Berikut Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Jika Anda Akan Keluar dari Pekerjaan

Bagi kamu yang ingin mengajukan resign, sudah kenalkah dengan contoh surat pengunduran diri kerja?

Jika kamu masih bingung bagaimana membuat surat pengunduran diri kerja yang baik, jangan khawatir! Finansialku akan memberi tips dan trik mudah agar surat kamu oke.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surat Pengunduran Diri Kerja

Saat bekerja, tidak jarang kamu memperoleh penawaran lowongan yang lebih baik, atau mungkin terpaksa pindah kerja karena keluarga dimutasi.

Dengan demikian, kamu bisa mengundurkan diri dari pekerjaan saat ini dan mencari pekerjaan baru. Tetapi mengundurkan diri juga sebaiknya dilakukan secara baik-baik.

Oleh karena itulah biasanya dibutuhkan surat pengunduran diri kerja.

Berikut-Contoh-Surat-Pengunduran-Diri-Resign-01-Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

Surat pengunduran diri kerja adalah surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya berhenti bekerja dari tempat atau instansi di mana ia bekerja, baik itu bekerja di perusahaan swasta ataupun bekerja di kantor pemerintahan.

Surat ini merupakan pertanggungjawaban atas pengunduran diri kamu, sehingga kamu bisa mengundurkan diri dalam kondisi baik-baik dengan perusahaan.

Karena bersifat formal, surat pengunduran diri sebaiknya ditulis secara sopan dan jelas, beserta alasan mengundurkan diri yang menjadi tujuan surat tersebut.

Nah, seperti apakah surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar? Simak penjabaran oleh Finansialku berikut ini:

 

Fungsi Surat Pengunduran Diri Kerja

Sebenarnya tujuan utama surat pengunduran diri kerja adalah sebagai tanda resmi kamu menginformasikan alasan pengunduran diri.

Namun tidak peduli apa alasan pengunduran diri kamu, biasanya surat pengunduran diri memiliki beberapa fungsi berikut:

 

#1 Mengutamakan Formalitas dan Profesionalitas

Dalam pengunduran diri, kamu tidak bisa dengan semena-mena bicara dengan atasan.

Kamu harus menunjukkan formalitas dan profesionalitas dengan cara yang sopan.

Dengan membuat surat ini, ada bukti bahwa kamu tidak menghilang begitu saja dan juga tetap mengutamakan profesionalitas dalam dunia kerja meski akan keluar.

Dengan cara ini juga, perusahaan akan menerima dengan baik pengajuan Anda dan menghargai Anda sebagai seorang yang bertanggung jawab.

Dengan demikian, mereka dengan senang hati akan memberi referensi baik saat dihubungi tempat kerja baru Anda.

 

#2 Memberi Perusahaan Waktu untuk Mencari Pengganti

Surat resign atau surat pengunduran diri kerja biasanya diajukan sebelum waktu kamu mengundurkan diri.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mengundurkan diri pada tanggal 30 Desember 2017, kamu harus membuat surat pengunduran diri kerja sebelum tanggal tersebut, umumnya sebulan sebelum hari terakhir kerja.

Dengan demikian, perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk mencari pengganti agar pekerjaan yang ditinggalkan dapat diserahterimakan sebelum kamu mengundurkan diri.

Apabila kamu mengajukan pengunduran diri secara mendadak, perusahaan akan memandangmu sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dan akan berakibat negatif bagi namamu di dunia pekerjaan.

Para HRD Kenali 10 Tanda Karyawan Bahagia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaatnya, mari melihat contohnya secara langsung untuk memudahkan kamu membuat surat pengunduran diri kerja:

 

#1 Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Kepada Yth,
HRD Manager (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini)
Di
Tempat

 

Melalui surat ini, saya (Nama Lengkap Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) sebagai (Jabatan terakhir anda di Perusahaan) terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga (PT atau Nama Perusahaan Anda saat ini) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

 

Jakarta, 12 Desember 2017

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

 

#2 Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Kepada Yth,
Ketua Umum Organisasi (Nama organisasi saat ini)
Bapak/ Ibu (Nama ketua organisasi atau atasan langsung)

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Kami sampaikan semoga Bapak/Ibu (Nama ketua organisasi atau atasan langsung) dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak/ Ibu (Nama ketua organisasi atau atasan langsung) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian (nama bagian Anda) yang Bapak pimpin. Sebagai (jabatan Anda) Masa Bakti (tahun kerja Anda), sesuai SK (nomor surat pengangkatan Anda sebagai bagian organisasi).

Saya menilai (nama organisasi) tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak/ Ibu (Nama ketua organisasi atau atasan langsung), saya memohon pengertian Bapak/ Ibu bahwa mulai hari ini saya menyatakan pengunduran diri saya sebagai ((jabatan Anda) dari (nama organisasi).

 

Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian kepada Bapak/ Ibu (Nama ketua organisasi atau atasan langsung) selama ini.

 

Jakarta, 12 Desember 2017

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

apakah-sah-dan-legal-jika-surat-wasiat-tulis-tangan-dan-pakai-materai-finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

 

#3 Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Malang, 8 Mei 2017

 

Yth. (Jabatan Kepala)
(Nama pemilik jabatan kepala)
Di Tempat

 

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya (nama Anda), bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan) sebagai karyawan per tanggal 12 Mei 2017 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di (nama perusahaan), dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan) jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu (nama perusahaan) dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

 

#4 Surat Pengunduran Diri Guru

Kepada Yth.
Kepala (Nama Sekolah)

(Nama Kepala Sekolah)

Di Tempat

 

Perihal          : Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama (isi)
Tempat, Tanggal lahir  (isi)
Jabatan  (isi)
NUPTK  (isi)
Alamat  (isi)

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2017 Tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai guru (Jabatan Anda) di (Nama Sekolah) dikarenakan (Alasan Pengunduran Diri).

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak (Nama Sekolah) untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak/ Ibu Kepala Sekolah (Nama Sekolah)  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf (Nama Sekolah)  bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa (Nama Sekolah) dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

 

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

(Nama Lengkap Anda)

 

 

Tips dan Trik dalam Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Dalam membuat surat pengunduran diri kerja, kamu bisa mengaplikasikan beberapa tips dan trik berikut untuk hasil yang oke:

  1. Singkat dan jelas
  2. Fokus pada tujuan
  3. Tulis informasi secara positif
  4. Jangan masukkan kritik atas perusahaan atau organisasi
  5. Jangan lupa cantumkan tanggal terakhir bekerja
  6. Tulis alasan pengunduran diri dengan jelas dan positif
  7. Ditulis menggunakan tata bahasa formal
  8. Gunakan format yang formal dan rapi sehingga mudah dibaca
  9. Tuliskan menggunakan font yang umum digunakandan mudah dibaca (Misalnya: Times New Roman, Arial)
  10. Gunakan warna font yang kontras di atas kertas putih, yaitu warna hitam (kecuali pada poin-poin yang memang perlu ditekankan)
  11. Hindari menggunakan hiasan atau editan berlebihan yang akan mempersulit proses membaca. Hal ini bisa mengalihkan perhatian pembaca dari inti yang ingin disampaikan

 

Mengakhiri Pekerjaan dengan Baik

Seperti telah disebutkan sebelumnya, surat pengunduran diri kerja yang baik akan mempertahankan hubungan baik antara kamu, atasan, dan perusahaan atau organisasi.

Tujuannya tentu agar kamu bisa mengakhiri pekerjaan dengan baik dan memulai dengan baik pula.

Tidak jarang tempat kerja barumu akan menghubungi atasan untuk meminta pendapat mereka tentangmu, sehingga sebaiknya selalu akhiri pekerjaan dengan baik ya! Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai contoh surat pengunduran diri kerja lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar. Belajarpsikologi.com – https://goo.gl/fkyBpm
  • Admin. 15 Agustus 2015. Contoh Surat Pengunduran Diri bagi yang Mau Resign Kerja. Anakui.com – https://goo.gl/HYkEP8
  • Admin. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja untuk Kamu yang Lelah Jadi Karyawan. Masfikr.com – https://goo.gl/VK27Qe
  • Bunebune. 2 Desember 2017. Contoh Surat Pengunduran Diri, meski Sepele tapi Penting bagi Karirmu. Bunehaba.com – https://goo.gl/eVNKb1

 

Sumber Gambar:

  • Surat resign – https://goo.gl/bMSCST
  • Surat resign 2 – https://goo.gl/5N9JHo
  • Surat resign 3 – https://goo.gl/267Dzv

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Berikut Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Jika Anda Akan Keluar dari Pekerjaan
Article Name
Berikut Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Jika Anda Akan Keluar dari Pekerjaan
Description
Bagi kamu yang ingin mengajukan resign, sudah kenalkah dengan contoh surat pengunduran diri kerja?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-09-07T22:53:27+00:00February 20th, 2018|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment