Bagaimana cara memaksimalkan dana bulanan ibu RT (rumah tangga)? Kalau mau tahu jawabannya, simak artikel ini sampai titik akhir, ya!

Menjadi seorang Ibu ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan. Memang ada ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan memilih untuk mengurus rumah tangga yang ternyata jauh lebih sulit daripada bekerja kantoran.

Yuk kita simak caranya memaksimalkan dana bulanan ibu rumah tangga!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pekerjaan: Ibu RT (Rumah Tangga)

Dulu, sebelum saya mengetahui pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan oleh seorang wanita. Saya ingin bekerja kantoran dan sebisa mungkin tidak menjadi ibu rumah tangga saja. Mengapa?

Saya berpikir bahwa menjadi ibu rumah tangga tidaklah berat, saya menginginkan tantangan selain hanya mengurus rumah tangga.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Dana Bulanan Ibu Rumah Tangga 02 Ibu rumah tangga - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lakukan 5 Gaya Hidup Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Jepang Demi Kesejahteraan Keuangan]

 

Ternyata, setelah saya dewasa dan sering membantu tante bahkan ibu sendiri, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sangatlah berat.

Bagaimana tidak? Dari mulai membuka mata hingga memejamkan mata, seorang ibu rumah tangga tidak henti-hentinya bekerja.

Mulai dari membangunkan anak, memasak, menyiapkan bekal, mengurus rumah, hingga sang Ibu akan tidur pun masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan.

Apalagi saya sangat menghargai seorang ibu rumah tangga yang masih bisa membagi perannya antara pekerjaannya dan rumah tangganya.

Para ibu rumah tangga ini diberikan sebuah tanggung jawab untuk mengelola keuangan keluarganya.

Tidak jarang juga saya mendengar teman-teman saya yang sudah berkeluarga bercerita kalau mereka kaget setelah menikah ternyata mengatur keuangan itu susah-susah gampang.

Susah karena sekarang harus mulai memikirkan pengeluaran masa depan seperti dana Pendidikan anak, dana membeli rumah, dana kesehatan, dan pos-pos lainnya yang mungkin saat hidup sendiri masih ada orang tua yang menanggung.

Ibu rumah tangga berperan sebagai Menteri keuangan di keluarga. Di mana, semua anggota keluarga dan bahkan suami akan mengikuti rencana keuangan yang sudah Anda buat untuk keluarga Anda.

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Terkadang juga, seorang ibu rumah tangga mengalami kendala berupa kewalahan dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Ada yang bercerita kalau tidak ada uang yang tersisa setiap bulannya, tidak memiliki tabungan, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana caranya memaksimalkan dana bulanan ibu rumah tangga supaya masalah keuangan keluarga yang dihadapi oleh para ibu rumah tangga ini bisa terselesaikan?

 

Cara Memaksimalkan Dana Bulanan Ibu RT (Rumah Tangga)

Masalah-masalah pengelolaan keuangan keluarga bisa menjadi masalah bagi pasangan suami istri. Jika tidak diselesaikan dari sekarang, maka masalah keuangan keluarga ini akan menjadi masalah utama.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Dana Bulanan Ibu Rumah Tangga 03 Keuangan Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: Apa Ide Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga?]

 

Cara-cara berikut ini yang akan saya sampaikan mungkin dapat menjadi solusi dari masalah keuangan keluarga Anda. Berikut adalah cara memaksimalkan dana bulanan ibu rumah tangga.

 

#1 Membuat Anggaran Bulanan Saat Anda Mendapatkan Pendapatan dari Suami atau Anda Sendiri

Saat awal bulan atau tanggal 25, Anda bisa membuat anggaran bulanan. Buatlah berapa banyak yang akan Anda habiskan untuk belanja bulanan, transportasi keluarga Anda, biaya sekolah anak, cicilan (jika ada) dan pos lainnya.

Pastikan Anda sudah tahu besaran pengeluaran yang Anda rencanakan dan pastikan pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan keluarga Anda.

Setelah Anda menulis anggaran keuangan keluarga Anda, saatnya ke langkah berikutnya.

 

Cara Memaksimalkan Dana Bulanan Ibu RT #2 Tulislah Catatan Keuangan Setiap Hari

Setelah Anda membuat anggaran keuangan, selanjutnya Anda bisa membuat catatan keuangan harian untuk keuangan keluarga Anda.

Anda harus menuliskan uang yang masuk dan yang keluar setiap harinya.

Dengan menulis uang yang masuk dan yang keluar setiap harinya, Anda menjadi mudah untuk mengetahui kemana saja uang keluarga Anda dihabiskan.

Anda pun akan dengan mudah menemukan pos mana saja yang bisa dihemat.

Selain itu, dengan memiliki catatan keuangan dan anggaran keuangan, Anda pun akan dengan mudah mengerem pengeluaran keluarga Anda yang sudah keluar dari anggaran.

Anda dapat menuliskan anggaran dan catatan keuangan dengan mudah saat ini dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Anda bisa men-download aplikasi Finansialku di bawah ini.

728x90 hitung sekarang Catat Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Catat Keuangan

 

Cara Memaksimalkan Dana Bulanan Ibu RT #3 Mulailah Membuat Rencana Keuangan

Ketika Anda sudah membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan dan Anda pun sudah menjadi pribadi yang disiplin bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda.

Saya yakin Anda pun sudah menjadi lebih hemat dan bijaksana dalam menghabiskan uang keluarga Anda. Selanjutnya Anda bisa membuat rencana keuangan.

Apa yang ingin Anda dan keluarga capai, apakah menyusun dana darurat, menabung untuk liburan, menabung untuk dana Pendidikan, menabung untuk membeli kendaraan baru dan lain sebagainya.

728x90 hitung sekarang - pasangan
300x250 - Hitung Sekarang - pasangan

 

Pastikan rencana keuangan yang Anda buat telah spesifik. Anda telah menuliskan berapa lama lagi Anda akan mencapainya, butuh berapa banyak uang yang akan dihabiskan, inflasi, dan imbal hasil investasi yang Anda inginkan.

 

#4 Stick To The Plan

Anda telah memiliki rencana keuangan, selanjutnya Anda sudah mengetahui berapa uang yang harus Anda kumpulkan setiap bulannya dan setiap tahunnya. Anda juga sudah tahu kemana saja Anda akan menabung atau berinvestasi.

Selanjutnya, Anda hanya perlu tetap berada di jalur yang sama dengan rencana yang telah Anda buat. Anda bisa berinvestasi ke aset nyata, aset kertas atau bisnis.

Jika Anda lebih percaya diri untuk berinvestasi ke aset kertas, sesuaikan dengan jangka waktu rencana keuangan Anda.

Jangan sampai Anda tergiur keuntungan yang besar padahal Anda membutuhkan uang tersebut dalam jangka waktu yang pendek.

728x90 hitung sekarang Investasi Saham
300x250 - Hitung Sekarang Investasi Saham

 

Ingatlah sebelum memulai berinvestasi, Anda sebaiknya mengetahui keuntungan dan kerugian dari investasi yang akan Anda hadapi. Supaya Anda tidak kaget saat menghadapi keadaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda.

Pastikan juga Anda mengkomunikasikannya dengan pasangan Anda, kemana uang keluarga Anda akan ditabung atau diinvestasikan.

Jangan sampai investasi ini menjadi hal yang Anda dan pasangan Anda ributkan.

 

#5 Review

Terakhir, Anda bisa me-review kembali bagaimana kondisi keuangan Anda dan rencana keuangan Anda dan keluarga. Apakah ada hal yang bisa diubah kembali ke arah yang lebih baik.

Apakah investasi yang dijalankan saat ini sudah sesuai dengan rencana keuangan Anda? Apakah semua orang di keluarga Anda ikut disiplin juga dalam mengatur keuangan keluarga?

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Jika ada yang tidak sesuai Anda bisa mengubahnya. Ya, rencana keuangan Anda memang harus dibuat se-fleksibel mungkin, jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda, sudah saatnya Anda menggantinya.

 

Atur Keuangan Keluarga Anda Dengan Disiplin

Sudah saatnya Anda mengatur keuangan keluarga Anda dengan disiplin. Anda dapat memulai dengan membuat anggaran dan catatan keuangan yang jauh lebih teratur dan disiplin.

Ketika Anda sudah menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan, saatnya Anda membuat rencana keuangan Anda. Pastikan rencana keuangan Anda ini sudah dikomunikasikan dengan pasangan Anda.

Setelah Anda membuat rencana keuangan, saatnya Anda setia dengan rencana Anda, Anda mengikuti rencana keuangan yang telah Anda dan pasangan susun. Dengan begitu tujuan keuangan pun menjadi lebih mudah untuk dicapai.

Terakhir, jangan lupa untuk me-review kondisi keuangan Anda dan jangan lupa juga untuk melihat kembali rencana keuangan Anda, apakah sudah sesuai dengan rencana Anda atau belum.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak mengenai perencanaan keuangan. Anda bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan usia 30an di bawah ini yang bisa Anda dapatkan dengan gratis.

Free Download Ebook Mommy and Money 

Ebook Mommy and Money

Download Gratis Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui cara memaksimalkan dana bulanan ibu Rumah Tangga.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya memaksimalkan dana bulanan ibu Rumah Tangga. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Ibu dan anak – https://goo.gl/UL5KLM
  • Ibu rumah tangga – https://goo.gl/xdmx3u
  • Keuangan keluarga – https://goo.gl/cvc5BG