Pusing mengatur keuangan karyawan yang gaji tetap setiap bulan? Tenang begini cara mengaturnya, ikuti panduan belajar ini.

Simak penjelasan selengkapnya dalam panduan belajar berikut ini. Selamat membaca…

 

Cara Mengatur Keuangan Karyawan yang Gajinya Tetap Setiap Bulan

Apakah Anda hidup seperti ini?

Gaji Karyawan

Siklus Gaji Karyawan

 

Analisis dari Expert Market mengatakan, waktu yang dibutuhkan para karyawan untuk memiliki kekayaan seperti miliarder berbeda-beda di setiap negara. Misalnya, di Inggris perlu waktu hingga 348/063 tahun bagi pegawai biasa untuk mampu memiliki kekayaan yang sama dengan para miliarder.

Di Brasil, pegawai bergaji rata-rata 1,95 poundsterling per jam, harus mau bekerja selama lima juta tahun untuk mendapatkan kekayaan hingga 19 miliar poundsterling. Harv Eker adalah seorang pengusaha yang merintis bisnis dari titik terendah. Dia berhasil mengumpulkan jutaan dolar AS dalam waktu 2,5 tahun saja.

Rahasianya, berani mengubah kebiasaan diri! Dari yang tadinya menikmati penghasilan pasti, menjadi seseorang yang terus mencari meski dalam ketidakpastian.

 

Dalam bukunya Secrets of the Millionaire Mind, Anda tidak bisa kaya dengan harapan yang rendah. Jika tujuan Anda sekedar untuk bertahan hidup, itulah yang Anda dapat, tidak lebih sepeser pun.

Kebanyakan orang ingin menjaga kekayaannya, sedangkan orang-orang kaya memutarkan uangnya supaya lebih kaya. Tujuan orang kaya adalah memiliki kekayaan besar dan kelimpahan. Bukan hanya uang, tapi banyak uang,” papar Eker.

Kekayaan ditujukan untuk orang yang punya setumpuk duit bernilai ratusan juta saja. Kekayaan juga bisa dicapai oleh orang dengan gaji pas-pasan. Caranya gimana? Simpel, dengan menyesuaikan pengeluaran dari pendapatan.

Perlu ditanamkan baik-baik, Sobat Finansialku, bahwa kamu tak akan pernah bisa menjadi kaya jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan yang dimiliki. Nah, salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk jadi kaya ialah dengan menabung, merencanakan keuangan dan melek terhadap finansial.

Ketiga hal tersebut juga sangat penting untuk kehidupan kamu ke depannya. Lalu, muncul pertanyaan bagaimana caranya mengelola keuangan dan menabung sedangkan gaji saja pas-pasan?

Pada prinsipnya, menabung bisa dilakukan oleh siapa saja. Lagi-lagi, asalkan niatnya.

 

Utamakan Membuat Anggaran Belanja

Sebelum menggunakan uang untuk hal-hal yang kurang perlu, alangkah lebih bijak Anda anggaran belanja dulu. Anggaran ini berisi daftar kebutuhanmu setiap bulan. Bukan hanya kebutuhan pokok, tetapi juga kebutuhan sekunder dan tersier.

Misalnya saja belanja, perawatan kendaraan, seperti ganti oli dan service, hingga bayar gym bulanan. Dalam hal ini, Anda harus mampu mengalokasikan gaji per kebutuhan. Tujuannya agar biaya real atau aslinya tidak melebihi budget yang Anda anggarkan.

Agar lebih mudah Anda dapat memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan Finansialku yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Apps Store.

 

Sesuaikan Kebutuhan untuk Menekan Pengeluaran

Membagi-bagi uang dari total gaji untuk pengeluaran adalah bagian paling penting. Ini akan mencegah membengkaknya pengeluaranmu selama sebulan penuh. Berfungsi juga sebagai kontrol Anda ketika mengeluarkan uang.

Misalnya, pendapatan per bulan Anda Rp 5 juta, saat mendapatkan itu, Anda harus menyisihkan terlebih dahulu untuk bayar kosan, nabung, dan kebutuhan sehari-hari. Terapkan juga cara ini, seberapa besar pun gaji usahakan pengeluaran tetap.

Misalnya, pengeluaran bulanan Anda adalah Rp 2.500.000 sementara gaji bulanan adalah Rp 5.000.000 serta tabungan Rp 1.500.000, maka ketika gaji naik Rp 6.000.000 maka yang bertambah adalah besaran tabungan Anda, bukan pengeluaran Anda.

 

Beli Barang yang Lebih Rendah dari Kemampuan

Jika ada suatu barang yang menurut Anda menarik dan Anda butuhkan, usahakan mencari harga yang lebih rendah dari kemampuanmu. Anda bisa memanfaatkan diskon atau promo-promo tertentu untuk cara ini.

Selain itu, beli barang yang lebih rendah dari kemampuanmu bisa berguna untuk mempertebal uang simpanan dan meminimalisasi sikap konsumtif.

 

Hitung Pengeluaran dan Sisa Gaji

Lakukan perhitungan pengeluaran dan sisa gaji secara rutin agar Anda punya batasan. Dengan begini, Anda juga jadi tahu berapa total pengeluaran per bulannya dan berapa total gaji yang masih tersisa di dompet.

Agar semakin mudah, Anda bisa mencatat pengeluaran lewat Aplikasi Finansialku. Saat ada pengeluaran, Anda bisa langsung catat, sehingga jejak pengeluaran terekam dengan rapi, jelas dan terperinci.

 

Selanjutnya, Sobat Finansialku dapat membaca panduan belajar: Tips Mengatur Keuangan Untuk Karyawan.

 

Jika Sobat Finansialku ingin memiliki perencanaan keuangan yang baik dan tujuan keuangan yang jelas, Anda dapat berkonsultasi dengan Financial Planner Finansialku.

Yuk download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store sekarang! Nikmati konsultasi dan cek kesehatan keuangan gratis dengan akses premium gratis selama 30 hari. 

Jika Anda merasa terbantu dengan aplikasi Finansialku premium, silakan gunakan kode voucher WEBTAHUNAN saat melakukan upgrade aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung Rp 50 ribu.

 

Jika Anda memiliki penghasilan 4 juta per bulan, berikut cara memaksimalkannya menurut perencana keuangan Jangan lupa untuk subscribe Youtube Finansialku untuk update tips keuangan lainnya.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3x3BQs7