Bagaimana cara memanfaatkan uang warisan dengan bijak? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas cara yang bijak untuk memanfaatkan uang warisan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Cara Memanfaatkan Uang Warisan?

Apa yang Anda lakukan jika Anda menerima uang warisan? Apakah Anda akan merasa senang, sedih atau tergantung? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu tahu seseorang yang menerima waris berarti menerima harta dan kewajiban (utang). Nah jangan khawatir terlebih dahulu, Anda juga boleh kok menolak waris. 

 

Cara Memanfaatkan Uang Warisan dengan Bijak

 [Baca Juga: Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Diwarisi Utang?]

 

Nah anggap saja, saat ini Anda menerima uang warisan. Bagaimana cara menggunakan uang tersebut? Berdasarkan data, ternyata bayak orang mengalami kegagalan mengelola uang warisan. Fenomena tersebut dikenal dengan sebutan “Mendadak Kaya” atau “OKB – Orang Kaya Baru”. Emang apa salahnya OKB?

Kebanyakan orang yang gagal mengelola uang warisan, adalah orang – orang yang tidak memiliki pengetahuan di bidang keuangan. Kesalahan yang sering dilakukan OKB adalah membeli barang-barang konsumtif dengan menggunakan uang warisan. Padahal ada banyak cara untuk membuat uang warisan lebih produktif. Anda dapat berdiskusi dan Perencana Keuangan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengan uang warisan tersebut. Menurut kami, beberapa hal yang dapat dilakukan dengan uang warisan adalah:

 

Menambah Investasi

Menambah porsi investasi, agar tujuan keuangan dapat segera tercapai. Harus diakui uang dari warisan adalah salah satu cara untuk meningkatkan investasi seseorang. Dengan menambah menambah investasi Anda untuk membeli rumah.

 

Melunasi Utang Konsumtif

Walaupun tidak bijak, tetapi uang dari warisan dapat digunakan untuk melunasi utang konsumtif. Jika Anda ingin memperbaiki kondisi keuangan, Anda harus bebas dari jebakan utang konsumtif.

 

Membeli Aset

Uang warisan juga dapat digunakan untuk membeli aset, terlebih aset yang mampu menghasilkan pendapatan bulanan. Misal uang hasil warisan digunakan untuk membeli rumah kos, sehingga Anda bisa mendapatkan pemasukan dari uang kos.

 

[Baca Juga: Cara Sukses Keuangan dengan rumus MONEY TREE #1]

 

Kesimpulan

Setidaknya Anda sudah mengetahui, uang hasil warisan idealnya dikelola dengan baik. Ada banyak cara untuk menghabiskan uang warisan dalam waktu sekejap. Tetapi ada banyak cara untuk membuat uang warisan dapat berkembang dengan pengelolaan yang baik.

 

Barang apa yang pertama kali akan Anda beli jika mendapat uang warisan?

 

Image Credit:

  • Smile – http://goo.gl/nXeV6B

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang