Bagaimana cara memulai bisnis ekspor agar bisa sukses? Ternyata, Anda bisa mencobanya dengan modal kecil yang menjanjikan, lho!

Ayo, ikuti ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Ekspor Modal Kecil, Dapatkah Dilakukan?

Peluang usaha dapat Anda mulai, salah satunya dengan menerapkan cara menjadi eksportir pemula. Banyak produk lokal yang bisa diekspor ke negara lain, misalnya bisnis ekspor rempah.

Ini merupakan usaha yang menguntungkan, terutama bagi pengusaha yang tinggal di dekat pelabuhan dan daerah tempat banyak kapal kargo berlabuh.

Untuk memulai bisnis ekspor, Anda perlu merencanakan dengan matang untuk memastikan usaha berjalan normal.

Nah, pada artikel kali iniĀ  akan diberikan cara menjadi eksportir buah maupun produk lainnya dari sumber yang terpercaya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

Ketiga Produk RI Ini Memiliki Prospek Bisnis Ekspor yang Luas

Makanan, obat-obatan, dan alat kesehatan dinilai menjadi produk yang bisa dipromosikan Indonesia pada semester II 2020.

Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Kamar Dagang Internasional Indonesia (Kadin), mengatakan permintaan global hanya akan mengarah pada produk tersebut.

Di samping alat kesehatan dan obat-obatan, komoditas utama Indonesia yang memiliki peluang adalah pangan.

Sedangkan untuk produk jadi, Shinta mengatakan pasca kontraksi ekonomi akibat kebijakan karantina kawasan pada kuartal I 2020, kembalinya China ke rantai pasokan global telah menghambat kinerja Indonesia dari daya saing.

Ada juga kekhawatiran bahwa dumping akan terjadi setelah kegiatan perdagangan internasional China.

China diperkirakan akan mengambil langkah ini untuk menebus gangguan kegiatan perdagangan internasional selama penanganan Covid-19 pada kuartal pertama tahun 2020.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memiliki pandangan serupa. Ia menilai Indonesia bisa memanfaatkan keunggulan alaminya sebagai pemasok pangan.

Di sisi lain, keadaan di Indonesia saat ini sedang mengalami kelebihan produksi banyak alat kesehatan (seperti alat pelindung diri dan masker).

Langkah dan Cara Memulai Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Menjanjikan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Larang Ekspor Nikel, Bagaimana Nasib ANTM dan INCO?]

 

Bagaimana Cara Menerapkan Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil?

Di era pasar bebas ini, pemerintah Indonesia sangat mendorong pelaku usaha lokal untuk go international. Terdapat banyak kebijakan pemerintah untuk mendukung usaha kecil dan menengah dan memfasilitasi usaha perdagangan internasional skala besar.

Secara ekonomi, tujuan pemerintah adalah membuat neraca perdagangan atau neraca impor dan perdagangan internasional menjadi positif. Yakni nilai perdagangan internasional dalam kurun waktu tertentu surplus atau lebih besar dari nilai impor.

Lantas, sebagai pelaku usaha bagaimana cara menjual produk ke luar negeri? Simak beberapa tips berikut ini.

 

#1 Pilih Produk yang Menjanjikan

Untuk pedagang pemula, langkah pertama adalah memilih produk yang akan diekspor. Pelajari dan analisa produk ini secara detail mulai dari bahan mentah, area penyimpanan, dan cara menggunakannya.

Pilih produk yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa atau tanggal kedaluwarsa yang lama dan dapat digunakan atau dikonsumsi oleh banyak orang.

Alternatifnya, Anda juga bisa memilih produk yang menggunakan metode reservasi dalam proses penjualan ke pelanggan. Anda juga dapat mencari tahu daftar permintaan barang dari luar negeri.

Langkah dan Cara Memulai Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Menjanjikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Komoditi Pertanian Unggulan Indonesia yang Siap Diekspor]

 

#2 Tentukan Negara Tujuan

Cara kedua adalah menentukan negara tujuan perdagangan internasional. Memahami kepribadian dan budaya masyarakat negara tujuan sehingga Anda dapat menganalisis apakah masyarakat negara tersebut cocok dengan produk Anda.

Mendapatkan informasi seputar negara tujuan, serta informasi seputar penjualan produk pesaing (apabila ada). Tak lupa cara mengekspor barang ke negara tersebut.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk pergi ke negara tersebut karena Anda dapat menemukan informasi ini di Internet.

 

#3 Daftarkan Situs Web Usaha di Forum Bisnis Ekspor

Dengan kemajuan teknologi saat ini, informasi tentang produk yang Anda jual pasti ada di website, karena hampir semua calon konsumen dapat mengetahui informasi tentang produk di internet.

Tujuan mendaftarkan website usaha atau produk di portal usaha internasional adalah untuk memudahkan calon pelanggan (importir) menemukan produk Anda.

Buat katalog online yang menarik dengan memasukkan informasi tentang produk (seperti deskripsi, harga dan kontak).

Anda juga dapat mempromosikan produk Anda di platform komersial terkenal seperti www.amazon.com atau www.alibaba.com.

Platform terkenal seperti Amazon dan Alibaba memiliki traffic pengunjung yang tinggi, sehingga produk Anda akan dilihat oleh lebih banyak calon pelanggan.

Langkah dan Cara Memulai Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Menjanjikan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Dinyatakan Negara Maju, Ini Dampaknya Pada Ekspor Indonesia]

 

#4 Melengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Hal penting lainnya adalah Anda harus menyelesaikan dokumen perdagangan internasional. Tentunya, jika Anda tidak memiliki dokumentasi yang lengkap, produk Anda tidak bisa dijual ke luar negeri.

Dokumen perdagangan internasional yang lengkap juga membantu proses manajemen saat produk Anda masuk ke negara atau kawasan tujuan. Dokumen perdagangan internasional termasuk faktur, daftar pengepakan dan pemesanan pendaratan.

 

#5 Gunakan Fasilitas yang Disediakan Pemerintah

Pemerintah Indonesia menyediakan berbagai fasilitas komersial untuk mendukung perusahaan lokal dalam menjual produknya ke luar negeri.

Di situs www.djpen.kemendag.go.id, Anda bisa melihat data perwakilan perdagangan Badan Pengembangan Ekspor Nasional di lima benua.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah menyelenggarakan pameran internasional terkait produk perdagangan internasional.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#6 Manfaatkan Media Sosial Untuk Mempromosikan Usaha Anda

Pemasaran media sosial adalah cara terbaik untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon pelanggan di negara lain. Selain biayanya yang relatif murah, penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran juga sangat efektif.

Mengapa demikian? Karena media sosial saat ini digunakan oleh hampir sebagian besar belahan dunia. Karenanya, melalui media sosial, Anda bisa menjangkau calon pelanggan dengan cepat dan mudah.

 

#7 Berpartisipasi dalam Pameran Produk Perdagangan Internasional

Anda juga harus mengikuti pameran produk perdagangan internasional untuk memperkenalkan produk Anda kepada pengunjung yang sebagian besar merupakan calon pembeli dari negara lain.

Dengan mengikuti pameran, brand awareness produk Anda akan meningkat. Manfaat lainnya adalah memperoleh pengetahuan, memperluas jaringan usaha dan memperoleh informasi yang efektif tentang regulasi perdagangan internasional.

Langkah dan Cara Memulai Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Menjanjikan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Baju Preloved, Bisnis Stabil Selama Pandemi]

 

Gunakan Software Akuntansi Online Kelola Keuangan Perusahaan

Tips lain yang tidak kalah pentingnya adalah perusahaan perdagangan internasional pemula harus menggunakan software akuntansi online untuk mengelola keuangan perusahaan.

Dengan menggunakan software akuntansi online, laporan keuangan dapat dibuat dengan cepat dan mudah, sehingga pemilik usaha dapat lebih fokus mengembangkan usaha perdagangan internasionalnya.

Keunggulan lain dari penggunaan software akuntansi online adalah pembukuan dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, karena hanya membutuhkan akses internet.

Jika laporan keuangan dapat dihasilkan dengan cepat (atau bahkan real time), pemilik usaha perdagangan internasional dapat melacak atau mengontrol keuangan usaha, sehingga dana perusahaan tidak akan terbuang percuma.

Nah, itu tadi merupakan beberapa pembahasan terkait cara menjadi eksportir rempah maupun produk lainnya. Semoga dapat membantu Anda merintis usaha dagang luar negeri.

 

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Siap sukses bisnis ekspor? Yuk, bagikan artikel bermanfaat ini pada teman sesama pecinta bisnis, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Nuraini Anitasari. 01 Maret 2018. Cara Jitu Memulai Bisnis Ekspor. http://bit.ly/3rVYJMz
  • Admin. 14 Oktober 2020. Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Ekspor Untuk Pemula? Harmony.co.id – http://bit.ly/3s6e3qa
  • Iim Fathimah Timorria. 08 Juni 2020. Tiga Produk RI Ini Punya Prospek Ekspor Menjanjikan. Bisnis.com – http://bit.ly/38hBDrY

 

Sumber Gambar:

  • Ekspor 1 – http://bit.ly/392uT0m
  • Ekspor 2 – https://bit.ly/38dG0nZ
  • Ekspor 3 – https://bit.ly/2MBCPhy
  • Ekspor 4 – http://bit.ly/2MCMgNJ
  • Ekspor 5 – http://bit.ly/3s6l6z8