Cerita inspiratif bisa menjadi bahan refleksi diri agar lebih memaknai hidup. Biasanya, cerita ini berisi nilai moral, prestasi, dan pesan-pesan positif lainnya sebagai motivasi pembaca.

Silakan simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Membaca kisah inspiratif bisa memberikan beragam manfaat positif untuk diri sendiri. Seperti menumbuhkan semangat dan motivasi.
  • Ada beragam cerita yang penuh pesan moral dan bisa kita maknai sebagai pembelajaran dalam hidup.

 

Memotivasi Diri dengan Cerita Inspiratif

Perjalanan hidup tentu saja bisa kita tuangkan dalam cerita. Di dunia ini, ada beberapa orang yang memiliki kisah menarik sehingga diadaptasi ke dalam cerita inspiratif.

Anda  bisa membaca cerita inspiratif mereka sebagai salah satu bahan motivasi.

Dari sana, Anda dapat melihat bagaimana seseorang bisa sukses dalam hidup, melewati tiap proses, sampai mengidentifikasi beberapa kata kunci tentang perjalanan tersebut.

Motivasi dari cerita inspiratif akan membuat seseorang kembali semangat mencapai mimpinya. Harapannya, pikiran yang galau akan membaik dengan cerita-cerita tersebut.

Kali ini, Finansialku akan mengulas beberapa cerita inspiratif untuk Anda. Semoga Anda bisa mengambil hikmah dari cerita ini, ya!

 

Cerita Inspiratif Penuh Makna

Cerita inspiratif biasanya mengangkat kisah tentang kehidupan sehari-hari. Meski tampak sederhana, ada makna yang membuat seseorang bersyukur telah menjalankan hidupnya.

Berikut adalah beberapa cerita inspiratif yang dapat Anda jadikan salah satu bahan motivasi dan refleksi:

 

#1 Cerita di Balik Merek KFC

Cerita inspiratif pertama datang dari Kolonel Sanders, penemu resep ayam goreng KFC. Jika saja dia menyerah saat itu, hari ini kita tidak akan menemukan restoran tersebut.

Tahun 1955, Kolonel Sander yang telah lanjut usia dan menjadi purnawirawan tentara, merasa tidak cukup dengan uang pensiunan. Dia butuh penghasilan tambahan agar bisa hidup layak.

Dia pun mulai berpikir untuk menjual sesuatu tanpa modal. Saat itu, yang dia punya adalah resep ayam goreng.

Kolonel Sanders menawarkan resepnya ke restoran, di mana 1.009 di antaranya menolak. Mereka beralasan jika semua orang bisa membuat ayam goreng sehingga tidak perlu membeli.

Kemudian, ada satu restoran yang memberinya kesempatan. Ayam gorengnya pun terkenal sampai sekarang.

Cerita inspiratif Kolonel Sanders mengajarkan kepada kita agar selalu berani melawan ketidakmungkinan. Di usia senjanya, dia tetap bertekad memperbaiki kualitas hidup dengan mencari peluang bisnis.

Yuk, tonton juga fakta tentang pendiri KFC dalam video ini.

 

 

#2 Seorang Ibu dan Anak Rusa

Cerita berikutnya mengisahkan tentang seorang ibu dan hati baiknya. Suatu hari, dia tengah mengurus rumah seperti biasa, sedangkan anaknya yang masih kecil bermain di halaman.

Di halaman, anaknya didekati rusa dan memasukkan tanduknya ke baju si anak. Karena ketakutan, anaknya berteriak sehingga ibunya keluar. Sayang, rusa sudah membawa anaknya ke tengah hutan.

Sang ibu mengejar sampai ke tengah hutan. Anehnya, dia menemukan anaknya sendirian sambil bermain. Dia pun pulang ke rumah yang ternyata tertimpa pohon.

Dia teringat kejadian lampau di mana menyelamatkan anak rusa dari pemburu. Dan sekarang dia tahu, rusa barusan telah membalas budi dengan menghindarkannya dari pohon yang roboh menimpa rumah.

Dari cerita ini kita bisa belajar bahwa setiap hal yang kita lakukan akan berbalik, termasuk kebaikan. Agar lebih banyak hal baik yang datang, sebaiknya kita rutin menebar kebaikan.

 

#3 Belalang di Dalam Kotak

Kisah inspiratif selanjutnya datang dari personifikasi belalang di dalam kotak. Di mana, setelah sekian lama akhirnya dia bisa keluar. Setelah bebas dari kotak, dia mulai melompat senang.

Tiba-tiba, dia bertemu kawanan belalang dengan anggota seusianya. Dia heran mengapa mereka bisa melompat lebih tinggi sehingga bertanya rahasianya. Salah satu belalang menjawab,

“Belalang seusia kita memang seharusnya bisa melakukan ini. Ke mana saja kamu?”

Dia pun sadar selama ini tidak sungguh-sungguh ingin keluar dari kotak.

Kisah inspiratif ini mengajarkan kita agar tetap fokus dengan tujuan dan tidak membuang waktu. Tidak ada gunanya menunda-nunda dan mendengar gunjingan orang lain.

 

#4 Pria dan Kupu-kupu

Berikutnya ada cerita inspiratif dari seorang pria yang penasaran dengan metamorfosis kupu-kupu. Dia pun membawa pulang satu kepompong dari hutan untuk diamati.

Saat tiba waktunya menetas, dia melihat kupu-kupu muda kesulitan keluar dari kulit kepompong karena celah yang sempit.

Dia pun melebarkannya agar kupu-kupu bisa keluar. Masalah baru muncul, kupu-kupu tersebut tidak bisa mengepakkan sayap.

Tanpa dia tahu, proses kupu-kupu keluar dari celah kecil merupakan cara Tuhan menguatkan kupu-kupu. Proses itu membuat sirkulasi dari tubuh dialirkan ke sayap barunya.

Dari cerita inspiratif ini, kita bisa mengambil pelajaran bahwa setiap masalah yang terjadi sebaiknya diselesaikan sendiri. Sebab, hal tersebut akan menguatkan Anda di masa depan.

[Baca Juga: 14 Cerita Anak Sebelum Tidur Penuh Pesan Moral Buat si Kecil]

 

#5 Cendekiawan dan Leluconnya

Cerita inspiratif ini menceritakan cendekiawan yang selalu menjadi tempat mengeluh warga desa.

Karena jenuh dengan keluhan yang datang, dia pun mengumpulkan warga dan melontarkan lelucon.

Di hari pertama dan kedua, leluconnya berhasil. Tapi, di hari ketiga, warga sudah tidak tertawa. Bahkan seseorang mengatakan bosan dengan lelucon tersebut.

Cendekiawan pun menyahut,

“Jika satu lelucon yang diulang-ulang saja kalian bisa bosan, bagaimana bisa satu masalah membuat kalian mengeluh tiap hari?”

Dari cerita inspiratif tersebut, kita bisa melihat bahwa kebanyakan orang terlalu fokus dengan masalah, bukan jalan keluarnya.

Padahal, masalah akan selesai jika seseorang bertindak. Inilah yang membuat seseorang tidak mengalami kemajuan.

 

#6 Anak yang Temperamen

Selanjutnya, cerita inspiratif datang dari anak temperamen yang kerap meluapkan amarah ke orang di sekitarnya.

Lantas, ayahnya memberikan paku dan palu. Saat dia sedang marah, dia harus menancapkan paku ke pagar.

Di hari pertama, dia menancapkan 37 paku. Tapi jumlah itu berkurang seiring waktu. Saat paku habis, dia kembali ke ayahnya.

Ayahnya meminta mencabut semua paku di pagar. Setelah selesai, dia pun kembali lagi ke ayahnya. Ayahnya mengajak anaknya yang temperamental melihat pagar, lalu berkata,

“Kamu berhasil menguasai emosimu, Nak. Tapi, lihat, bukankah lubang paku di kayu masih ada?”

Anaknya mengangguk. Sang ayah melanjutkan,

“Paku itu amarahmu dan lubang inilah bekasnya. Walaupun kamu meminta maaf, bekas ini susah hilang, Nak.”

Dari cerita inspiratif ini kita bisa belajar bahwa ucapan kita berpengaruh terhadap mental orang lain, terlebih ucapan saat marah.

Meskipun pada akhirnya saling bermaafan, lubang luka masih tetap ada di hatinya.

