Apakah Anda tau cara mudah memilih asuransi rumah terbaik? Apakah Anda sudah pernah mengenal asuransi properti? Mungkin sebagian dari Anda masih jarang mendengar atau tidak memiliki asuransi properti.

Artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai asuransi rumah dan jenis perlindungan yang ditawarkan serta cara untuk memiliki asuransi rumah yang terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengapa Asuransi Rumah?

Tidak hanya terjadi pada kesehatan diri Anda, risiko juga dapat terjadi pada properti Anda, misalnya kebakaran, kebanjiran, kemalingan dan lain sebagainya.

Tentunya segala risiko ini akan membuat Anda rugi dari segi materi, dan jumlah dana yang harus dikeluarkan tidak sedikit.

Risiko ini dapat diminimalisasi dengan adanya asuransi properti. Kebanyakan asuransi properti akan melindungi rumah Anda dari bencana alam, ada yang menyeluruh ada yang sebagian.

Memilih Asuransi Rumah 02 Asuransi Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Asuransi Rumah Tinggal dan Bagaimana Cara Kerjanya?]

 

Sudah banyak pula perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan atas tempat tinggal Anda, misalnya Allianz Indonesia, AXA Mandiri, ACA (Asuransi Central Asia) dan lainnya.

 

Cara Mudah Memilih Asuransi Rumah Terbaik

Dengan adanya produk yang beragam, semakin banyak pilihan yang dapat Anda tentukan.

Untuk memiliki asuransi rumah yang tepat sebenarnya tidak sulit, hanya diperlukan ketelitian. Berikut adalah beberapa cara untuk memilih asuransi rumah yang terbaik.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Biaya dan Nilai Pertanggungan

Kedua hal ini merupakan faktor utama ketika ingin memilih produk asuransi.  Biaya di sini adalah premi yang perlu Anda bayar setiap bulannya serta uang yang harus dikeluarkan pada saat proses pengajuan klaim.

Sedangkan, nilai pertanggungan adalah ganti rugi yang diterima ketika melakukan klaim.

Biasanya, apabila premi rendah, nilai pertanggungan yang ditawarkan pun rendah. Walaupun premi rendah adalah hal yang menggiurkan, tetapi jangan hanya memilih sebuah produk asuransi semata karena jumlah premi.

Anda harus mempertimbangkan rasio penyelesaian klaim dengan premi yang ditawarkan.

 

Uang pertanggungan yang terlalu rendah hanya akan membebani finansial Anda, apalagi jika jumlah uang pertanggungan tidak dapat menutupi seluruh kerugian Anda.

Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih produk asuransi dan membandingkan premi, jumlah tanggungan dengan lamanya kontrak asuransi.

Memberikan pertanyaan kepada agen asuransi atau menghubungi langsung customer service perusahaan asuransi adalah hal yang harus dilakukan jika Anda kurang jelas.

Cara ini akan membantu untuk mendapatkan informasi yang komprehensif.

 

#2 Sesuaikan Polis dengan Kebutuhan

Sebelum memilih produk asuransi rumah mana yang sesuai, sebaiknya Anda mengetahui kebutuhan Anda.

Setiap produk asuransi dari masing-masing perusahaan asuransi memiliki polis dan perlindungan yang berbeda.

Misalnya, ada polis yang hanya memberikan kompensasi berupa uang tunai yang diberikan langsung satu kali atau dibagi menjadi dua kali.

Memilih Asuransi Rumah 03 Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Rumah]

 

Ada pula polis asuransi rumah yang memberikan perlindungan atas barang-barang (perabotan dan barang berharga) yang ada di dalam rumah dengan cara memperbaiki, renovasi atau merombak rumah tersebut.

Tentu karena perlindungan yang ditawarkan berbeda, premi bulanan yang dikenakan pun tidak sama.

Selain perbedaan di atas, ada pula produk asuransi yang membedakan perlindungan berdasarkan risiko yang ditanggung.

Ada yang menanggung risiko yang terjadi hanya karena kelalaian manusia, ada pula yang menanggung segala risiko termasuk dikarenakan bencana alam.

Karena masing-masing polis asuransi memiliki perlindungan yang berbeda, sebaiknya sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Kemudahan Proses Klaim

Jika memang risiko yang Anda hindari terjadi, tentu Anda ingin cepat menghindari kerugian besar dengan menggunakan asuransi rumah. Tetapi, sebelum Anda diberi ganti rugi, Anda harus melalui proses klaim.

Proses klaim pada umumnya dimulai dari melakukan klaim dengan mengisi formulir, kemudian menunggu konfirmasi apakah klaim Anda diterima, dan yang terakhir adalah proses ganti rugi.

Sulit atau mudah proses klaim memang tergantung pada data dan persiapan yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Hanya saja, jika Anda telah melengkapi keperluan tersebut, masih saja ada perusahaan asuransi yang menyusahkan pelanggan mereka.

Memilih Asuransi Rumah 04 Klaim Asuransi - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Rumah dan Bencana Banjir]

 

Untuk itu, sebelum memilih, sebaiknya Anda telah mengetahui dengan jelas proses klaim. Pilih perusahaan yang memiliki proses klaim sederhana dan cepat.

Selain itu, semakin banyak cara untuk melakukan proses klaim akan semakin baik, misalnya memiliki opsi klaim secara online atau by phone.

Lakukan perbandingan di antara beberapa pilihan. Pastikan bahwa jika risiko kesulitan terjadi, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pengurusan.

 

#4 Lakukan Perbandingan

Beberapa hal yang harus Anda bandingkan adalah premi, nilai pertanggungan, cakupan jaminan, kemudahan proses klaim dan beberapa hal lainnya.

Sebelum memutuskan, lakukan perbandingan tentang beberapa produk asuransi rumah dari perusahaan asuransi yang sama atau berbeda sehingga Anda dapat membuat keputusan terakhir yang terbaik.

Semakin banyak produk asuransi yang dapat Anda kumpulkan, semakin tinggi pula kemungkinan Anda mendapatkan produk asuransi yang terbaik.

Walaupun proses ini sedikit merepotkan, hal ini adalah tahapan yang esensial untuk mendapatkan produk asuransi yang terbaik.

Untuk menghemat waktu, Anda dapat mengumpulkan informasi secara online, kemudian membandingkan beberapa produk tersebut.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Hal Penting Mengenai Asuransi yang Perlu Diketahui

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika ingin membeli atau telah memiliki asuransi rumah.

Hal ini dapat berguna untuk memudahkan proses klaim dan memastikan bahwa pilihan Anda tepat. Berikut adalah beberapa poin penting:

  • Jujur dalam menyebutkan nilai rumah dan/atau barang yang ada di dalamnya.
  • Jangan menyembunyikan fakta yang berkaitan dengan rumah Anda, seperti kerusakan yang pernah ada sebelumnya dan pernah atau tidaknya rumah direnovasi.
  • Pastikan lokasi yang Anda beri di formulir aplikasi telah disebutkan dan benar
  • Simpan seluruh dokumen pendukung proses klaim (Sertifikat tanah, Perjanjian sewa menyewa, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), dll)
  • Simpan barang berharga seperti dokumen atau barang elektronik untuk keperluan asuransi

 

Lindungi Diri Anda dari Kerugian Besar

Melalui asuransi rumah, Anda akan terhindar dari kerugian materi yang cukup besar.

Walaupun memiliki asuransi bukan mengenai masalah untung rugi, tetapi dengan adanya asuransi, Anda akan lebih tenang menghadapi risiko yang mungkin terjadi.

 

Dengan selesai membaca artikel ini, Anda telah memiliki gambaran mengenai pentingnya asuransi rumah serta cara untuk memilih asuransi dengan tepat.

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan beri pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini serta bagikan artikel ini untuk teman atau keluarga Anda agar mereka terhindar dari kerugian akibat hal yang tidak diinginkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Langkah Mudah Memilih Asuransi Rumah Terbaik. Accelainfinia.com – https://goo.gl/HFX1jm
  • Admin. 2 Desember 2014. 4 Cara Memilih Asuransi Rumah Terbaik. Cekaja.com – https://goo.gl/Dtu59V
  • Anto Erawan. 27 Maret 2015. 4 Tips Memilih Asuransi Rumah. Rumah.com – https://goo.gl/7QMwRp

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Asuransi Rumah – https://goo.gl/s1eFRC
  • Asuransi Rumah – https://goo.gl/yBFX4p
  • Rumah – https://goo.gl/uL5mBc
  • Klaim Asuransi – https://goo.gl/Y8SLeV