimanapun juga, utang harus dibayar, sebab akan mengekang sampai akhirat. Hal ini berdasarkan HR. Tirmidzi no. 1078 dan Ibnu Majah no. 2413 yang berbunyi: “Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga dia melunasinya.”

Jika bingung memulai dari mana saking banyaknya utang, Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk mendapat rekomendasi yang tepat sesuai dengan keuangan Anda.

Anda dapat terhubung dengan Perencana Keuangan Finansialku lewat fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK. Download aplikasinya sekarang untuk mendapatkan potongan Rp 50 ribu untuk upgrade ke premium dengan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Itu di acara melunasi utang riba berdasarkan perspektif Islam. Anda punya pengalaman tentang utang riba? Yuk, share pengalaman Anda di kolom komentar. Siapa tahu Anda mendapat solusi dari permasalahan Anda.

 

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Melunasi Hutang Riba (Kisah Inspiratif). Pengusahamuslim.com – https://bit.ly/2WDH9yT
  • Admin. 13 Cara Melunasi Hutang Riba Dalam Islam Paling Efektif. Dalamislam.com – https://bit.ly/2ZITyU7

 

Sumber Gambar:

  • Riba 1 – https://bit.ly/2X8yZim
  • Riba 2 – https://bit.ly/3jULOGW
  • Riba 3 – https://bit.ly/2DhZbjg