Kamu harus tahu cara mempromosikan diri di Jobstreet. Inilah yang membedakanmu dengan orang lain. Nah, bagaimana caranya?

Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Siapa sih yang tidak kenal Jobstreet? Jobstreet merupakan situs untuk mencari lowongan pekerjaan secara online. Cukup dengan membuat akun, kamu sudah bisa melamar pekerjaan impianmu. Lumayan kan paperless, hitung-hitung menyelamatkan hutan juga, lho!

Buat kamu yang ingin melamar pekerjaan lewat Jobstreet, jangan lupa menulis promosi singkat. Sebelum mengajukan lamaran ke perusahaan yang dituju, kamu sebaiknya menuliskan secara singkat tentang dirimu dan kemampuan yang dikuasai.

Akan lebih baik jika kamu menuliskan alasan mengapa perusahaan harus memilih kamu sebagai karyawan. Namun, itu semua harus kamu tuliskan hanya dalam 300 karakter saja!

Pasti kamu bingung ketika menulis promosi diri yang karakternya dibatasi. Pasalnya, mayoritas orang sudah terbiasa menulis surat lamaran yang panjang. Promosi diri yang kurang bagus akan membuatmu tidak lolos ke tahap selanjutnya.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus memperhatikan beberapa hal dalam mempromosikan diri. Kamu perlu tahu cara membuat promosi singkat yang benar.

 

#1 Tulislah dengan bahasa yang baik dan benar

Tulisan dengan penggunaan tanda baca dan huruf kapital yang tepat, serta susunan kalimat yang baik akan mencerminkan karakter dan tingkat intelektualmu.

Akan menjadi poin plus jika kamu dapat menuliskannya ke dalam Bahasa Inggris. Tentunya dengan grammar yang benar. Untuk kamu yang kurang bisa berbahasa Inggris, jangan memaksakan diri. Tulislah sesuai kemampuan supaya dapat dipertanggungjawabkan.

 

#2 Pastikan kemampuanmu sesuai dengan posisi yang dilamar

Kemampuan atau skill merupakan salah satu hal yang diperhatikan pemberi kerja. Mereka tentunya ingin kandidat yang mempunyai pengalaman dan skill sesuai posisi yang dibuka.

Oleh karena itu, kamu harus menjelaskan keahlian dan pengalaman bekerja dengan kalimat singkat. Contohnya:

“Menguasai videografi. Mampu mengoperasikan Adobe Premiere. Pengalaman Kameramen di SCTV selama 5 tahun. Dapat berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.”

 

Untuk kamu yang fresh graduate, tak perlu khawatir jika tak memiliki pengalaman. Kamu dapat mempromosikan kemampuan/skill yang kamu bisa lakukan.

 

#3 Hindari hal-hal generik

Generik di sini artinya umum. Hindarilah penggunaan kalimat yang kira-kira sudah sering digunakan banyak orang.

“Besar harapan saya dapat diterima.”

“Saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan.”

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan kontribusi di perusahaan ini.”

 

Sering membaca kalimat-kalimat sejenis itu? Nah, itulah kalimat generik. HRD sudah kebal dengan kalimat tersebut. Hal ini akan membuat lamaranmu tidak mendapat penilaian. Pasalnya, hal pertama yang dibutuhkan adalah skill dan pengalaman. Kerja keras hanya dapat dinilai saat sudah mulai bekerja.

Menggunakan hal-hal generik membuat promosi-mu tidak ada bedanya dengan yang lain alias tidak unik. Oleh karena itu, gunakanlah kalimat promosi yang langsung pada intinya.

 

Teruntuk kamu pada job seekers, simak video Finansialku mengenai tips cari kerja ini yuk!

 

Contoh Kata-kata Mempromosikan Diri di Jobstreet

Dari poin-poin di atas, berikut ini beberapa contoh kata-kata untuk mempromosikan diri di Jobstreet.

“Lulusan baru S-1 Ilmu Komunikasi. Mempunyai kemampuan menulis artikel soft/hard news yang baik. Mengerti fotografi dan editing. Mampu menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Pengalaman magang di JobNews selama 3 bulan.“

 

“Memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun sebagai sales and marketing di perusahaan PT xxx. Memiliki kemampuan public speaking yang bagus dan bisa mempromosikan barang dan jasa produk dari perusahaan. Mampu bekerja baik secara tim dan bisa juga bekerja secara individu.”

Ampuh! Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Hanya 300 Kata 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata 7 Kesalahan Ini Membuat Lamaran Kerja Ditolak Terus! Jangan Lakukan Ya!]

 

“Saya sangat terbiasa menggunakan aplikasi design grafis seperti adobe illustrator, corel draw dan photoshop. Memiliki pengalaman sebagai freelance desain grafis. Memiliki ide ide yang kreatif dan bisa menuangkannya kedalam grafis yang sesuai dengan harapan.”

 

“Sangat terbiasa dengan program MS Office. Memiliki pengalaman bekerja selama 2 tahun lebih yang membuat saya bisa bekerja secara tim maupun individu. Pribadi yang efisien dan detail terhadap sesuatu.”

 

Promosi Diri Secara Jujur

Para pelamar kerja berlomba-lomba untuk menarik perhatian HRD. Namun, terkadang tak sedikit orang yang menyusupi informasi yang tak sesuai dengan keadaan.

Hal ini justru dapat membuatmu susah di kemudian hari. Pasalnya, semua informasi yang kamu berikan saat melamar kerja harus dipertanggungjawabkan begitu diterima kerja.

Jangan kecewakan perusahaan yang sudah berbaik hati merekrutmu, ya! Oleh karena itu, penting untuk memberikan informasi sesuai fakta.

Sambil menunggu panggilan kerja, akan lebih baik kalau kamu memperkaya kemampuan finansialmu dengan membaca ebook gratis ‘Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan’. Kamu dapat mengunduhnya di sini.

Mockup Ebook Karyawan

 

Dana darurat sudah mulai menipis karena masih nganggur? Kamu harus bijak dalam mengelola keuangan tuh! Gunakan aplikasi Finansialku untuk membantu kamu merencanakan keuangan.

playstore icon
appstore icon
 

 

Itu dia cara mempromosikan diri di Jobstreet yang efektif dan efisien. Sudah dapat inspirasi untuk menyusun kalimat promosimu?

Jangan lupa untuk share artikel ini. Siapa tahu kamu bisa membatu teman atau saudaramu yang sedang kebingungan mencari kerja.

Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Desember 2019. Promosi Diri yang Efektif hanya dengan 300 Karakter. Jobstreet.co.id – https://bit.ly/2yUr5Qc
  • Admin. Contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja. Tipskerja.com -https://bit.ly/3d1qhrt

 

Sumber Gambar:

  • Jobstreet 1 – https://bit.ly/2ybWf5N
  • Jobstreet 2 – https://bit.ly/35fa4wd