Anda ingin membeli motor Honda CBR 150 impian Anda tapi gaji Anda masih berada di Upah Minimum Regional (UMR)?

Anda penggemar motor sport seperti Honda CBR 150? Ingin memiliki motor seperti ini namun gaji Anda hanya UMR? Sebenarnya, membeli motor sport dengan gaji UMR bukanlah hal yang mustahil selama Anda mengetahui caranya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Motor Sport

Setiap tahun, permintaan dan pembelian motor baru memang terus menerus mengalami peningkatan. Salah satu alasannya karena motor bisa menjadi solusi di tengah kemacetan.

Sebenarnya, bukan hanya motor biasa saja yang memiliki banyak peminat. Motor sport juga memiliki peminat yang cukup tinggi.

Meski Gaji UMR, Bisa Lho Beli Honda CBR 150, Gini Caranya! 02

[Baca Juga: Sebelum Kredit Kendaraan, Kenali Dulu Pajak Kendaraan Bermotor]

 

Sayangnya, harga yang mahal menjadikan tidak banyak orang yang berani untuk memiliki motor sport seperti Honda CBR.

Motor sport biasanya memang memiliki harga yang tidak murah. Meskipun sekarang juga sudah banyak alternatif motor sport dengan harga yang lebih murah.

Namun, jika dibandingkan dengan motor biasa, tentu saja harga motor sport masih tetap lebih mahal.

 

Cara Beli Motor Sport dengan Gaji UMR

Karena memiliki harga yang mahal, jika Anda ingin memiliki motor sport dengan gaji UMR, tentu saja Anda perlu berusaha dengan lebih keras dan juga lebih sabar.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli motor sport, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

 

#1 Pelajari Jenis Motor Sport di Pasar

Ada banyak motor sport yang bisa Anda temukan di pasaran. Biasanya, masing-masing merek memiliki keunggulannya sendiri. Utamanya dari kapasitas mesin yang dimiliki.

Semakin besar kapasitas mesin motor, maka akan semakin mahal juga harga motor tersebut.

Sebelum membeli motor sport, Anda perlu memahami berbagai pertimbangan. Mulai dari harga, spesifikasi mesin, performa mesin, serta cara perawatan.

Meski Gaji UMR, Bisa Lho Beli Honda CBR 150, Gini Caranya! 03

[Baca Juga: Sebelum Kredit Kendaraan, Kenali Dulu Pajak Kendaraan Bermotor]

 

Jangan lupakan juga berbagai biaya tambahan setelah Anda membeli motor. Seperti biaya bahan bakar, uang parkir, hingga biaya perawatan motor.

Karena, bisa jadi Anda bisa membeli motor sport dengan harga yang mahal, tapi setelah itu Anda justru kesulitan membayar biaya bahan bakarnya karena terlalu boros.

Jika terjadi seperti itu, akan sangat disayangkan kalau akhirnya motor yang Anda beli hanya menjadi pajangan di garasi Anda.

 

#2 Perhitungkan Keuangan Anda

Selanjutnya, perhitungkan keuangan Anda. Termasuk berbagai kebutuhan lain yang perlu Anda penuhi.

Buat laporan sederhana mengenai pemasukan dan pengeluaran Anda. Buat juga budget atau besaran uang yang akan Anda simpan untuk membeli motor sport tersebut.

Ada dua cara untuk membeli motor sport seperti Honda CBR, yaitu dengan cara cash/tunai atau dengan memanfaatkan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Sesuaikan kemampuan finansial Anda dengan opsi pembelian yang Anda pilih.

Untuk pembayaran secara tunai, secara umum memang lebih murah karena Anda tidak perlu membayar bunga kreditnya. Akan tetapi, Anda perlu menunggu beberapa lama untuk bisa membeli motor tersebut.

Sedangkan jika Anda memilih opsi pembelian secara kredit, Anda memang akan lebih leluasa dengan nominal yang kecil.

Namun, tetap saja Anda perlu menyiapkan sejumlah dana untuk pembayaran uang muka. Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya tambahan seperti bunga kredit.

Anda bisa memilih opsi pembayaran yang menurut Anda paling sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda merasa benar-benar membutuhkan motor tersebut, Anda bisa mengambil pembayaran cicilan sebagai opsi.

Akan tetapi, jika menurut Anda hal tersebut tidak terlalu mendesak, Anda bisa menunda pembelian motor Anda hingga dananya telah siap sehingga Anda bisa melakukan pembelian secara tunai.

 

#3 Investasi Dana yang Dikumpulkan

Jika Anda ingin membeli motor sport, akan lebih baik jika Anda mengumpulkan dana dalam bentuk investasi. Menyimpan dana dalam rekening biasa, tabungan, apalagi di bawah bantal atau kasur.

