Ingin menjadi mahasiswa yang sukses dalam mengelola keuangan? Simak artikel berikut ini yang dapat menolongmu dengan cara mengelola keuangan di masa kuliah. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Belajar Cara Mengelola Keuangan Semenjak Mahasiswa

Apakah kamu seorang mahasiswa? Bagaimanakah kamu mengelola keuangan dan kebutuhan setiap bulannya? Walaupun belum bekerja, tetap saja kamu sebagai mahasiswa yang semakin beranjak dewasa perlu semakin dewasa juga dalam mengelola keuanganmu, bukan?

Semakin bertambah usia, bukankah kita perlu semakin bijak dan teratur dalam mengelola hidup terutama dalam kehidupan keuangan?

Sebagai mahasiswa, tentu kamu perlu mengelola keuangan kamu sehari-hari.

Begini Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa agar Sukses Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja]

 

Pernahkah kamu membayangkan ketika orangtuamu mengalami kesulitan untuk membantumu dalam melunasi uang kuliah di semester depan? Apa yang akan kamu lakukan jika ternyata kamu tidak memiliki tabungan karena tidak mengatur keuangan dengan baik?

Disinilah pentingnya kamu tetap harus belajar mengelola keuangan dengan baik karena banyak hal yang tidak kita ketahui tentang hari esok, sehingga kita perlu mempersiapkan keuangan kita dengan baik.

 

Tips Mengelola Keuangan Sebagai Seorang Mahasiswa

Berikut ini beberapa tips bagi kamu para mahasiswa dalam mengelola keuanganmu.

 

#1 Menabung

Dari kecil kita pasti sudah diajarkan untuk menabung oleh orangtua kita. Nasihat ini memang seringkali membosankan tetapi sangat berguna bagi masa depan kita. Selalu prioritaskan tabungan kita saat menerima uang, baik itu dari orangtua atau ketika sanak keluarga lain memberi uang jajan untuk kita. Tabungan yang kita prioritaskan akan sangat berguna bagi kita dikemudian hari.

Tabungan yang secara disiplin dan rutin kita lakukan dapat ditujukan untuk investasi kecil-kecilan seperti deposito atau tujuan lainnya yang ingin kamu capai. Misalnya, membeli laptop atau printer yang merupakan kebutuhanmu untuk memperlancar pembuatan tugas kuliahmu. Intinya,

tidak ada ruginya menabung dan tidak ada alasan apapun untuk tidak menabung.

 

#2 Tentukan Berbagai Sumber Pemasukan

Sebagai mahasiswa, biasanya orangtua ada yang masih memberikan support dari segi biaya kuliah dan jajan. Manfaatkan sumber pemasukan itu disamping kamu harus mulai belajar untuk melakukan usaha atau bekerja sampingan untuk membantu orangtua dalam pembiayaan kuliah atau sekadar menambah uang jajan sehingga orangtuamu bisa mengalokasikan dananya ke pos yang lain seperti menolong adikmu yang masih sekolah dan sebagainya.

Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak menyita waktu kuliah dan belajarmu. Ada banyak pekerjaan freelance dan part time yang dapat kamu cari via internet. Jika kamu mahasiswa yang cukup berprestasi, kamu bisa melamar untuk menjadi asisten dosen atau pegawai part time administrasi di kampusmu.

Setelah itu, catat seluruh penghasilanmu selama sebulan dengan terperinci!

 

#3 Tentukan Berbagai Jenis Pengeluaran

Setelah seluruh sumber pendapatan kamu catat, sekarang kamu harus mendaftarkan seluruh biaya yang harus kamu keluarkan dalam sebulan. Ha-hal yang wajib sebaiknya didahulukan seperti, membayar kos, pulsa telepon, uang transportasi, uang kuliah, uang makan sehari-hari, uang pembelian buku, fotocopy dan alat tulis. Datakan hal-hal yang memang menjadi kebutuhanmu sehari-hari.

Catat secara terperinci dan jangan terlewatkan.

 

#4 Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Berdasarkan poin 2 dan poin 3, yaitu mencatat secara terperinci seluruh sumber pemasukan dan jenis-jenis pengeluaran rutin bulanan, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana anggaran keuangan. Atur dengan baik agar tidak “besar pasak daripada tiang” alias terlalu besar di pengeluaran. Apabila pengeluaranmu lebih besar, lihat apakah ada yang bisa kamu pangkas atau ada pengeluaran yang sebenarnya bukan kebutuhan tetapi keinginan. Apabila masih belum cukup, tentu saja kamu harus menambah sumber pendapatanmu.

Jika rencana anggaran keuangan sudah dirancang dengan baik, patuhilah anggaran tersebut sedemikian rupa karena apabila tidak, anggaran keuangan itu hanya sekadar rencana dan tidak terealisasi. Jadikan rencana anggaran keuangan ini sebagai pedoman dalam pelaksanaan penggunaan uang sehari-hari. Laksanakan anggaran keuangan yang telah disusun dengan konsekuen dan disiplin.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam perencanaan keuanganmu, download ebook tentang Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an secara gratis dari Finansialku. Pasti sangat menolongmu!

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#5 Mencatat Segala Jenis Pengeluaran Sehari-hari

Dengan cara ini, kita bisa mengetahui kemana saja uang kita dibelanjakan dan tentu saja dapat mencocokkan dengan anggaran yang telah kita buat apakah sudah melebihi batas atau belum. Gunakan smartphone-mu untuk mengunduh aplikasi pencatatan keuangan pribadi. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku dengan cara mendaftarkan data di sini dan download aplikasi Finansialku di Google Play Store. Aplikasi ini akan sangat menolongmu.

 

#6 Buatlah Pos Dana Cadangan

Apa perbedaan tabungan dengan pos dana cadangan? Perbedaannya terletak pada fungsi dan tujuannya. Tabungan diperuntukkan untuk beberapa keperluan yang sudah ditetapkan sebelumnya seperti contoh di poin 1, kamu ingin membeli laptop atau printer dari uang tabungan tersebut.

Dana cadangan hanya untuk memenuhi, menutup atau meng-cover segala macam kebutuhan yang mendesak dan ternyata anggaran pengeluaranmu tidak mencukupinya. Misalnya ketika motormu rusak dan harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. Tentu kerusakan motor tidak selalu tidak bulan terjadi dan tidak tentu besar biaya yang harus dikeluarkan bukan?

Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa: Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua]

 

Inilah pentingnya dana cadangan supaya tidak mengganggu pos anggaran pengeluaran yang lainnya. Bagi kamu yang nanti berencana akan berkeluarga, dana cadangan ini biasanya akan disebut sebagai dana darurat dan ketika kamu sudah berkeluarga, besaran dana cadangan akan bertambah seiring bertambahnya jumlah anggota keluargamu. Mulailah atur pengelolaan keuanganmu dari sekarang dan selalu ingat untuk menyimpan dana cadangan di tempat yang aman seperti bank dan dapat ditarik dengan mudah sewaktu-waktu.

 

#7 Belajar Berinvestasi

Disamping menyelesaikan kuliahmu dengan baik, tentu kamu perlu belajar juga untuk menambah pundi-pundi di masa depan dengan cara investasi. Kamu bisa memulainya dengan risiko yang kecil seperti deposito atau reksa dana.

Sedikit informasi, tahukah kamu Warren Buffet orang terkaya ke -2 di dunia setelah Bill Gates pendiri Microsoft? (Kamu bisa cari tahu di Google). Warren Buffet memulai investasinya di usia yang ke-11 tahun dari hasil tabungannya yang tidak seberapa. Lalu, umur berapa kamu mau memulai investasi pertamamu? mulailah dengan cara mengelola keuangan.

 

#8 Mengatur Keinginan (Pengendalian Diri)

Ini memang hal yang cukup sulit karena musuh terbesar adalah diri kita sendiri. Ketika anggaran belanja sudah ditetapkan dan berkomitmen untuk konsekuen dengan anggaran, terkadang banyak godaan yang menghampiri seperti diajak teman ke café dan jajan hampir setiap hari yang bisa membuat anggaran pengeluaran bisa membengkak. Atau ketika berjalan-jalan di mall, kita tergoda untuk belanja barang-barang yang sebetulnya hanya keinginan belaka.

Kendalikan pikiran kita dengan fokus pada tujuan tabungan kita dan juga tujuan investasi yang akan kita lakukan. Patuhi secara disiplin anggaran belanja agar kita tidak mengikuti nafsu untuk membelanjakan uang kita tanpa memperhatikan anggaran yang sudah dibuat.

Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan Bisa Kok Ini Panduannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan? Bisa Kok Ini Panduannya!]

 

Mulai Dari Sekarang, Kapan Lagi?

Mulailah sejak dini mengelola keuangan dengan teratur dan patuhi anggaran belanja yang telah kamu atur. Kalau tidak dari sekarang, kapan lagi? Jadikan pengelolaan keuangan ini menjadi kebiasaan dalam hidupmu agar menjadi pribadi yang lebih teratur.

 

Apakah kamu memiliki kesulitan dalam pengelolaan keuangan bulananmu sebagai seorang mahasiswa? Berikan komentar dan tanggapanmu melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalanmu. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Miriam Caldwell. 26 Mei 2017. 10 Money Tips for Students Graduating From High School. Thebalance.com – https://goo.gl/DCQ1pT
  • Miriam Caldwell. 22 November 2016. Managing Your Money While in College. Thebalance.com – https://goo.gl/GVNZN1
  • Admin. 19 Maret 2017. 7 Rahasia Cara Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa. Idehidup.com – https://goo.gl/1n3mDF

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/N2itHH dan https://goo.gl/akjzcC

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana