Bagi pemilik mobil, tentunya perawatan harus dilakukan untuk meminimalisasi kerusakan fisik dan mesin. Lalu, bagaimana cara merawat mobil yang mudah dan hemat?

Ingin merawat mobil dengan mudah? Yuk simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Merawat Mobil yang Harus Dipahami

Mobil adalah salah satu kendaraan pribadi yang tergolong cukup mahal. Dengan harganya yang mahal, tentunya Anda sebagai pemilik tidak mau mobil Anda rusak atau terjadi apa-apa. Untuk menghindari hal itu, Anda harus merawat mobil Anda dengan baik.

 

7 Cara Merawat Mobil Ini Bisa Menghemat Budget Service

Kendaraan apapun jika tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan kerusakan. Jika mobil telah mengalami kerusakan, maka biaya yang dikeluarkan tidaklah kecil. Berikut beberapa cara merawat mobil dengan baik.

 

#1 Ganti Oli Mobil secara Rutin

Ganti oli tepat waktu adalah hal yang sangat penting agar mobil mesin tidak mudah rusak dan tahan lebih lama. Lama atau tidaknya ketahanan kendaraan tergantung pada perawatan mesinnya. Oli pada mesin sebagai pembersih kotoran, pendingin, serta menghindari karat dalam mesin.

 

#2 Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Salah memilih bahan bakar untuk mobil dapat menurunkan performa kendaraan.

Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Hemat untuk Anda 02

[Baca Juga: Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia, Ada Karya Anak Bangsa Lho!]

 

Bahan bakar yang tepat adalah yang sesuai dengan nilai oktan, selain itu pilih bahan bakar yang memiliki teknologi. Karena guna dari bahan bakar tidak hanya membersihkan dan melindungi, melainkan mengoptimalkan mesin mobil itu sendiri.

 

#3 Rutin Membersihkan Mobil

Perawatan mobil tidak hanya terletak pada mesin saja. Untuk menghindari terjadinya karat, mobil harus dibersihkan secara rutin. Terutama jika kendaraan tersebut habis terkena hujan. Anda harus memastikan bahwa mobil benar-benar dalam keadaan bersih.

 

#4 Isi Air Radiator

Untuk menghindari panas pada mesin, pemberian cairan radiator overheat. Jangan biarkan radiator sampai kering atau kehabisan cairan.

Air radiator memiliki fungsi mendinginkan mesin kendaraan ketika sedang bekerja. Radiator yang bagus adalah yang memiliki senyawa kimia anti rust agar tempat radiator selalu dalam keadaan bersih.

 

#5 Tune Up secara Berkala

Perawatan mobil bisa dilakukan dengan memeriksa kondisi mobil pada ahlinya di dealer resmi yang berkualitas dan terpercaya. Agar berjalan secara optimal, mobil harus mendapatkan perawatan mekanik secara berkala.

Tidak harus selalu melakukan servis besar agar mobil awet, rutin melakukan servis ringan pada waktunya sudah cukup membuat kendaraan Anda lebih tahan lama.

 

#6 Selalu Cek Ban dan Kelengkapan Lainnya

Terkadang masalah pada mobil tidak hanya pada mesin dan bagian luar mobil saja.

Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Hemat untuk Anda 03

[Baca Juga: Kiat Sederhana Beli Motor Murah Berkualitas Tinggi Supaya Tidak Ditipu]

 

Merawat mobil juga perlu mengecek belt, kursi mobil, dan yang paling utama adalah ban serta rem mobil.

Ketika mengendarai dengan cara yang baik mobil pun lama-kelamaan dapat rusak.

 

#7 Selalu Panaskan Mobil

Mobil perlu dipanaskan  secara rutin saat digunakan maupun tidak. Hal ini perlu dilakukan agar pelumas tidak berhenti di satu tempat saja dan tempat lainnya dibiarkan kering.

Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Hemat untuk Anda 04

[Baca Juga: Lupa Password dan EFIN Pajak Saat Lapor SPT Online? Begini Solusinya!]

 

Maka dari itu, sebelum mobil digunakan mobil harus dipanaskan terlebih dahulu agar pelumas merata. Namun, jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama atau jarang, maka panaskan dengan waktu yang cukup lama.

 

Cara Merawat Mobil untuk Performa yang Optimal

Itulah beberapa cara merawat mobil agar Anda tidak hanya mengeluarkan biaya besar untuk membeli mobil tersebut.

 Agar biaya perawatan tidak terlalu besar, maka Anda sebagai pemilik harus rutin melakukan pengecekan, servis ringan, dll. Karena, jika sudah terjadi kerusakan pada mobil, biaya yang dikeluarkan lebih besar dan akan merugikan Anda sendiri.

 

Ketika membaca tips-tips di atas, apakah sebagian sudah Anda lakukan? Yuk berbagi artikel tentang tips ini pada sesama pemilik kendaraan roda empat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Mobil 01 – https://bit.ly/374Xqzm
  • Mobil 02 – https://bit.ly/2H8sxzs
  • Mobil 03 – https://bit.ly/2uvVxyo
  • Mobil 04 – https://bit.ly/3bodIXy