Mindset berpengaruh terhadap kesuksesan seorang pengusaha. Salah mindset akan mengakibatkan kesalahan dalam mengambil keputusan. Jika itu terjadi, tujuan pun akan ikut salah.

Jika ingin menjadi pengusaha sukses, Anda wajib memiliki mindset pengusaha. Mindset apa sajakah itu? Yuk, ketahui dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mindset Yang Mengantar Pengusaha Pada Kesuksesan

Menjadi seorang pengusaha lebih banyak tantangannya. Ini tidak semudah yang dikatakan motivator. Supaya bisa menaklukkan berbagai tantangan, Anda harus memiliki pola pikir alias mindset yang tepat.

Mindset bisa dijadikan ukuran kekuatan seorang pengusaha dalam memegang kendali bisnis yang dijalankannya. Pasalnya, kesuksesan ditentukan oleh 80% mental dan 20% keterampilan. Hal ini tentunya berhubungan dengan mindset.

Ada beberapa mindset yang harus dimiliki seorang pengusaha demi bisa meraih kesuksesan, yaitu:

 

#1 Berani Mengambil Risiko

Menjadi pengusaha itu penuh risiko. Tidak ada yang dapat menjamin Anda bisa mendapatkan uang secara stabil setiap bulannya. Bahkan, Anda bisa saja mengalami kerugian.

Untuk melatih keberanian dalam mengambil risiko, Anda harus melawan ketakutan dalam berwirausaha. Caranya, Anda mengambil langkah-langkah identifikasi risiko untuk mengetahui seberapa besar risikonya serta bagaimana cara menanggulanginya.

Tiru Mindset Pengusaha Ini, Dijamin Makin Sukses! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pengusaha vs Pedagang, Apa Bedanya?]

 

#2 Mencari Peluang Baru

Mindset yang satu ini wajib dimiliki seorang pengusaha. Dengan mencari peluang baru, Anda dapat menjaga roda bisnis Anda supaya tetap berjalan.

Banyak orang yang berhenti di satu titik saja ketika mendapatkan usahanya maju. Padahal, zaman terus berkembang. Keinginan konsumen pun berubah. Maka, Anda harus bisa melihat peluang-peluang baru. Ini sama seperti mencari inovasi.

Anda pun sebaiknya memiliki beberapa sumber income. Jangan hanya terpatok pada satu ‘kran’ bisnis saja.

 

#3 Action Oriented

Seorang pengusaha harus menghindari NATO (No Action, Talk Only). Anda harus fokus pada tindakan dan eksekusi. Ini semua merupakan proses. Jadi, jangan harapkan usaha Anda sempurna di awal. Yang penting, Anda melakukan sesuatu untuk bisnis Anda.

 

#4 Belajar Terus Menerus

Banyak pengusaha yang merasa cukup dengan ilmu yang sudah didapat. Hal ini menyebabkan tidak ada usaha untuk belajar lebih banyak lagi. Tanpa disadari, terkejar dengan yang lain dan kemudian tertinggal.

Maka dari itu, Anda harus terus belajar. Ingat apa kata Steve Jobs, stay hungry stay foolish.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#5 Memiliki Visi Jangka Panjang Yang Jelas

Anda wajib memiliki visi untuk usaha Anda ke depannya. Caranya, dengan membayangkan bagaimana masa depan yang Anda inginkan dan apa saja tindakan yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan begitu, Anda memiliki ‘jalur’ sehingga tidak akan melenceng.

Tiru Mindset Pengusaha Ini, Dijamin Makin Sukses! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Kata-Kata Bijak Bob Sadino yang ‘Mengena’ di Hati Para Pengusaha]

 

#6 Tidak Mudah Menyerah

Kesuksesan tak bisa diraih jika Anda gampang menyerah. Jika Anda belum memiliki mental sekuat itu, Anda dapat membaca biografi atau kisah sukses para pebisnis dunia. Jika Anda mengetahui usaha mereka mencapai kesuksesan, motivasi Anda akan semakin meningkat.

Anda bukan satu-satunya orang yang pernah gagal. Seperti pepatah Barat yang menyatakan “Fall down seven times, stand up eight”.

 

#7 Hargai Konsumen

Salah satu cara menghargai konsumen adalah dengan mendengarkan apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai dari produk Anda. Anda harus bisa menerima kritik.

Ketahui apa yang konsumen harapkan untuk diterapkan pada bisnis Anda. Cobalah memposisikan diri Anda di pihak konsumen agar bisa lebih mudah membayangkannya.

 

#8 Sesuaikan Dengan Passion

Pilihlah bidang yang sesuai dengan minat dan passion Anda. Tak sedikit pengusaha yang sukses bergelut di bidang yang menjadi passion mereka. Jika Anda memiliki passion, Anda akan lebih mudah tahan banting.

 

#9 Bersyukur

Bersyukurlah dengan proses yang telah Anda lalui dan hasil yang Anda dapat. Sesekali cobalah Anda lihat ke bawah. Banyak orang yang tidak seberuntung Anda.

Salah satu cara bersyukur adalah dengan memberi atau membantu lebih banyak pada orang sekitar. Bagaimanapun juga, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

Tiru Mindset Pengusaha Ini, Dijamin Makin Sukses! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dunia!]

 

Langkah Awal, Perbaiki Mindset

Memperbaiki mindset butuh waktu. Walaupun begitu, mulailah menata mindset pengusaha di benak Anda supaya bisa meraih kesuksesan. Anda dapat membaca berbagai jenis buku yang menunjang pola pikir Anda sebagai pengusaha.

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, membaca 50 buku dalam setahun.  

Selain itu, Anda pun dapat mengikuti seminar. Selain mendapatkan motivasi dan ilmu, Anda pun dapat membangun relasi baru.

Nah, sambil mengatur pola pikir Anda, jangan lupa juga membaca ebook Finansialku berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi. Anda dapat mengunduhnya secara gratis lewat link di bawah ini.

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Itu dia mindset yang perlu Anda tiru supaya bisa menjadi pengusaha sukses. Anda punya mindset lain? Yuk, share di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Ahmadi Amrun. 8 Maret 2020. 24 Mindset Entrepreneur Sukses Yang Harus Anda Miliki. Kampungwirausaha.com – https://bit.ly/2xkuJCb
  • Rico Huang. 3 Mei 2018. 5 Mindset Entrepreneur Dan Cara Membangunnya. Alona.co.id – https://bit.ly/3396SRI
  • Fazza Amny. 6 November 2017. “Mindset” Pengusaha Sukses dan Cara Membangunnya. Kompasiana – https://bit.ly/3cOmu1D
  • Admin. 15 Agustus 2016. 5 Jenis Mindset yang Wajib Dimiliki Calon Pengusaha. Okezone.com – https://bit.ly/2Q4b2VW

 

Sumber Gambar:

  • Pengusaha 1 – https://bit.ly/2vVhFD1
  • Pengusaha 2 – https://bit.ly/3aCwGZc
  • Pengusaha 3 – https://bit.ly/38K6YQV