 

#7 Kereta

Selanjutnya, ada kisah dari seorang ayah dan anaknya yang berusia 24 tahun di kereta. Sang anak yang telah dewasa sangat riang melihat pepohonan dan awan di angkasa.

Beberapa kali dia berseru tentang hal-hal yang mereka lewati, pasangan muda di belakang keduanya menyeletuk,

“Pak, kenapa Anda tidak membawa anak anada ke dokter terbaik?”

Sang ayah pun tersenyum dan menjawab,

“Saya sudah melakukannya. Kami baru pulang dari rumah sakit dan ini adalah hari pertama dia bisa melihat setelah buta dari lahir.”

Cerita inspiratif ini mengajarkan kita untuk mengerem komentar terhadap kehidupan orang. Sebab, apa yang kita lihat belum tentu benar. Tere Liye pernah membuat kutipan,

“Apa pun yang terlihat boleh jadi tidak seperti yang kita lihat. Apa pun yang hilang tidak selalu lenyap seperti yang kita duga.”

 

#8 Melihat Masalah dengan Perspektif Lain

Cerita inspiratif berikutnya datang dari kisah seorang pria dan keledai favoritnya. Naas, keledainya jatuh ke lubang sehingga dia tidak bisa menariknya.

Karena sedih, dia pun memutuskan mengubur keledainya hidup-hidup. Dia memasukkan tanah. Tapi, keledai mengibaskan tanah di tubuhnya.

Pria itu terus menimpa keledai dengan tanah. Keledai yang pada dasarnya sehat terus mengibas tanah agar tidak tenggelam. Hasilnya, justru lubang makin dangkal sehingga dia bisa keluar.

Kisah keledai dalam cerita inspiratif ini mengajarkan kita untuk melihat masalah dari sisi lain, pintar melihat kesempatan, dan tidak menyerah. Keledai bisa saja terkubur jika pasrah ditimpa tanah.

[Baca Juga: Inspiratif! 7 Kisah Pengusaha Wanita Indonesia yang Sukses Bangun Usaha dari Nol]

 

#9 Jalan Menuju Kesuksesan

Selanjutnya, mengisahkan tentang seorang murid yang ingin sukses. Dia pun bertanya kepada gurunya tentang jalan menuju sukses.

Gurunya menunjuk jalan di depan sekolah. Sang murid pun berlari ke sana dan hanya menemui jalan buntu karena ada tembok yang memblokirnya.

Dia pun kembali ke gurunya dan bertanya hal yang sama. Tapi, gurunya tetap menunjuk ke arah yang sama. Dia kembali berlari dan menemukan tembok yang sama.

Sang murid pun marah dan menemui lagi gurunya. Dia marah karena hanya menemukan tembok, padahal telah menaati petunjuk guru. Gurunya pun membalas,

“Itulah jalan menuju sukses. Siapa bilang tembok adalah tujuan akhir?

Cerita inspiratif ini menunjukkan bahwa kita perlu berusaha lebih untuk berhasil. Kita harus menemukan pemikiran berbeda dan keberanian untuk menjemput kesuksesan.

cerita inspiratif

Ilustrasi seseorang sedang membaca cerita. Sumber: Pexels/John Diez

 

#10 Emas dan Tanah

Cerita inspiratif terakhir datang dari cerita emas dan tanah. Di mana, emas selalu merasa mulia, mahal, berkilau, dan simbol kemewahan. Dia mengejek tanah sebagai zat yang kusam dan jelek. Tanah pun membalas emas,

“Iya, kamu memang berkilau. Tapi, apakah kamu bisa menumbuhkan buah, bunga, pohon, dan menyediakan tempat untuk manusia membangun rumah?”

Emas pun terbelalak, kemudian diam. Cerita ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Membandingkan tiap pribadi bukan hal yang adil karena tiap manusia memiliki fokus, tujuan, dan kemampuan berbeda.

 

#11 The Elephant Rope

Suatu hari, seorang wisatawan melihat sekelompok gajah yang sangat besar. Dia terkejut ketika dia menyadari bahwa gajah-gajah itu hanya diikat dengan tali tipis di sekitar kaki mereka.

Tidak ada rantai yang kuat, tidak ada kandang besi. Gajah-gajah itu dapat pergi kapan saja yang mereka inginkan.

Tertarik, wisatawan itu bertanya kepada penjaga gajah mengapa gajah-gajah itu tidak melarikan diri.

Sang penjaga menjawab, “Ketika mereka masih muda dan jauh lebih kecil, kami menggunakan tali yang sama untuk mengikat mereka. Pada usia itu, itu cukup untuk menahan mereka. Saat mereka tumbuh lebih besar, itu cukup untuk mempertahankan mereka. Mereka percaya tali tidak mampu menahan mereka. Sehingga mereka tidak mencoba bahkan ketika mereka memiliki kekuatan untuk melakukannya.”

Cerita ini mengilustrasikan bagaimana kita sering kali terbelenggu oleh batasan-batasan yang sebenarnya ada di pikiran kita.

Meskipun kita mampu melakukan lebih banyak, kita mungkin tidak mencobanya karena kita telah diberitahu atau diyakinkan bahwa kita tidak mampu.

Cerita ini mengingatkan kita untuk tidak terperangkap dalam batasan yang hanya ada dalam pikiran kita sendiri.

 

#12 The Three Question

Suatu hari, seorang pemuda yang ambisius mencari jawaban atas tiga pertanyaan:

  • Kapan yang tepat untuk melakukan sesuatu?
  • Siapa yang penting?
  • Dan yang utama dari semuanya, apa yang seharusnya dilakukan?

 

Untuk mencari jawabannya, dia mencari saran dari orang-orang bijak di sekitarnya.

Dia bertemu dengan banyak orang yang memberinya berbagai jawaban yang berbeda.

Namun, ketika dia bertemu dengan seorang raja bijak, raja itu menjelaskan bahwa jawaban dari ketiga pertanyaan itu sebenarnya sangat sederhana.

Raja tersebut menjelaskan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan apa pun yang perlu dilakukan.

Orang yang paling penting adalah orang yang berada di depan Anda, karena di saat itu mereka adalah yang terpenting. Dan yang utama dari semuanya adalah melakukan yang terbaik yang Anda bisa saat ini.

Pemuda itu kemudian menyadari bahwa fokus seharusnya bukanlah tentang mencari jawaban di tempat lain, tetapi tentang kehadiran dan tindakan dalam saat ini.

Dia belajar untuk hidup dengan penuh perhatian terhadap orang-orang di sekitarnya dan melakukan yang terbaik yang dia bisa setiap saat.

Cerita ini mengajarkan kita pentingnya hidup dalam momen sekarang, mengutamakan hubungan dan kebaikan, serta melakukan yang terbaik yang kita bisa tanpa terlalu banyak memikirkan masa lalu atau masa depan.

 

#13 Si Gadis Buta

Di sebuah desa kecil, hiduplah seorang gadis buta. Dia merasa sangat malu karena kekurangan ini. Orang-orang di desa itu merasa kasihan padanya, tetapi mereka juga sering mengabaikannya.

Suatu hari, seorang lelaki muda yang kaya dan tampan datang ke desa itu. Dia bertemu dengan gadis buta itu dan jatuh cinta padanya.

Mereka mulai berkencan, dan lelaki itu merawat gadis itu dengan penuh kasih sayang. Dia sering membawanya ke taman dan membacakan buku-buku padanya.

Gadis itu merasa bahagia karena akhirnya ada seseorang yang mencintainya apa adanya. Dia mulai merasakan kebahagiaan yang belum pernah dia rasakan sebelumnya.

Pada suatu malam, lelaki itu memberinya sepasang mata yang baru. Ketika gadis itu membuka matanya, dia menemukan dirinya bisa melihat.

Dia menangis bahagia sambil memeluk lelaki itu.

Namun, lelaki itu dengan lembut memberitahunya bahwa dia sebenarnya tidak buta, dan dia telah memalsukan kebutaan itu untuk melihat sejauh mana orang-orang akan pergi dalam memberikan cinta dan perhatian kepada seseorang yang kurang beruntung.

Cerita ini mengajarkan kepada kita tentang kekuatan kasih sayang tanpa syarat dan pentingnya melihat di luar kekurangan fisik seseorang. Ini juga mengingatkan kita bahwa kebaikan sejati datang dari hati yang tulus dan bukan dari penampilan fisik semata.

 

#14 Cerita Bintang Laut

Setiap pagi, seorang pemuda pergi berjalan-jalan di pantai. Suatu hari, dia melihat seorang pria tua yang sedang membungkuk dan melempar sesuatu ke laut jauh di kejauhan.

Ketika dia mendekat, dia menyadari bahwa pria itu sedang memungut bintang laut yang terdampar dan melemparkannya kembali ke laut.

Pemuda itu bertanya kepada pria tua itu,

“Mengapa Anda melakukannya? Ada begitu banyak bintang laut di sepanjang pantai ini. Apa bedanya? Anda tidak dapat menyelamatkan semuanya.”

Pria tua itu tersenyum, lalu dia memungut sebuah bintang laut lagi dan melemparkannya kembali ke laut. Dia berkata, “Tapi saya dapat menyelamatkan yang satu ini.”

Cerita ini mengajarkan kita pentingnya melakukan sesuatu meskipun kita mungkin merasa bahwa tindakan kita tidak akan memiliki dampak besar.

Itu mengingatkan kita bahwa setiap tindakan kebaikan, sekecil apapun, dapat membuat perbedaan bagi seseorang di dunia ini. Dalam keramaian kehidupan sehari-hari, satu tindakan kebaikan dapat mengubah hidup seseorang.

 

#15  Dua Serigala

Seorang kakek sedang duduk di depan api unggun dengan cucunya. Dia mengajari cucunya tentang pertempuran yang terjadi di dalam diri setiap orang.

Dia berkata, “Di dalam diri kita ada pertempuran antara dua serigala. Serigala pertama mewakili kejahatan – amarah, kecemburuan, keserakahan, kesombongan, penyesalan, kesedihan, ketakutan, dan kebencian. Serigala kedua mewakili kebaikan – kegembiraan, kedamaian, cinta, harapan, ketenangan, kerendahan hati, kedermawanan, dan kebenaran.”

Cucunya berpikir sejenak, lalu bertanya kepada kakeknya, “Lalu, serigala mana yang menang?”

Kakek itu tersenyum dan menjawab, “Yang kamu beri makan.”

Cerita ini mengilustrasikan pentingnya memilih untuk memberi perhatian pada hal-hal yang baik dalam diri kita.

Meskipun setiap orang memiliki potensi untuk kebaikan dan keburukan, akhirnya pilihan kita yang menentukan arah hidup kita.

Ini mengajarkan kita bahwa kita memiliki kendali penuh atas keputusan dan tindakan kita, dan bahwa kebaikan harus diberdayakan dan diperkuat agar menjadi dominan dalam hidup kita.

 

Hargai Hidup dan Kerja

Cerita inspiratif bisa kita jadikan bahan refleksi dan motivasi. Sesekali, Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca cerita-cerita ini.

Tujuannya untuk menemukan kembali semangat yang hilang, apalagi Anda bisa dengan mudah mencari cerita-cerita tersebut dengan smartphone.

Selain untuk membaca cerita, kini Anda juga bisa menghitung anggaran keuangan dengan mudah di smartphone melalui Kalkulator Finansialku.

Dengan menyusun anggaran keuangan, akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan dan membuat rencana keuangan secara lebih detail.

Dan jika Anda mendapati kendala saat merencanakan keuangan, tak usah bingung karena Anda bisa langsung berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku untuk dapatkan solusinya.

Segera buat janji temu dengan hubungi nomor WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner ini untuk info lengkapnya!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian ulasan tentang cerita inspiratif. Yuk share ke teman-temanmu biar ikutan termotivasi! Terima kasih!

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Iqbal Widiarko. 17 Mei 2022. 7 Cerita Inspiratif Singkat, Jadi Motivasi Hidup. celebrities.id – https://bit.ly/3P97kaG
  • Ricky Atthariq. Januari 2022. 6 Kisah Inspiratif Singkat Yang Bisa Membuat Semangat. Gramedia.com – https://bit.ly/3VVDeK4
  • Silvia Estefina Subitmele. 14 Oktober 2022. 9 Contoh Cerita Inspiratif, Mengandung Pesan Moral Tentang Kehidupan. Hot.liputan6.com – https://bit.ly/3BjWKIm