Dijamin Nyesel Kalau Anda Ga Tahu Bisnis Online

Bisnis online, apakah menguntungkan? Jika ya berapa besar potensi keuntungannya? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan menjelaskan bisnis online yang dapat kamu buat dengan modal 0 (nyaris 0) dan Anda akan menyesal jika tidak memulainya dari sekarang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up 

Bisnis Online dengan Modal Nyaris Nol

Tahukah Anda, Indonesia saat ini memasuki era revolusi industry online. Masyarakat di kota besar sudah mulai beralih ke pembelian online (online shopping), mulai dari membeli dari social media, website dan toko online gratis. Kali ini Finansialku.com akan membahas bisnis online yang dapat Anda lakukan dari website Anda sendiri.

 

Dijamin Nyesel Kalau Anda Ga Tahu Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

[Baca Juga: Seperti Apa Bisnis Online di Indonesia?]

 

Bisnis Online Bisa Menjadi Pendapatan Pasif

Finansialku.com pernah menuliskan sebuah ide sederhana dari Robert G. Allen yang mengatakan perbanyak sumber penghasilan Anda (multiple streams of income). Jadi seseorang idealnya memiliki beberapa jenis sumber pendapatan, mulai dari pendapatan aktif (Anda bekerja, mendapat gaji atau keuntungan usaha), pendapatan portofolio (investasi reksadana, deposito, saham dan lainnya) serta pendapatan pasif.

Pendapatan pasif ini tidak melulu harus bisnis konvensional, seperti menyewakan rumah, rumah kos, menulis buku atau lagu serta bisnis pasif konvensional lainnya. Anda dapat beralih kepada bisnis online. Anda dapat membuat sebuah website yang cukup keren dengan harga di bawah Rp 10.000.000 bahkan ada juga beberapa penyedia website gratis, seperti WordPress atau Blogspot.

 

 

[Baca Juga: Bagaimana Memulai dan Membesarkan Bisnis Rumahan]

 

Jika boleh diibaratkan, website itu seperti toko. Seseorang boleh memiliki toko yang mewah dengan hiasan-hiasan mahal. Tetapi tidak jaminan toko mewah selalu tinggi penjualannya. Begitupula sebaliknya bisa jadi toko yang sederhana malah memiliki pendapatan berlimpah. Nah tidak ada salahnya Anda memulai bisnis online dari modal yang relative kecil. Tapi ingat syarat dan ketentuan berlaku ya. Syarat utamanya adalah Anda harus mengenal benar bisnis online yang akan Anda terjuni. Berikut ini pendapatan pasif yang dapat Anda ciptakan dalam bisnis online Anda

 

Pendapatan Iklan

Salah satu sumber penghasilan bisnis online adalah pendapatan dari iklan. Jika Anda fokus pada pendapatan iklan, Anda harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung website Anda. Pendapatan iklan biasanya berbanding lurus dengan jumlah pengunjung, artinya semakin banyak pengunjung biasanya pendapatan iklan semakin besar.

 

Pendapatan Barang

Anda dapat menjual barang melalui website. Misal saat ini Anda adalah orang yang memiliki toko baju offline. Anda dapat membuat sebuah website dan memajang barang dagangan Anda di website. Toko online adalah salah satu cara untuk meningkatkan jumlah penjualan Anda. Tahukah Anda strategi ini pernah dilakukan oleh Bhinneka.com? Anda mungkin akan terkejut, dengan kisah sukses Pak Benny pemilik Bhinneka.com

 

 [Baca Juga: Kisah Sukses Pak Benny, pemiliki Bhinneka.com]

 

Pendapatan Jasa

Anda juga dapat memasarkan jasa atau keahlian Anda melalui website. Contoh teman saya adalah seorang arsitek di salah satu perusahaan pengembang besar di Jakarta. Teman saya sudah menjadi arsitek diperusahaan pengembang selama lebih dari 5 tahun. Dia mencoba mengumpulkan desain-desain bangunan yang pernah dibuat dan memajang di website pribadinya. Ternyata banyak pesanan untuk mendesaikan rumah-rumah.

 

Pendapatan Afiliasi

Salah satu pendapatan bisnis online yang tidak diketahui banyak orang adalah pendapatan afiliasi. Afiliasi dalam dunia online dikenal juga dengan sebutan reseller. Contoh ada sebuah produk suplemen fitness seharga Rp 100.000. Setiap ada penjualan suplemen fitness tersebut dari website Anda, pemilik suplemen akan memberikan bonus 10%. Pendapatan afiliasi adalah pendapatan yang paling enak dilakukan, karena Anda tidak perlu repot-repot mengurus produk, pengiriman dan lainnya. Anda hanya perlu memberikan link khusus untuk membeli produk tersebut.

 

Pendapatan Produk-Produk Digital

Terkahir adalah penghasilan dari produk-produk digital. Ada banyak produk-produk digital yang dapat Anda buat, misal e-book, poster, desain baju dan lain sebagainya. Bagaiamana kalau saya tidak bisa menulis? Jangan khawatir Anda dapat menghubungi penulis (ghost writer) dan menggunakan jasa desainer untuk membuat sebuah ebook

 

Kesimpulan

Cara investasi reksadana online memiliki kesamaan dengan cara offline. Namun investasi reksadana online memberikan banyak kemudahan dan praktis. Anda tidak perlu keluar kantor, untuk membeli atau menjual reksadana. Cukup pesan reksadana, transfer dan konfirmasi. Reksadana sudah ada di dalam portofolio Anda. Selamat mencoba.

 

Bagaimana pengalaman Anda berinvestasi reksadana online?

 

Image credit :

  • Online Investment – http://goo.gl/Vb3T6i

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2016-12-13T04:54:54+00:00 December 25th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis, Investasi|Tags: , , , |Comments Off on Dijamin Nyesel Kalau Anda Ga Tahu Bisnis Online

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download