Dengan menyimpan dana pada investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bunga investasi sehingga beban pembelian Anda juga secara tidak langsung akan jadi lebih murah.

5 Cara Saya Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Kredit Kendaraan, Kenali Dulu Pajak Kendaraan Bermotor]

 

Beberapa tabungan biasa memang memiliki bunga tabungan. Akan tetapi, nilai bunga tabungan ini biasanya masih berada di bawah nilai inflasi. Sehingga, secara umum Anda tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Akan tetapi, meskipun menyimpan dalam bentuk investasi lebih menguntungkan, Anda juga harus memahami lebih dulu mengenai profil risiko Anda.

Termasuk juga produk investasi yang Anda pilih. Cari produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat memberikan Anda hasil yang optimal.

Perhatikan juga jangka waktu investasi yang akan Anda lakukan. Jangan memilih investasi yang jangka waktunya terlalu panjang.

Karena bisa jadi hal tersebut malah memberikan Anda hasil yang tidak optimal dan terpaksa harus menunda pembelian motor sport yang Anda inginkan.

Setelah menentukan produk investasi yang akan Anda beli, usahakan untuk konsisten mengisi rekening investasi Anda setiap bulannya. Semakin disiplin, akan semakin mudah bagi Anda mencapai nominal yang Anda harapkan.

 

#4 Manfaatkan Fitur Rencana Keuangan

Menentukan nilai investasi dan waktu investasi memang bukan hal yang mudah. Anda perlu menghitung beberapa hal dan mengkalkulasi beberapa kemungkinan.

Tapi, sebenarnya hal ini bisa jadi lebih mudah kalau Anda menggunakan Fitur Rencana Keuangan, bagian Dana Membeli Barang yang ada di aplikasi Finansialku yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store.

Fitur ini memungkinkan Anda mengetahui berbagai hal secara detail. Anda bisa mengetahui berapa lama dan berapa besaran biaya yang harus Anda investasikan setiap bulan agar bisa mencapai nominal yang Anda harapkan.

Misalnya saja, jika Anda ingin membeli Honda CBR 150, harga barunya adalah sekitar 25,5 juta rupiah. Atau Anda juga bisa memilih membeli motor Honda CBR 150 bekas dengan harga yang lebih murah.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, pastikan Anda telah melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Selanjutnya, harga Honda CBR ini bisa Anda input di bagian Dana Membeli Barang. Kemudian, masukkan juga target waktu pembelian yang Anda harapkan, kemungkinan inflasi, dan berbagai data-data pendukung lainnya.

Meski Gaji UMR, Bisa Lho Beli Honda CBR 150, Gini Caranya! 04

[Baca Juga: Sebelum Kredit Kendaraan, Kenali Dulu Pajak Kendaraan Bermotor]

 

Setelah seluruh data terisi, Anda bisa klik Hitung kemudian dalam beberapa saat Anda akan mengetahui berapa nominal yang perlu Anda investasikan agar bisa membeli motor sport sesuai dengan keinginan dan waktu yang Anda targetkan.

Selain itu, fitur Rencana Keuangan ini juga membantu Anda mengetahui kemajuan dari tabungan atau investasi Anda.

Nah, itulah cara beli Honda CBR 150 meskipun Anda memiliki gaji UMR. Yang terpenting adalah bagaimana Anda konsisten dalam berinvestasi secara disiplin.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan motor yang akan Anda beli dengan kondisi keuangan Anda.

 

Jika Anda memiliki tips lain selain yang disebutkan, Anda bisa berbagi tips tersebut dengan pembaca lainnya, yaitu dengan menuliskan tips Anda di kolom komentar.

Selain itu, jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada kerabat, keluarga, dan kenalan Anda lainnya.

 

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku! Finansialku.com tidak pernah memungut biaya atau pun menjanjikan produk apa pun di luar aplikasi dan official media kami.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Harga Honda CBR150R baru dan bekas September 2019 di Indonesia. Id.priceprice.com – http://bit.ly/2lEz1z0
  • Ahmad Muzaki. 20 September 2019. 6 Harga Honda CBR150R Terbaru Cash dan Kredit Semua Varian September 2019. Otosia.com – http://bit.ly/2lvO0uS
  • Admin. Honda All New CBR 150R. Hondacengkareng.com – http://bit.ly/2mh3m6R

 

Sumber Gambar:

  • Motor CBR 150 1 – http://bit.ly/2nl9gUV
  • Motor CBR 150 2 – http://bit.ly/2nlsidE
  • Motor CBR 150 3 – http://bit.ly/2ms6q00
  • Motor CBR 150 4 – http://bit.ly/2muxV9f
  • Motor CBR 150 5 – http://bit.ly/2nqBWeX

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang