Bagaimana sih cara menjadi pengusaha sukses? Ternyata, ada rahasia yang perlu diketahui lho! Anda bisa sukses dengan mengikuti cara ini.

Ingin tahu apa saja rahasia yang sering diabaikan itu? Inilah ulasannya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Pengusaha Sebagai Cita-cita

Jika dulu cita-cita sebatas dokter dan guru, kini tak lagi. Banyak anak-anak maupun remaja yang mulai bermimpi menjadi seorang pengusaha. Ini didasari oleh banyak hal, satu diantaranya keberhasilan para pengusaha.

Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak pengusaha yang terkenal hingga luar negeri. Bahkan beberapa diantaranya masih berusia muda, seperti Nadiem Makarim.

 

Rahasia dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Pengusaha bukan lagi jadi mimpi yang sulit dicapai. Di masa modern seperti ini, begitu banyak ide usaha yang bisa diwujudkan.

Mulai dari jual beli barang sampai penyediaan jasa. Belajar dari para pengusaha sukses sebelumnya, Anda sebenarnya bisa melakukan beberapa hal berikut.

 

#1 Mengenali Diri Sendiri

Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus tahu passion dan kemampuan diri sendiri. Seberapa besar bakat Anda memulai usaha sendiri? Apa kelemahan yang dimiliki kalau menjalankan usaha?

Tiru 8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Berhasil 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Hal-hal semacam ini akan membantu Anda menemukan sifat pengusaha dasar. Ada baiknya, bentuk karakter tersebut sedini mungkin. Anda bisa mulai dari sikap proaktif dan penuh kreativitas.

Dengan begini, Anda akan menemukan ide usaha yang benar-benar baru.

 

#2 Belajar

Kunci kesuksesan sejati adalah belajar dari pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Sudah banyak contoh pengusaha sukses di dunia yang bisa dicontoh.

Lihat bagaimana cara mereka memulai dan menghadapi beragam rintangan. Dari sini, Anda bakal menemukan wawasan baru yang bakal berguna ke depannya, termasuk mengatasi rintangan.

 

#3 Tetapkan Tujuan

Jangan sampai Anda bingung di tengah jalan! Kebanyakan orang yang gagal tak menentukan tujuan mereka dari awal. Mereka sekedar memulai usaha tanpa menetapkan standar dan hasil yang dicapai.

Supaya Anda tak terjebak dengan karakter pribadi, pasanglah target yang tepat. Misalnya saja, Anda ingin membuka usaha kuliner yang menyasar pasar milenial.

 

#4 Berani Mengambil Resiko

Tak ada perjalanan yang mudah, begitu pula dengan usaha. Pasti ada serangkaian masalah yang harus dihadapi. Anda tak boleh mudah berputus asa, tetapi sebaliknya.

Tetap bangkit setelah mengalami 1 kegagalan. Apapun rintangan di depan mata, hadapi dan beranilah mengambil risiko. Pengusaha yang sukses seringkali memulainya dari nol, Anda pun bisa demikian.

 

#5 Evaluasi Pasar

Setelah menentukan jenis usaha yang akan dibuka, Anda harus melakukan uji pasar. Tujuannya untuk mengetahui respon pasar terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Apakah ada peluang bagus ke depannya atau tidak? Langkah ini efektif mengurangi kerugian besar di awal perjalanan. Uji pasar bakal membantu Anda mengevaluasi dan memperbaiki produk maupun jasa tersebut.

 

#6 Merekrut SDM Kompeten

Biar usaha Anda berjalan maksimal, rekrutlah beberapa tenaga kerja yang memang berkompeten. Anda bisa melakukan tes sebelum menerima 1-2 karyawan tetap di awal.

Tak perlu terlalu banyak, sesuaikan dengan jenis dan kapasitas usaha Anda. Sebaiknya kontrol pula pekerjaan mereka secara berkala, sehingga Anda tahu perkembangan usaha dalam periode tertentu.

 

#7 Investasi

Sangat penting menginvestasikan profit yang Anda dapat dari usaha. Meskipun profit menjadi hak Anda pribadi, namun bukan berarti dihamburkan begitu saja.

Anda bisa menggunakannya untuk memulai investasi lain, entah membuka usaha baru atau berinvestasi jenis lain. Secara tidak langsung, Anda tengah mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

 

Terapkan Cara Menjadi Pengusaha Sukses Sekarang Juga

Nah, beberapa tips di atas kerap dilakukan oleh para pengusaha sukses. Masih merasa Anda tak bisa sukses menjadi pengusaha?

Coba introspeksi kembali tujuan dan niat Anda sedari awal. Kalau orang lain saja bisa berhasil, harusnya Anda pun bisa.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menjadi pengusaha sukses dari nol sampai jadi pengusaha sukses? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wikihow. How to Become a Successful Young Entrepreneur. Wikihow.com – https://goo.gl/X6iPbw

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menjadi Pengusaha Sukses – https://goo.gl/R4i49u
  • Cara Menjadi Pengusaha Sukses Asia – https://goo.gl/upTf77