Kamu punya masalah dengan jerawat? Tidak perlu khawatir, kini ada beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Agar lebih jelas, yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kenali Terlebih Dahulu Jerawatmu

Memiliki wajah berjerawat menjadi keresahan setiap orang. Terutama wanita, yang selalu ingin terlihat cantik. Ketika muncul jerawat pasti akan menimbulkan stres dan bingung menghilangkan jerawat dengan cepat.

Kemunculan jerawat tidak hanya mengganggu, tetapi jerawat bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Tidak hanya wanita, banyak pula pria yang mengeluhkan kehadiran jerawat di mukanya.

Bagi wanita jerawat sekecil apapun menjadi masalah karena banyak jerawat yang meninggalkan noda di wajah.

Jerawat pada umumnya terjadi karena produksi minyak di wajah yang berlebihan, sel kulit mati, pori-pori tersumbat atau karena bakteri.

Jerawat muncul ketika minyak bercampur dengan sel kulit mati dan menyumbat pori-pori kulit. Bakteri pun ternyata bisa tumbuh pada campuran minyak dan sel kulit mati tersebut.

 

Penyebab Jerawat Muncul

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah penyebab jerawat itu muncul di wajah kamu.

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah dan Alami 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tahapan Skincare Routine, Perempuan Wajib Tahu!]

 

Berikut adalah beberapa penyebab yang umumnya terjadi:

  • Faktor keturunan.
  • Perawatan kulit yang salah.
  • Masa pubertas.
  • Adanya perubahan hormon.
  • Penggunaan kosmetik yang salah.
  • Efek penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Banyak pikiran atau stres.
  • Paparan debu dan polusi.
  • Malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka.

 

Tetapi kamu jangan panik, karena ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan.

Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cara ini juga dapat dilakukan di rumah dan kapanpun.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara Menghilangkan Jerawat

Ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara menghilangkannya:

 

#1 Es Batu

Es batu dipercaya mampu memberikan cooling pada area yang sedang berjerawat. Es batu juga mampu meminimalisasi pembuluh darah yang meradang sehingga efektif untuk mengempeskan jerawat dengan cepat.

Cara menggunakan es batu untuk muka yang berjerawat ini jangan langsung menempelkannya ke area kulit ya. Karena hal ini justru akan membuat kulit menjadi sensitif dan memerah karenanya.

Maka dari itu, lebih baik kamu bungkus terlebih dahulu es batu menggunakan handuk atau kain bersih sebelum di kompres ke area jerawat. Kompres secara rutin agar hasil maksimal.

 

#2 Tea Tree

Saat ini banyak skin care yang berbahan Tea Tree. Tea tree dipercaya sebagai salah satu bahan yang efektif dalam melawan jerawat karena kandungan anti bakteri di dalamnya mampu meredakan iritasi karena jerawat.

Ketika jerawat muncul, kamu bisa mencoba menggunakan produk yang mengandung tea tree sebagai bagian dari skin care kamu.

Tea Tree juga merupakan bahan alami yang minim dampak negatif bagi wajah. Maka dari itu, produk yang mengandung tea tree ini sangat direkomendasikan bisa dalam masker, lotion, ataupun face wash.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah dan Alami 03 Tea Tree - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Kosmetik Murah Tapi Enggak Murahan]

 

#3 Lidah Buaya (Aloe Vera)

Aloe vera gel pun masih menjadi pilihan setiap wanita karena bahan ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi kulit yang berjerawat.

Tekstur gel dari aloe vera ini dapat dengan cepat menyerap di kulit Selain itu, aloe vera gel ini bisa digunakan sebagai pelembap kulit berjerawatmu.

Bagi kamu yang memiliki tipe kombinasi atau berminyak, kamu tetap harus menggunakan pelembap ya, agar kulit wajah kamu tetap sehat.

Tidak hanya itu, aloe vera gel bisa dijadikan campuran toner untuk disemprotkan ke area wajah yang berjerawat. Langkah ini dapat dikatakan lebih praktis dan botolnya bisa kamu bawa kemana pun.

