Bagaimana cara menghemat uang saat pacaran? Hidup hemat berbeda dengan pelit. Hidup hemat berarti cerdas dalam mengatur pengeluaran dan tetap bisa menikmati hidup. Hal ini bisa kita mulai ketika kita sedang berpacaran.

Umumnya, pada saat berpacaran, kita selalu menunjukkan betapa mudahnya mengeluarkan uang untuk pasangan kita agar tidak disebut pelit. Hal ini sudah tidak zaman lagi lho ternyata.

Zaman sekarang, pasangan kita akan mulai melihat kita di dalam segala hal, termasuk di dalam cara mengatur keuangan kita. Hal ini akan sangat diperhatikan oleh pasangan kita sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan tingkat hubungan ke arah pernikahan.

Pasangan kita tentu menginginkan pasangan hidup yang dapat mengatur dirinya sendiri, terutama mengatur yang namanya keuangan.

Apa sih penghematan yang bisa Anda lakukan saat berpacaran? Berikut ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

7 Cara Menghemat Uang Saat Pacaran Bagi Pasangan Muda

Pacaran adalah saat-saat yang akan selalu dikenang untuk sepanjang masa.

Di saat pacaran, kita ingin memberikan yang terbaik bagi pasangan kita, baik dari segi perhatian maupun dari segi hal lainnya. Tetapi pada saat kita berpacaran ada kalanya keuangan kita belum semapan bagi para pasangan yang sudah berpenghasilan sendiri.

Hal inilah yang seringkali dipikirkan oleh para pasangan muda ketika berpacaran, maksud hati mau memberikan yang paling bagus bagi pasangan, tetapi isi dompet berkata lain.

Berikut ini cara menghemat uang saat pacaran bagi para pasangan muda:

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Buatlah Dinner Romantis Hasil Masakan Sendiri di Rumah

Memang pada umumnya kita selalu ingin mengadakan dinner romantis bersama pasangan di sebuah restoran mewah atau restoran yang mempunyai view yang sangat indah.

Hal tersebut tentu saja memang berkesan, tetapi apakah sesuai dengan isi dompet kita? Apalagi pada saat akhir bulan dimana kondisi keuangan mulai menunjukkan rapor merah.

Tidak ada salahnya jika kita mengundang pasangan kita untuk makan malam romantis di rumah dengan Anda, memasak makanan special hanya untuk dia.

Selain sangat menghemat keuangan Anda, tentu saja hal ini dapat menunjukkan segi romantisme Anda dan menunjukkan kepiawaian Anda mengolah makanan.

Tentu saja membuat pasangan Anda akan semakin jatuh cinta kepada Anda.

 

#2 Hindarilah Makan di Café/Restoran, Cobalah Warung Makan

Makan adalah hal wajib yang tidak dapat dihindari. Tentu hal ini juga berlaku pada saat pacaran.

Jika setiap kali kita pacaran, kita makan di cafe atau restoran, tentu saja akan menguras isi dompet. Apalah salahnya jika kita mencoba makan di Warung Makan pada saat pacaran.

7 Cara Menghemat Uang Saat Pacaran bagi Pasangan Muda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi]

 

Eits, jangan underestimate dulu ya dengan yang namanya Warung Makan, karena saat ini sudah banyak sekali Warung Makan dengan konsep unik dan memiliki makanan yang sangat enak, tidak kalah rasa dibandingkan café/restoran, dengan harga yang miring. 

 

#3 Patungan

Patungan? Mungkin hal ini terdengar tidak elit atau gengsi.

Tapi cara ini adalah cara yang cukup ampuh untuk menghemat uang pacaran dan menunjukkan rasa kebersamaan dan kemampuan untuk berpikir dewasa dengan pasangan.

Patungan adalah hal yang wajar untuk masa sekarang, bahkan para pasangan yang sudah berstatus suami istri juga menggunakan sistem ini dalam membayar sesuatu dan menunjukkan kita dapat mulai mengatur keuangan kita dalam hal kecil sekali pun.

 

#4 Think Outside The Box

Daripada melakukan rutinitas makan malam dan nonton bioskop, Anda dapat mencoba sesuatu yang tidak biasa dilakukan.

Anda dapat kencan dengan berolahraga bersama, atau pergi ke museum yang gratis dan murah, hiking dan kegiatan seru lainnya. Selain dapat menghemat biaya, Anda mendapatkan kedekatan yang lebih intim dengan pasangan.

Kencan ke tempat-tempat yang tidak umum akan semakin dapat menunjukkan kedekatan Anda kepada pasangan.

7 Cara Menghemat Uang Saat Pacaran bagi Pasangan Muda 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

 

Contohnya adalah hiking bersama. Anda akan semakin saling bahu membahu di dalam melewati rintangan-rintangan perjalanan yang cukup sulit. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pasangan Anda di setiap melewati rintangan-rintangan tersebut.

Hal ini tentu akan semakin menguatkan kualitas hubungan pacaran Anda.

Pasangan Anda akan semakin mengagumi Anda sebagai penolong dan setia menemani serta membantu Anda di dalam rintangan yang sulit ketika hiking.

 

#5 Manfaatkan Voucher Atau Promo Diskon

Pernah mengetahui voucher yang bisa dibeli dengan harga miring? Nah, manfaatkanlah promosi-promosi yang ada.

Di Indonesia sendiri voucher-voucher tersebut bisa dibeli secara online. Di website mereka, Anda bisa membeli voucher resto.

Penawaran yang ada biasanya sangat menarik. Misalnya, makan di cafe “X” senilai Rp300 ribu, Anda hanya membayar dengan voucher yang sebelumnya telah dibeli seharga Rp100 ribu. Tentu sangat menghemat biaya pacaran Anda bukan?  

 

#6 Pacaran Outdoor

Nonton film di Bioskop atau makan malam di sebuah resto sangat klise.

Coba sesuatu yang berbeda, yakni pacaran di tempat terbuka, seperti pacaran di taman dekat rumah. Duduk-duduk santai di alam terbuka.

Tentunya, kegiatan ini memberikan suasana berbeda dari biasanya. Anda juga bisa membawa makanan dari rumah, agar lebih irit.

7 Cara Menghemat Uang Saat Pacaran bagi Pasangan Muda 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia]

 

#7 Singkatkan Waktu Kencan

Pergi dari siang hingga malam, tentu akan mengeluarkan uang lebih. Pindah dari satu resto ke resto lainnya tentu membutuhkan biaya yang besar.

Untuk itu, “potong” waktu kencan Anda.

Anda dan pasangan bisa memulai kencan pada waktu malam hari, sekitar jam 7 malam. Lakukanlah satu kegiatan saja, seperti nonton atau sekedar ngopi di cafe. Dengan begitu pacaran akan lebih irit.

 

Menghemat Uang Untuk Merencanakan Pernikahan

Percaya tidak saat Anda menghemat uang, maka ada alokasi biaya yang bisa Anda gunakan untuk merencanakan pernikahan? Dana Anda alokasikan bisa digunakan untuk menabung untuk kebutuhan masa depan Anda.

Oleh sebab itu, gunakan uang Anda sebijak mungkin. Tunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda memiliki kepedulian dalam mengatur keuangan masa depan Anda kelak bersamanya.

Bagi para pasangan muda yang sedang merencanakan pernikahan, ayo rencanakan dana pernikahan Anda dengan aplikasi Finansialku.

 

Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Cara menghemat uang seperti apa yang biasa Anda lakukan saat pacaran?

 

Sumber Referensi:

  • Bibi Deitz. 2 Februari 2016. 7 Hacks for Saving Money on Dates. Bustle.com – https://goo.gl/cxvGM9

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menghemat Uang Saat Pacaran – https://goo.gl/ckdRVg dan https://goo.gl/cgAW5S
  • Cara Menghemat Uang – https://goo.gl/E7nCZc dan https://goo.gl/eRS4yX

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang