Ternyata menghindari konsumsi makanan pedas adalah salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga lho. Mau tahu cara lainnya?

Simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mau Langsing Harus Olahraga?

Siapa sih yang nggak mau punya tubuh ideal? Memiliki tubuh yang ideal pastilah menjadi impian sebagian besar orang, terutama perempuan.

Bukan hanya dapat menunjang penampilan, memiliki tubuh ideal juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Karena itu, banyak hal yang biasanya dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satunya dengan menurunkan berat badan.

Selama ini, semua orang selalu mengajak saya berolahraga, alasannya agar tidak kelebihan berat badan dan bisa punya tubuh ideal. Padahal, kata siapa mau langsing harus dengan cara olahraga saja?

Ternyata Anda juga bisa loh menurunkan berat badan tanpa perlu berolahraga. Tapi bukan berarti olahraga itu tidak perlu ya, olahraga juga tentu sangat penting untuk kesehatan dan membantu menjaga berat badan Anda.

10+ Cara Menurunkan Berat Badan Mudah Tanpa Olahraga 02

[Baca Juga: Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?]

 

Namun olahraga SAJA tidak cukup, Anda perlu mendukungnya dengan berbagai cara lain agar bisa menurunkan berat badan secara efektif. Nah, penasaran kan cara apa yang dimaksud di sini?

Tanpa panjang lebar lagi, yuk segera cari tahu 10 cara menurunkan berat badan mudah tanpa olahraga berikut ini:

 

10+ Cara Menurunkan Berat Badan Mudah tanpa Olahraga

Jadi, apa saja sih cara menurunkan berat badan dengan mudah selain olahraga?

Perlu ditekankan sekali lagi para pembaca, di sini kami bukan mengungkapkan bahwa olahraga tidak perlu. Akan sangat baik hasilnya jika 10+ cara di bawah ini Anda lakukan berbarengan dengan berolahraga rutin.

Dengan demikian, Anda akan lebih cepat memperoleh berat badan ideal dan juga lebih mudah mempertahankannya.

Jadi, yuk langsung simak 10+ cara menurunkan berat badan dengan mudah selain olahraga berikut ini:

 

#1 Mengatur Menu Makanan

Tips pertama dalam menurunkan berat badan yaitu dengan mengatur menu makanan Anda dengan menu yang lebih teratur dan sehat.

Menu sehat yang dapat Anda terapkan diantaranya adalah mengonsumsi nasi berukuran kecil (100gram) dengan buah dan sayur, rajin mengonsumsi sayuran segar, mengganti makanan berkarbohidrat dengan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat, dan meminum jus buah, yogurt maupun infused water.

Mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan protein akan sangat membantu proses penurunan berat badan Anda. Selain itu, badan akan lebih sehat dan tetap bertenaga.

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengurangi kalori. Hormon ghrelin—hormon yang menstimulasi rasa kenyang—dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein.

Namun jika perlu, tetap konsumsi karbohidrat, namun dengan porsi yang lebih sedikit daripada biasanya.

 

#2 Mengeliminasi Makanan Berminyak dan Junk Food

Makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan dan junk food adalah musuh bagi kesehatan tubuh kita, karena cenderung menimbun racun dalam tubuh akibat radikal bebas dan minyak trans yang terkandung di dalamnya.

Kurangilah makanan berminyak dan junk food, dan ganti dengan makanan yang lebih sehat.

Mau Berat Badan Turun 10 kg Ikuti Dulu Cara Diet Sehat dan Alami Berikut Ini 21 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil? Segera Daftar BPJS Online Anda]

 

Misalnya, saat Anda butuh snack sehat di sela olahraga atau bekerja, konsumsilah buah seperti pisang yang cukup mengenyangkan namun tetap sehat.

Untuk makanan berat, ganti makanan berminyak dengan makanan yang dikukus atau dibakar, sehingga lebih sehat dan tentu akan membantu menurunkan berat badan.

 

#3 Mengonsumsi Banyak Air Putih

Tahukah Anda? Salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dalam satu minggu yaitu dengan mengonsumsi banyak air putih. Air putih sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah makan.

Hal ini bertujuan menekan rasa lapar, sehingga Anda tidak akan tergoda untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar. Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar.

Selain itu, meminum air putih tentu jauh lebih sehat daripada mengonsumsi minuman berkarbonasi, berkafein, atau minuman manis lainnya.

 

#4 Makan Lebih Sering Dengan Porsi Kecil

Jika umumnya Anda makan sehari 3 kali dengan porsi normal, kini Anda bisa mencoba tips menurunkan berat badan yakni dengan makan lebih sering misalnya sehari 5 kali, yaitu sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, dan makan malam.

Namun porsinya tentu disesuaikan dengan kebutuhan kalori Anda. Jadi, cukup makan dengan porsi yang cukup dan disarankan saja. Dengan begini, jeda antar makanan akan lebih sedikit dan Anda tidak akan merasa terlalu lapar.

 

Berikutnya >>