 

#4 Air Lemon

Kandungan asam yang terdapat dalam lemon mampu mengurangi minyak dan kemerahan di wajah, dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa mencoba menggunakan masker lemon dengan cara mencampurkan perasan air lemon dengan 2 sendok makan madu atau kamu bisa ganti madu dengan putih telur.

Oleskan masker ke seluruh bagian wajah diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#5 Mentimun

Banyak orang yang menggunakan mentimun untuk memberikan relaksasi pada mata dengan cara meletakkan irisan mentimun di mata.

Selain relaksasi, mentimun ini juga bisa digunakan untuk mengobati mata bengkak. Dengan begitu, mentimun bisa juga membantu mengurangi pembengkakan jerawat kamu.

Hal ini karena mentimun mampu mendinginkan kulit. Kamu bisa iris mentimun dan meletakkannya di area jerawat kamu.

 

#6 Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Aroma dari cuka apel ini sendiri sedikit menyengat, tapi jika kamu menggunakannya secara rutin maka jerawat akan hilang dengan cepat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah dan Alami 04 Cuka Apel - Finansialku

[Baca Juga: Hi Ladies! Sudah Tahu 5 Pusat Kosmetik Online yang Aman dan Hemat]

 

Cara menggunakannya, ambil 1-2 sendok cuka apel kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih. Setelah itu, diamkan selama 2-5 menit dan bilas dengan air bersih.

Cuka apel dapat kamu temukan di toko atau di online shop karena kini banyak yang menjual cuka apel, mengingat banyaknya peminat dan manfaat dari cuka apel ini.

 

#7 Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya, ambil 1 siung bawang putih, kemudian potong menjadi beberapa bagian.

Setelah itu oleh-oles pada jerawat atau bekas jerawat tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan. Kamu harus hati-hati ya karena akan sedikit perih ketika dioleskan pada jerawat.

Tapi hasilnya akan memuaskan, jerawat kamu akan cepat kering dan mengecil.

 

#8 Putih Telur

Putih telur dapat membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur, yaitu cukup dengan mengoleskan putih telur pada area berjerawat, tunggu selama 10 menit lalu bilas.

Putih telur ini mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit dan mengontrol minyak pada kulit kamu.

Bagi kamu yang ingin memberi kesan feel off, dimana masker yang sudah kering tinggal dikelupas, kamu bisa membasahi tisu dengan putih telur kemudian temple di wajah, setelah kering kelupas dan bilas dengan air hangat.

 

#9 Madu

Madu  memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan masalah kulit seperti luka bakar, menyembuhkan luka, dan menyembuhkan jerawat karena madu memiliki sifat antibiotik dan antiseptik sehingga dapat mengobati jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah dan Alami 05 Madu - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Tren Veneer Gigi Bisa Membuatmu Tambah Dilirik]

 

Untuk menyembuhkan jerawat kamu bisa menjadikan madu sebagai masker wajah. Caranya, oleskan madu menyeluruh di bagian wajah diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Cara lain kamu bisa mencampurkan madu dan perasan lemon sebagai masker, atau mencampurkan madu dengan gula putih sehingga bisa dijadikan scrub.

 

#10 Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami.

Caranya, ambil 1 buah tomat, kemudian potong menjadi dua bagian. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Gak Perlu Keluar Uang Banyak

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, mudah dan alami. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Dengan bahan-bahan tersebut, kamu bisa mengatasi jerawat dengan ampuh dan sehat bagi kulit. Selain itu, jika kamu rajin membersihkan wajah kamu pasti akan terhindar dari jerawat.

 

Apa pendapat kamu setelah membaca artikel di atas, cara mana yang sering kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat?

Berikan pendapatan kamu di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Februari 2019. 13 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam Waktu Singkat. Detikhealth.com – https://bit.ly/2VCs1zs
  • Alert Noya. 16 Mei 2017. Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami. Alodokter.com – https://bit.ly/2DagMHg

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menghilangkan Jerawat 01 – https://bit.ly/2G3bqy1
  • Cara Menghilangkan Jerawat 02 – https://bit.ly/2uVQpAl
  • Tea Tree – https://bit.ly/2X0Ht8A
  • Cuka Apel – https://bit.ly/2USOD1y
  • Madu – https://bit.ly/2WVfzLc