3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Rapi Agar Mudah Diterima Kerja (+Free Download)

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik? Seperti apakah contoh surat lamaran kerja?

Mari simak contoh surat lamaran kerja yang dapat memikat pihak Human Resources Development (HRD) dan Anda diterima di tempat kerja.

Selamat membaca dan buatlah para HRD terpikat dengan surat lamaran Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Persaingan Ketat dalam Dunia Pekerjaan

Setiap orang yang telah lulus sekolah atau kuliah pasti menginginkan untuk segera diterima di sebuah tempat kerja.

Tahukah Anda bahwa kondisi saat ini memperlihatkan bahwa lowongan kerja tidak sebanyak calon pekerja yang melamar pekerjaan?

Tentu saja hal ini akan membuat begitu ketatnya persaingan antar calon pekerja.

Untuk menembus seleksi yang ketat itu, tentu Anda sebagai calon pekerja harus mempersiapkan diri sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan.

Selain itu, sebagai langkah awal, Anda perlu membuat sebuah surat lamaran yang baik dan menarik supaya bagian HRD dapat menghubungi Anda untuk proses wawancara.

3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Membuat Anda Mudah Diterima Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Tandanya Kalau Anda Harus Resign Kerja Dari Pekerjaan]

 

Melalui rubrik ini, Anda akan mendapatkan beberapa contoh surat lamaran kerja yang menarik sehingga Anda dapat memasuki proses selanjutnya dalam perekrutan kerja.

 

Surat Lamaran Kerja

Tahukah Anda, surat adalah salah satu sarana berkomunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara tertulis?

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi, fungsi surat sudah banyak tergantikan dengan berbagai aplikasi media sosial seperti chatting melalui gadget atau smartphone.

Namun dalam dunia kerja, terutama di Indonesia, masih banyak perusahaan yang menggunakan surat lamaran secara fisik untuk prosedur perekrutan karyawan baru.

Surat lamaran kerja tergolong ke dalam surat dinas atau resmi, sehingga cara pembuatannya perlu mengikuti aturan-aturan yang telah dibakukan.

Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi? Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu]

 

Jika Anda ingin diterima bekerja di sebuah perusahaan yang menjadi incaran Anda, surat lamaran menjadi senjata pertama yang perlu Anda persiapkan dengan baik.

Dari penggunaan bahasa dan menghindari setiap pengejaan yang salah serta kecacatan penulisan, itu semua menjadi penilaian tersendiri oleh pihak penerima kerja atau perusahaan, terutama bagian Human Resources Development (HRD).

Selain struktur surat yang baik dan mudah dimengerti, setiap informasi harus jelas dan tepat sasaran.

Merasa kebingungan dalam menyusun surat lamaran kerja yang memikat hati pihak HRD? Download secara gratis contoh surat lamaran kerja dari Finansialku.

 

Gratis Download Contoh CV dan Surat Lamaran Kerja

Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja 02 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

3 Contoh Surat Lamaran Kerja

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat surat lamaran kerja, berikut ini kami cantumkan 3 contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda ikuti template-nya.

 

Bandung, 4 September 2017

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth.

Kepala HRD Finansialku.com

Jalan Sumber Mekar No 26

Bandung

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari Finansialku.com yang dimuat dalam Harian Finansialku tanggal 25 Agustus 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di Finansialku.com.

Data singkat saya, seperti berikut ini:

Nama: Budianto Laksono
Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 117 Agustus 1994
Pendidikan Akhir: S1 Manajemen Universitas Finansial
Alamat: Jalan Suka Asih No 27 Bandung
Telepon (HP): 081 123 456 789
Alamat Email: budianto.laksono@gmail.com
Status Perkawinan: Belum menikah

 

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan). Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik.

Selain itu, saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer, terutama mengoperasikan aplikasi paket Ms Office dan juga internet.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup.
  2. Fotokopi Ijazah S-1 dan Transkrip nilai.
  3. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi SKCK
  7. Surat Kesehatan dari Dokter

 

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

Ttd,

(Budianto Laksono)

Jakarta, 2 Mei 2017

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Bangun Indah Sejahtera

Di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di media sosial, terkait lowongan pekerjaan di PT Bangun Indah Sejahtera untuk posisi staf Keuangan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap: Jefry Sakti
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 30 Agustus 1980
Pendidikan Terakhir: Strata 1 (S-1) Akuntansi
Alamat: Jalan Kosambi No 156 Jakarta Barat
Telepon (HP): 081 355 062 777
Alamat Email: jefry.sakti@gmail.com
Status Perkawinan: Belum menikah

 

Dengan ini, bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut. Saya adalah seorang lulusan dengan kemampuan di bidang Akuntansi. Saya yakin dapat memberi kontribusi positif terhadap perusahaan yang Bapak pimpin.

Saya adalah pribadi yang mudah bersosialisasi, teliti, serta memiliki kedisiplinan yang tinggi. Saya juga memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Ms. Office dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak, berikut saya lampirkan kelengkapan berkas sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
  2. Fotokopi Ijazah terakhir
  3. Fotokopi Transkrip nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi sertifikat
  7. Pas foto terbaru
  8. Surat Kesehatan dari Dokter

 

Demikianlah surat permohonan kerja saya. Besar harapan saya agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang bapak pimpin. Terima kasih.

 

Hormat saya,

Ttd,

Jefry Sakti

Jakarta, 21 Maret 2017

 

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Jaya Laksana

Di tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini, saya mengajukan permohonan lamaran kerja untuk posisi HRD di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun data pribadi saya sebagai berikut:

Nama Lengkap: Geraldi Gunawan, S. Psi.
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Juni 1990
Pendidikan Terakhir: S1 Psikologi
IPK: 3,65
Alamat: Jalan Kebayoran Lama No 56 Jakarta
Telepon (HP): 081 335 069 123
Alamat Email: geraldi.gunawan@gmail.com
Status Perkawinan: Belum menikah

 

Selain itu, saya juga melampirkan dokumen yang dapat menjadi pertimbangan bapak, yaitu:

  1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
  2. Fotokopi Ijazah terakhir
  3. Fotokopi Transkrip nilai
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi SKCK
  6. Pas foto terbaru

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Ttd,

Geraldi Gunawan, S. Psi.

 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Saat ini, surat lamaran tidak lagi ditulis menggunakan tangan, melainkan menggunakan komputer. Aplikasi yang biasanya digunakan adalah Microsoft Word.

Berikut ini beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word yang dapat Anda manfaatkan dengan mudah.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

  • Setelah Anda membuka aplikasi Microsoft Word, gantilah jenis tulisan menjadi “Times New Roman”. Jenis tulisan ini bergaya formal dan biasa dipakai untuk menulis dokumen yang bersifat resmi seperti surat lamaran kerja.
  • Gunakan ukuran huruf sebesar 12 point dan ukuran kertas adalah A4 (bisa juga disesuaikan dengan syarat khusus yang diberikan oleh perusahaan).
  • Berikan informasi yang menarik mengenai profil Anda agar pihak HRD dapat tertarik untuk mengetahui diri Anda lebih lanjut.
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar, penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) sangat dianjurkan. Jika Anda merasa kesulitan dalam menggunakan kata-kata yang sesuai EYD, Anda dapat melihat kata-kata tersebut yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.
  • Gunakan susunan kalimat yang baik, singkat, padat dan memuat informasi yang jelas serta mudah untuk dipahami.
  • Cantumkan setiap potensi atau kemampuan (skill) yang Anda miliki, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan. Hal ini dapat memberikan daya tarik tersendiri sehingga bagian HRD akan tertarik dan segera menghubungi Anda.

 

Perhatikan Hal ini Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Terkadang orang-orang menyepelekan beberapa hal kecil, termasuk dalam menulis surat lamaran kerja.

Beberapa hal kecil berikut ini ternyata begitu sangat penting dan akan sangat fatal jika Anda menyepelekannya.

12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian!]

 

Hal-hal kecil tersebut menentukan nasib surat lamaran kerja Anda apakah berakhir di tempat sampah atau membuat Anda dapat masuk ke proses seleksi selanjutnya.

 

#1 Data Pribadi

Cantumkan data pribadi sesuai dengan kartu identitas Anda tanpa kesalahan atau kecacatan sedikitpun. Salah mencantumkan nomor handphone Anda satu digit saja dapat berakibat fatal.

Cek ulang untuk bagian data pribadi karena siapa tahu Anda sedang diincar oleh perusahaan namun karena kesalahan nomor, maka keberuntungan tidak berpihak pada Anda.

Anda tidak mau hal konyol itu terjadi pada diri Anda bukan?

HR Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Hidup Bahagia dan Sejahtera di Usia 30an? Cek Keuangan Pribadi Sekarang!]

 

Berikut data pribadi yang harus tercantum dalam surat lamaran kerja Anda.

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat Lengkap
  • Nomor Telepon atau Handphone
  • Alamat Email
  • Status Perkawinan

 

Anda disarankan untuk mencantumkan setidaknya 2 nomor telepon, baik itu nomor telepon rumah atau handphone untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selalu cek email Anda setelah Anda mengirimkan surat lamaran Anda karena ada beberapa perusahaan yang menghubungi Anda via email.

 

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

#2 Pendidikan

Berikan informasi secara jelas untuk pendidikan formal maupun non formal yang pernah Anda dapatkan.

Cantumkan jenjang pendidikan secara lengkap dari jenjang Sekolah Dasar hingga jenjang akhir dari pendidikan yang Anda tempuh.

 

#3 Pengalaman Bekerja

Banyak perusahaan yang memberikan persyaratan seperti pengalaman kerja minimal sekian tahun untuk posisi-posisi tertentu.

Untuk meyakinkan pihak Human Resources Development (HRD), lampirkan verklaring atau surat keterangan pernah bekerja di perusahaan Anda sebelumnya.

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Cari Lowongan Pekerjaan? Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan]

 

Jangan sepelekan verklaring karena surat ini salah satu surat sakti yang dapat membuat Anda segera dipanggil oleh pihak perusahaan, tempat Anda melamar pekerjaan.

 

#4 Lampiran Surat Lamaran Kerja

Kelengkapan berikut ini tidak boleh tertinggal.

Lampirkan ada surat lamaran Anda dan masukkan ke dalam satu amplop yang dapat memuat kesemuanya itu. Hal ini ditujukan agar dokumen Anda tidak tercecer.

Dokumen yang perlu Anda lampirkan diantaranya:

  • Daftar riwayat hidup atau biasa disebut Curriculum Vitae atau juga Resume
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi Transkrip nilai
  • Fotokopi Kartu Identitas
  • Fotokopi sertifikat pelatihan yang pernah Anda ikuti
  • Pas foto terbaru
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter

 

Youtube Courtesy, Finansialkucom – 5 Tips Ampuh Diterima Wawancara Kerja

Buat Surat Lamaran Kerja Dengan Sebaik-baiknya

Demikian tips untuk membuat surat lamaran yang dapat Anda gunakan untuk memikat hati para Human Resources Development (HRD).

Anda juga dapat menggunakan template di atas sebagai contoh dalam pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan Anda.

 

Jika Anda memiliki kenalan yang sedang kesulitan dalam membuat surat lamaran kerja, Anda dapat membagikan artikel di atas kepada mereka yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Alison Doyle. 22 Juni 2017. Sample Cover Letter for Job Application With Writing Tips. Thebalance.com – https://goo.gl/4TYC4N

 

Sumber Gambar:

  • Membuat Surat Lamaran Kerja – https://goo.gl/j6YvNc
  • Mengetik Surat Lamaran Kerja – https://goo.gl/H3friC

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2018-02-02T15:15:38+00:00 September 8th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Indah 7 July 2018 at 18:47 - Reply

    kalau membuat surat lamaran kerja yang baik untuk fresh graduate SMA bagaimana ya, tolong bantu ya. terima kasih

Leave A Comment