Ada orang yang mengatakan, bahwa pebisnis harus kuasai 3 jenis komunikasi. Apa saja 3 jenis komunikasi tersebut? Salah satu rekan Finansialku akan membahas 3 jenis komunikasi yang perlu dikuasai seorang pebisnis.

 

 Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

3 Jenis Komunikasi yang Wajib Dikuasai Pebisnis

Seorang pengusaha dituntut untuk menguasai ilmu komunikasi. Coba Anda tengok, beberapa pebisnis atau entrepreneur dunia, seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg adalah orang-orang yang menguasai ilmu komunikasi. Coba bayangkan ketika Anda pertama-tama menjalankan usaha, Bagaimana cara Anda dapat memperoleh tenaga kerja yang bagus? Bagaimana cara Anda mendapat kepercayaan dari para supplier? Bagaimana cara Anda meyakinkan pembeli? Kuncinya satu, yaitu kemampuan komunikasi. Nah berikut ini 3 komunikasi yang perlu Anda kuasai:

 

Pebisnis Harus Kuasai 3 Jenis Komunikasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

[Baca Juga: Dijamin Menyesal, Jika Anda Belum Tahu Potensi Bisnis Online]

 

Komunikasi Lisan

Jenis komunikasi yang pertama adalah komunikasi lisan. Tahukah Anda, salah satu penyebab terjadinya keributan atau kesalahpahaman dalam bisnis adalah komunikasi lisan yang kurang baik. Silahkan Anda buktikan sendiri, kesalahan dalam pemilihan kata, intonasi atau cara memandang lawan akan menyebabkan perbedaan persepsi. Bisa jadi kita bermaksud baik, tetapi salah dimengerti oleh lawan bicara. Pelajari komunikasi lisan, untuk memenangkan negosiasi dan membujuk orang lain.

 

Komunikasi dengan Bahasa Tubuh (Body Language)

Pernahkah Anda bertemu dengan seorang tenaga penjual, yang tegap, rapi, pandangan matanya tajam, berkata dengan anggun dan penuh rasa percaya diri? Disadari atau tidak, pebisnis-pebisnis sukses memiliki bahasa tubuh yang sangat meyakinkan, memberikan kesan aman dan dapat diberi tanggung jawab lebih. Anda dapat mempelajari bahasa tubuh, agar lebih percaya diri. 

 

 [Baca Juga: Kisah Sukses Pak Benny, pemiliki Bhinneka.com]

 

Komunikasi Tertulis

Dalam bisnis, Anda juga pasti akan berhadapan dengan komunikasi tertulis. Komunikasi tertulis dapat melalui email, surat, naskah artikel dan lain sebagainya. Anda perlu mempelajari bagaimana cara menyusun judul, cara menyapa, pemilihan kosakata dan lain sebagainya. Jadi jangan pernah meremehkan komunikasi tertulis.

 

Kesimpulan

Seperti yang kita bahas sebelumnya, seorang pebisnis wajib hukumnya untuk menguasai komunikasi. Ada 3 jenis komunikasi yang harus dikuasai, yaitu komunikasi lisan, tertulis dan bahasa tubuh (body language). Yuk segera tingkatkan kemampuan dibidang komunikasi.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat diminta presentasi di depan banyak orang?

 

Image credit :

  • Communication and Negotiation – http://goo.gl/3Rsrvy

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang