Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini

Tahukah Anda, apa saja penyebab kegagalan wawancara yang sering dilakukan pelamar saat ingin melamar kerja? Apa yang harus Anda persiapkan? Rubrik Finansialku kali ini akan membahas mengenai penyebab kegagalan wawancara.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ada banyak alasan mengapa Anda ingin pindah kerja dan menemukan sebuah pekerjaan yang baru. Dari sejumlah alasan yang lazim dilontarkan, mencari suasana dan tantangan baru adalah yang paling banyak dipilih oleh mereka yang akan melamar pekerjaan baru. Entah mengapa, sejak dulu alasan ini menjadi pilihan bagi banyak pelamar yang telah pernah bekerja sebelumnya.

Namun, apapun alasan Anda ketika meninggalkan pekerjaan yang lama dan melamar sebuah pekerjaan yang baru, Anda tentu akan berhadapan dengan sesi wawancara. Inilah tantangan yang sebenarnya, di mana Anda akan berhadapan langsung dengan pihak perusahaan dan berupaya meyakinkan mereka bahwa Anda memang layak untuk bekerja di sana. Apakah Anda sudah siap untuk menjalani wawancara ini?

 

Kesalahan saat wawancara kerja

Sebagian besar orang kerap mengalami kegagalan di saat sesi wawancara, meski mereka telah mempersiapkan diri dengan baik sebelumnya. Hal seperti ini tentu akan menjadi sebuah bencana, terutama bagi Anda yang telah ke luar dari perusahaan sebelumnya. Jika selalu gagal, maka bisa saja Anda akan tetap menjadi seorang pengangguran.

11 Skill Management Trainee yang Harus Dimiliki oleh First Jobber - Finansialku

[Baca Juga: 11 Skill Management Trainee yang Harus Dimiliki oleh First Jobber]

 

Selain mempersiapkan diri dengan baik, penting bagi Anda untuk selalu menghindari berbagai kesalahan yang kerap dilakukan pelamar ketika sedang menjalani wawancara kerja. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah mendapatkan sebuah pekerjaan, terutama jika Anda memang telah benar-benar siap untuk bekerja. Simak beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pelamar ketika menjalani sesi wawancara kerja:

 

#1 Bersikap buruk

Saat melamar pekerjaan dan akan menjalani sesi wawancara, Anda wajib memberikan kesan pertama yang baik bagi perusahaan yang akan Anda datangi. Hindari untuk bersikap buruk di hari wawancara Anda, sebab hal-hal yang menurut Anda sepele, bisa saja menjadi sebuah kesalahan yang fatal di mata perusahaan, terutama terkait dengan disiplin yang Anda tunjukkan kepada mereka.

Datang terlambat di hari wawancara adalah sebuah kesalahan yang fatal, sebab perusahaan akan melihat Anda sebagai sosok yang tidak disiplin dan tepat waktu. Hal ini menunjukan betapa Anda tidak bisa profesional, bahkan di hari wawancara Anda. Salah kostum (menggunakan pakaian yang tidak tepat) juga bisa menjadi alasan kegagalan Anda dalam wawancara, sebab ini juga terbilang kesalahan yang fatal. Coba bayangkan, bagaimana jika Anda datang wawancara ke sebuah perusahaan BUMN terkemuka, hanya dengan menggunakan celana jeans saja.

penyebab-frustrasi-saat-mencari-kerja-yang-mungkin-tidak-anda-sadari-finansialku

[Baca Juga: Penyebab Frustrasi Saat Mencari Kerja, Yang Mungkin Tidak Anda Sadari]

 

#2 Tidak “mengenal” perusahaan dengan baik

Anda melamar ke sebuah perusahaan, maka sudah tentu Anda harus kenal dan tahu benar mengenai perusahaan tersebut. Ini seperti sedang mencari sebuah “rumah”, di mana Anda akan tinggal dan bernaung di sana, maka tentu Anda wajib mengetahui bentuk dan juga apa saja yang terdapat di dalam rumah Anda, bukan?

Ketika Anda tidak mengenal perusahaan tersebut dengan baik, maka Anda tidak akan memiliki keterikatan awal dengan mereka. Anda tidak akan mengerti bagaimana Anda bekerja di sana, dan bagaimana perusahaan itu membutuhkan Anda. Lalu, sudah pasti Anda tidak bisa meyakinkan pewawancara, jika Anda adalah orang yang paling tepat yang sedang mereka cari saat ini.

 

#3 Tidak menunjukkan keinginan dan gairah kerja yang besar

Bekerja membutuhkan gairah dan semangat, begitu juga ketika Anda wawancara. Apa jadinya jika Anda wawancara dengan kondisi lesu dan tidak bersemangat, sementara Anda bersaing dengan puluhan orang lainnya untuk satu posisi yang sama?

Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium]

 

Anda akan gagal jika tidak menunjukkan minat, gairah dan juga semangat yang baik untuk pekerjaan yang sedang Anda lamar. Pewawancara akan melihat Anda sebagai pribadi yang tidak menarik atau bahkan sangat biasa-biasa saja. Tidak memiliki kelebihan, jika dibandingkan dengan pelamar lainnya.

 

#4 Berkeluh-kesah tentang pekerjaan dan bos sebelumnya

Meski Anda begitu menginginkan pekerjaan yang sedang Anda lamar, bukan berarti Anda harus mengecilkan dan mengeluhkan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Ini sangat tidak profesional, terutama jika Anda mengeluhkan tentang bos serta rekan-rekan kerja Anda di sana. Hal ini akan membuat wawancara Anda gagal, sebab pewawancara bisa saja berpikir Anda juga akan melakukan hal yang sama jika suatu saat nanti keluar dari perusahaan mereka.

 

#5 Tidak bersikap jujur

Sikap ini menjadi sangat penting untuk Anda hindari dalam wawancara, sebab perusahaan akan bersikap tegas kepada pelamar yang tidak jujur terkait dengan berbagai informasi pribadinya. Ketika Anda berbohong dan memanipulasi berbagai informasi di dalam lamaran Anda, maka Anda sedang mencoba untuk bunuh diri, sebab bisa saja pihak perusahaan melakukan pengecekan terhadap keaslian dan kebenaran informasi yang Anda berikan.

Ingin Melamar Kerja Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini 2 - Finansialku

[Baca Juga: First Jobber Ketahui : Harapan Versus Kenyataan Soal Dunia Kerja]

 

#6 Tidak impresif

Bersikap kaku dan tidak impresif ketika wawancara, akan membawa Anda kepada kegagalan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Perusahaan membutuhkan sosok yang fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik sehingga Anda wajib menunjukkan hal tersebut ketika sedang menjalani wawancara.

 

#7 Mengajukan pertanyaan yang salah

Di akhir sesi wawancara, Anda akan diberi kesempatan untuk bertanya apa saja terkait dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Ini poin yang menguntungkan, namun bisa juga menjadi sebuah jebakan yang mendatangkan kegagalan bagi Anda. Mengajukan pertanyaan yang salah dan mengarah kepada sikap yang tidak profesional, akan membuat Anda mengalami kegagalan saat wawancara.

8 Cara Merencanakan Keuangan dan Mengelola Keuangan Setelah Menikah yang Harus Kamu Praktekkan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karir yang Benar untuk Fresh Graduate]

 

Persiapkan Diri Anda sebelum Wawancara

Wawancara adalah hal yang penting untuk Anda persiapkan dengan matang, terutama ketika Anda menjalaninya di sebuah perusahaan yang menjadi idaman Anda selama ini. Persiapkan dengan matang dan hindari berbagai kesalahan ketika menjalani sesi wawancara, sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan selama ini.

 

Menurut Anda, apa saja yang biasanya orang lakukan pada saat wawancara? Share pengalaman yang Anda tahu, agar orang-orang pun mendapatkan informasi tambahan untuk menghindari kegagalan wawancara, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nadira Aliya. Gagal Saat Wawancara Kerja? Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya. com – https://goo.gl/ARf9Mc

 

Sumber Gambar:

  • Wawancara Kerja – https://goo.gl/rK1edb dan https://goo.gl/oU9uvs

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-11-13T19:07:40+00:00 February 3rd, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download