Apa saja harapan yang muncul saat menghadapi dunia kerja? Bagaimana Kenyataan yang didapatkan saat bekerja? Apa saja harapan yang umum dirasakan oleh para pekerja dan bagaimana kenyataannya? Berikut ulasan tentang harapan versus kenyataan soal dunia kerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Harapan vs Kenyataan Dunia Kerja yang Perlu Kamu Tahu

Berbeda dengan saat berada di bangku kuliah, dunia kerja merupakan sebuah kondisi baru dalam fase hidup Anda yang akan memberikan banyak harapan. Namun, tidak semua harapan sebelum bekerja akan bisa didapatkan dari dunia kerja. .

 

first-jobber-ketahui-harapan-versus-kenyataan-soal-dunia-kerja-2-finansialku

[Baca Juga :  Dengan Mengandalkan Gaji Saja, Apakah Karyawan Bisa Bebas Keuangan?]

 

Berikut ini 8 harapan vs kenyataan yang perlu Kamu ketahui di dunia kerja. Dan jangan pernah beranggapan segala sesuatu di dunia kerja semudah yang Anda pikirkan :

 

#1. Mengawali Hari

Harapan untuk mengawali hari dengan semangat baru, bangun pagi dan datang tepat waktu adalah keinginan setiap pekerja. Selain karena dapat meningkatkan kinerja, semangat dan ketepatan waktu akan membuat posisi di kantor semakin aman.

Kenyataannya, saat terlalu lelah bekerja lembur atau hanya sekedar lelah pikiran seseorang tidak dapat bangun pagi dengan mudah. Jika hal itu terjadi, harapan untuk bangun pagi dan lebih bersemangat menuju kantor agaknya sulit dilakukan. Hal ini akan semakin berat saat motivasi berupa gaji, suasana dan beban kerja tidak sesuai dengan keinginan. Secara otomatis pikiran negatif akan mudah hinggap sehingga dalam mencapai keinginan tersebut agaknya kurang dapat dilakukan tanpa niat sungguh-sungguh.

 

#2. Kedekatan dengan Rekan Kerja

Harapan setiap orang adalah dapat menjalin kedekatan dengan rekan kerja. Selain dapat meningkatkan mood saat bekerja, menjadi dekat dengan teman sekantor akan dapat meningkatkan kerjasama tim yang baik.

Pebisnis Harus Kuasai 3 Jenis Komunikasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Pebisnis dan Karyawan Perlu Kuasai 3 Jenis Komunikasi Ini]

 

Kenyataannya, rekan kerja yang terpaut usia jauh tentu tidak mudah menjadi teman baik. Bagaimana tidak, bisa saja senior di kantor terpaut usia yang sangat jauh hingga seperti dengan orang tua. Jika dengan orang tua saja sulit akrab karena dimensi zaman yang berbeda, apalagi orang lain yang umurnya sepantaran orang tua?

 

#3. Menjadi Pekerja Terbaik

Harapan seperti ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang telah meraih IPK cumlaude saat berkuliah. Dengan seluruh pencapaian yang dimiliki, harapan untuk dapat menjadi pekerja terbaik tentunya adalah perkara yang wajar.

Kenyataannya, karena lapangan pekerjaan semakin sempit banyak orang yang bekerja tidak sesuai jurusan atau tidak linier. Jadi, menghasilkan kinerja yang baik akan sangat sulit dilakukan terutama bagi seseorang yang menjalani pekerjaan dengan sistem recruitment terbuka untuk hampir semua jurusan secara umum seperti jurnalis, tour guide, atau fotografer.

 

#4. Beban dan Target Kerja

Harapan dalam bekerja terutama untuk Anda yang berusia muda dan masih produktif adalah  beban atau target kerja yang sangat menantang sekaligus menyenangkan. Lebih baik lagi jika pengembangan hobi, minat, bakat dan segala kebahagiaan ada di dalamnya. Kerja menjadi terasa ringan karena dikerjakan dengan gembira.

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan]

 

Kenyataannya, seorang pekerja harus sanggup melakukan segala beban kerja sesuai target. Terutama untuk pekerja junior, terkadang para senior juga ‘menitipkan’ beberapa tugas. Jika Anda berada pada posisi seperti ini, pastikan untuk tetap memiliki mindset positif dan menyelesaikan satu demi satu pekerjaan meskipun tampak tak berujung. Yakinlah bahwa apapun yang dikerjakan pasti selesai seperti pepatah Jawa: Alon-alon wathon kelakon (meskipun lambat, segala hal pasti dapat diselesaikan selama tidak berhenti dikerjakan).

 

#5. Rangkaian Gaji dan Tunjangan

Harapan sebelum memilih pekerjaan salah satunya adalah gaji. Jika ada tunjangan, alangkah lebih baik untuk keperluang pribadi maupun investasi. Bahkan sebelum bekerja, kemandirian finansial sudah terbayang untuk dapat memiliki berbagai hal seperti rumah dan aset lainnya di usia muda.

Kenyataannya, semakin banyak jenis pekerjaan yang dilakukan semakin banyak pula kebutuhan yang mengikuti. Belum lagi keperluan transportasi serta akomodasi, jangankan untuk menabung. Sedikit meluangkan waktu untuk membeli barang sekunder sebagai hobi saja kadang masih sulit.

 

#6. Kondisi Meja Kerja

Harapan semua orang adalah untuk memiliki meja kerja yang rapi, dengan tatanan elegan dan aneha foto atau kata motivasi penyemangat diri.

8 Cara Meningkatkan Produktifitas untuk Entrepreneur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja yang Bisa Dilakukan oleh Karyawan]

 

Kenyataannya, hanya sebagian orang yang dapat mewujudkan harapan sederhana itu. Karena beban kerja yang meningkat ditambah pikiran yang tidak fokus, semangat serta waktu tidak mencukupi untuk menata meja kerja sedemikian rupa.

 

#7. Jenjang Karir

Harapan saat melamar sebuah pekerjaan terutama di kantor yang besar, jenjang karir akan berjalan searah dengan masa kerja. 

Kenyataannya, tidak semua jenis pekerjaan menganut paham seperti itu. Bahkan sejak Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2016 dimulai, banyak perusahaan yang memilih sistem kontrak dan outsourcing yang sangat merugikan pekerja. Jangan mudah buru-buru resign saat karir Anda dirasa kurang berkembang. Pindah kerja sana-sini dan jadi kutu loncat untuk gaji lebih tinggi bukanlah solusinya.

 

#8. Pekerjaan Berbahaya

Harapan yang sering muncul saat menjalani pekerjaan berbahaya adalah dapat selamat dengan begitu bahagia dan menjalani profesi semaksimal mungkin.

Kenapa Harus Membeli Asuransi, Kalau Ada dari Kantor - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kenapa Harus Membeli Asuransi, Kalau Ada dari Kantor?]

 

Kenyataannya, pekerjaan berbahaya sangat menuntut kapasitas fisik dan pikiran yang tinggi. Jika salah perhitungan sedikit saja, bahaya besar akan mengancam

 

Carilah Bimbingan Karir saat Kuliah

Oleh karena itu, sebelum menjalani sebuah pekerjaan atau saat memilih jurusan sebelum berkuliah, sangat penting untuk memahami jenis pekerjaan sebelum terlambat dan menyesal. Tidak hanya itu, sebagai seseorang yang memiliki latar belakang keluarga berbeda satu sama lain, Anda tidak bisa membandingkan kemampuan seseorang dengan orang lain karena tiap-tiap orang tidak hanya membawa potensi pribadi, tetapi juga keluarga yang berbeda pula.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman harapan versus kenyataan yang berbeda jauh di dunia kerja? Silakan share pengalaman Anda pada kolom komentar,  Terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Workers – https://goo.gl/xQ8aPp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku