Cerita rakyat pendek memiliki banyak pesan moral yang bermanfaat untuk kehidupan. Apa yang bisa dipelajari dari cerita rakyat pendek Indonesia?

Bagi Anda yang memiliki anak, menyampaikan cerita rakyat pendek dapat menjadi sarana pengajaran yang menyenangkan dan mudah diterima oleh anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cerita Rakyat Pendek

Masa kanak-kanak adalah masa emas dimana berbagai nilai yang ditanamkan bisa melekat hingga anak menjadi dewasa.

Namun, bagaimana cara menyampaikan pesan moral dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak?

Ada banyak cara mengenalkan nilai moral pada anak, salah satu caranya adalah dengan mengisahkan cerita rakyat pendek kepada anak.

Waktu menjelang tidur atau waktu-waktu quality time bersama keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berkisah kepada anak.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Cerita rakyat pendek juga dapat membantu anak mengembangkan imajinasi, karena sebagian besar cerita rakyat Indonesia memiliki genre cerita fantasi.

Di samping itu, menceritakan kisah rakyat kepada anak secara langsung merupakan kegiatan meneruskan tradisi dari generasi ke generasi.

Nah, bagi Anda yang sudah menjadi orang tua dan bingung mau menceritakan cerita rakyat yang mana kepada anak Anda, berikut ini adalah beberapa rekomendasi cerita anak yang bisa Anda pilih.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Sangkuriang atau Legenda Tangkuban Perahu

Cerita Legenda Tangkuban Perahu atau yang lebih dikenal sebagai cerita Sangkuriang adalah salah satu cerita rakyat populer yang bisa Anda ceritakan pada anak Anda.

Cerita ini berkisah tentang Dayang Sumbi yang memiliki anak bernama Sangkuriang. Karena terpisah lama, Sangkuriang lupa dengan sosok ibunya dan bersikeras untuk menikahi Dayang Sumbi yang terlihat muda.

Dayang Sumbi pun memberi tantangan pada Sangkuriang untuk menikahinya, yaitu dengan membuat sebuah perahu dan harus selesai dalam waktu satu malam saja.

 

Tantangan itu hampir berhasil diselesaikan Sangkuriang. Dayang Sumbi pun menjadi khawatir bahwa Sangkuriang akan berhasil menyelesaikan tantangannya.

Akhirnya Dayang Sumbi meminta bantuan warga untuk menumbuk padi dan menyebabkan ayam berkokok, agar Sangkuriang tertipu dan menyangka bahwa hari sudah pagi sehingga ia gagal menyelesaikan perahunya dalam satu malam.

Sangkuriang pun marah dan menendang perahu yang ia buat hingga terbalik.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Perahu tersebutlah yang sekarang dipercaya sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Kisah yang berasal dari Jawa Barat ini mengajarkan anak untuk tidak memaksakan kehendak pada orang lain. Apalagi, setelah memasuki kehidupan bermasyarakat, tidak semua hal bisa sesuai dengan harapan kita seutuhnya.

Selain itu, Anda juga dapat memberi pemahaman pada anak agar tidak mengambil keputusan gegabah pada saat marah.

Cerita Rakyat Pendek 02 Sangkuriang - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua WAJIB Mengajarkan Anak Supaya Bisa Mengelola Keuangan Sejak Dini]

 

Batu Menangis

Cerita rakyat pendek Batu Menangis ini juga sering dikenal sebagai Malin Kundang. Hampir semua orang tahu cerita yang berasal dari Sumatera Barat ini.

Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak yang sering digendong oleh ibunya sejak kecil. Setelah beranjak besar, Malin meminta izin kepada ibunya untuk merantau dan mencari kesuksesan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Sayangnya setelah sukses dan kembali ke kampung halamannya, Malin malah tidak mau mengakui ibunya. Ibu Malin yang marah akhirnya mengutuk Malin menjadi batu. Kabarnya, Malin yang sudah berubah menjadi batu menyesal dan terus menangis sehingga batu itu dinamakan sebagai Batu Menangis.

Melalui cerita ini, orang tua dapat mengajarkan anak agar menghormati orang tua. Karena pada dasarnya setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Cerita Rakyat Pendek 03 Malin Kundang - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Mudah dan Cepat Mengajarkan Anak Berhemat]

 

Cindelaras

Cerita rakyat pendek selanjutnya adalah kisah Cindelaras yang berasal dari Jawa Timur. Cerita ini mengisahkan tentang seorang ratu yang difitnah oleh selir rajanya.

Raja yang langsung percaya pada fitnah itu menyuruh pengawalnya untuk membawa ratu ke hutan dan membunuhnya.

Tapi pengawal tersebut hanya meninggalkan ratu yang hamil di hutan dan membuat kematian palsu dengan darah kelinci.

Beberapa tahun kemudian, anak ratu yang diberi nama Cindelaras menemukan sebuah telur dan merawatnya hingga menetas menjadi ayam. Ayam ini ternyata adalah ayam yang kuat dan bisa bicara.

Kekuatan ayam ini terdengar sampai ke raja, dan raja akhirnya ingin menguji kekuatan ayam Cindelaras dengan ayamnya.

Setelah adu ayam terjadi, ayam Cindelaraslah yang menjadi pemenangnya dan ayam tersebut bicara tentang kebenaran antara Cindelaras dan sang raja.

Menyadari hal tersebut, sang Raja meminta maaf dan mengajak Cindelaras serta ratu kembali pulang.

Kisah ini membantu orang tua menanamkan nilai moral kepada anak untuk senantiasa memastikan berita yang ia dengar. Jangan mudah percaya dengan omongan orang tanpa memastikan kebenarannya lebih dulu.

Cerita Rakyat Pendek 04 Cindelaras - Finansialku

[Baca Juga: Bijaksana Dalam Mengelola Uang Belanja Keluarga, Gini Caranya!]

 

Keong Mas

Keong mas adalah cerita rakyat yang cukup terkenal dan banyak diceritakan dari waktu ke waktu. Kisah yang berasal dari Jawa Timur ini sangat tepat untuk Anda ceritakan pada anak sebelum anak tidur.

Cerita Keong Mas menceritakan tentang seorang putri bernama Candra Kirana yang disihir menjadi keong oleh saudaranya yang iri. Sihir tersebut bisa hilang jika Candra Kirana berhasil bertemu dengan cinta sejatinya.

Setelah melewati berbagai hal, akhirnya Candra Kirana bisa bertemu dengan Pangeran yang juga mencarinya.

 

Kisah Keong Mas ini memberikan pesan pada anak agar tidak mudah merasa iri dengan orang lain.

Karena rasa iri sering kali tidak hanya merugikan orang lain, tapi juga diri sendiri. Dan pada akhirnya tidak memberikan apa-apa kecuali rasa kesal dan kerugian.

Anda juga dapat mengajarkan anak Anda untuk mensyukuri apa yang dimiliki sambil tetap berusaha maksimal untuk sesuatu yang mereka inginkan, seperti pangeran yang tidak lelah mencari Candra Kirana.

Cerita Rakyat Pendek 05 Keong Emas - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Dana Yang Diperlukan untuk Membeli Mobil Murah Bagi Keluarga Muda]

 

Ande-Ande Lumut

Cerita terakhir yang dapat Anda ceritakan pada anak adalah Kisah Ande-Ande Lumut. Kisah yang berlatar belakang kerajaan ini juga memiliki nuansa yang sama dengan cerita Keong Mas.

Raden Panji dari Istana Jenggala berencana menikahi Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri untuk menyatukan dua kerajaan.

Namun niat tersebut ditentang oleh ibu tiri Sekartaji karena ingin Intan Sari, anaknya, yang menjadi istri Raden Panji.

Untuk menjalankan niatnya, Dewi Sekartaji diculik dan disekap. Namun ia berhasil kabur dan menyamar menjadi Klenting Kuning dan tinggal bersama keluarga barunya, Klenting Merah, Klenting Biru, dan Klenting Ijo.

 

Hingga pada suatu hari, terdengar kabar bahwa ada pemuda tampan bernama Ande-Ande Lumut yang sedang mencari istri.

Tiga saudara lainnya pergi untuk menemui Ande-Ande Lumut lebih dulu karena Klenting Kuning harus menyelesaikan pekerjaannya sebelum pergi.

Namun, untuk sampai ke tempat Ande-Ande Lumut, mereka harus menyeberangi sebuah sungai. Untuk menyeberang, mereka harus menumpang Yuyu Kangkang dengan bayaran menciumnya.

Mereka bertiga terpaksa mengikuti syarat tersebut. Namun, sesampainya di rumah Ande-Ande Lumut, mereka ditolak karena telah dicium oleh Yuyu Kangkang.

Klenting Kuning yang menyusul juga melewati sungai yang sama. Namun begitu sampai, ia mengoleskan kotoran ayam dan membuat Yuyu Kangkang membiarkannya begitu saja.

Sesampainya disana, Klenting Kuning dan Ande-Ande Lumut saling menyadari bahwa mereka adalah Dewi Sekartaji dan Raden Panji.

Dari cerita ini, Anda dapat mengajarkan anak Anda berbagai hal. Mulai dari tidak boleh mudah iri, gigih berusaha, tanggung jawab, dan juga cerdas dalam menjaga prinsip yang mereka pegang.

Seperti cara Klenting Kuning menolak mencium Yuyu Kangkang.

Cerita Rakyat Pendek 06 Ande Ande Lumut - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Coba Hitung Hasil Deposito Untuk Dana Pendidikan Anak Anda]

 

Tanamkan Nilai Moral Pada Anak

Itulah lima cerita rakyat pendek yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak Anda.

Ajarkan anak untuk selalu menjadi orang yang baik tanpa niat jahat, gigih dalam berusaha dan selalu bertanggung jawab.

 

Cerita rakyat manakah yang Anda pilih untuk diajarkan pada anak Anda? Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kumpulan Cerita Rakyat Pendek yang Penuh Pesan Moral. Posbunda.com – https://goo.gl/AeLp1h

 

Sumber Gambar:

  • Cerita Rakyat – https://goo.gl/hQxxFd
  • Sangkuriang – https://goo.gl/WGdu4Y
  • Malin Kundang – https://goo.gl/b1PXQ8
  • Cindelaras – https://goo.gl/vJJhb8
  • Keong Emas – https://goo.gl/FQFAy5
  • Ande Ande Lumut – https://goo.gl/PZbfqj