Meskipun hal yang dicantumkan dalam surat pernyataan bisa saja sederhana, tapi banyak orang yang masih tidak tahu bagaimana cara membuat dan membutuhkan contoh surat pernyataan yang benar.

Surat Pernyataan adalah surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa seseorang telah atau tidak pernah melakukan suatu hal.

Simak artikel berikut selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surat Pernyataan

Dalam beberapa kondisi, kadang kala dibutuhkan suatu surat pernyataan untuk menegaskan bahwa seseorang sudah atau belum pernah melakukan suatu hal yang tertulis di dalam surat.

Selain itu, surat pernyataan juga dapat digunakan untuk menyatakan secara tertulis bahwa seseorang mampu, sanggup, dan sepakat melakukan hal yang tertulis di dalam surat.

Surat pernyataan juga sering kali dibuat sebagai penguat atau pernyataan tertulis akan suatu hal.

Sehingga, suatu surat pernyataan biasanya memang dibuat agar memiliki kekuatan hukum. Karena itu, untuk membuat surat pernyataan biasanya disertakan juga meterai 6000 dan ditulis di kertas segel.

Ada banyak jenis surat pernyataan yang bisa Anda temukan dan mungkin akan Anda butuhkan dalam beberapa kondisi.

Misalnya saat melamar pekerjaan, saat berhenti dari pekerjaan, saat bekerja di bawah suatu instansi, perusahaan, atau lembaga yang menetapkan adanya surat pernyataan untuk pegawai baru, dan lain-lain.

Biasanya, suatu surat pernyataan dibuat dengan sederhana dan lugas maknanya. Penulisan surat pernyataan juga bisa ditulis dalam bentuk resmi atau setengah balok.

Mau Buat Surat Kuasa Cek Dulu Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Buat Surat Kuasa? Cek Dulu Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar]

 

Beberapa instansi juga ada yang membuat surat pernyataan dalam bentuk formulir yang nantinya tinggal diisi oleh pihak yang membuat pernyataan.

Surat pernyataan dalam bentuk formulir bisa dibilang salah satu bentuk surat pernyataan yang simpel dan mudah, khususnya bagi pembuat pernyataan.

Surat pernyataan bentuk formulir ini nantinya tinggal dilengkapi saja dan ditambahkan dengan data pribadi pemberi pernyataan sebelum dikembalikan kepada instansi atau lembaga terkait.

 

Manfaat Surat Pernyataan

Pembuatan surat pernyataan tentu saja memiliki maksud dan juga manfaat bagi pihak-pihak terkait. Adapun manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat surat pernyataan adalah sebagai berikut:

 

#1 Manfaat Bagi Penerima Surat Pernyataan

Surat pernyataan bisa digunakan sebagai alat bukti atau alasan jika suatu saat pemberi pernyataan melakukan hal di luar apa yang tertulis di dalam kesepakatan.

Dengan adanya surat pernyataan, maka suatu pernyataan jadi memiliki kekuatan hukum dan bisa dituntut.

 

#2 Manfaat Bagi Pembuat Surat Pernyataan

Adanya surat pernyataan juga dapat membantu pembuat surat pernyataan untuk memberikan alasan dan bukti bahwa pembuat surat benar-benar melakukan apa yang tertulis di dalam surat pernyataan tersebut.

 

#3 Manfaat Bagi Pihak yang Dinyatakan

Surat pernyataan juga menjadi pengukuhan kondisi bagi pihak yang dinyatakan atau diterangkan. Pengukuhan kondisi ini bisa bersifat positif atau negatif tergantung bagaimana surat tersebut dibuat.

 

Cara Membuat Surat Pernyataan

Membuat surat pernyataan sebenarnya cukup mudah. Namun, bagi orang yang belum terbiasa, hal ini memang cukup sulit.

Apalagi kalau Anda harus membuat surat pernyataan tersebut dari nol atau tidak ada formulir surat pernyataan yang bisa Anda gunakan sebagai acuan.

Sebenarnya, membuat surat pernyataan bisa dilakukan hanya dengan mengikuti cara ini:

 

#1 Tentukan Surat Pernyataan yang Mau Dibuat

Sebelum mulai membuat surat pernyataan, tentu saja Anda harus mengetahui dulu bagaimana dan apa surat pernyataan yang ingin Anda buat. Termasuk judul dan isi surat.

 

#2 Perhatikan Penulisan

Karena merupakan surat resmi dan bisa memiliki kekuatan hukum, karena itu, penulisan surat pernyataan sebaiknya cukup hati-hati.

Pastikan surat pernyataan yang Anda buat tidak memiliki kesalahan kecil seperti typo atau penggunaan tanda baca dan juga penulisan tata bahasa.

 

#3 Buatlah To The Point

Tidak semua orang yang menerima surat pernyataan Anda memiliki waktu yang cukup untuk membaca surat yang bertele-tele. Karena itu, buatlah surat pernyataan yang jelas.

Gunakan kalimat-kalimat yang lugas dan to the point. Jadi, penerima surat dapat dengan mudah mengetahui apa yang Anda maksud.

Pembuatan surat pernyataan dapat dibuat dengan diketik ataupun ditulis manual menggunakan tangan. Beberapa instansi membuat peraturan apakah surat pernyataan tersebut harus ditulis dengan tangan atau tidak.

Jika tidak ada aturan baku, artinya Anda bebas membuat surat pernyataan baik secara manual ditulis tangan atau diketik.

 

Contoh Surat Pernyataan

Ada beberapa jenis surat pernyataan yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Berbeda kebutuhan, maka berbeda pula contoh surat pernyataan yang Anda perlukan.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pernyataan yang bisa Anda buat:

 

#1 Surat Pernyataan Kesanggupan

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 02 Surat Pernyataan Kesanggupan - Finansialku

Surat Pernyataan Kesanggupan

 

Surat pernyataan kesanggupan biasanya digunakan untuk menyatakan kesanggupan untuk mengerjakan suatu hal.

Misalnya bekerja dengan posisi dan tanggung jawab tertentu sesuai kesepakatan antara pemberi dan penerima surat pernyataan.

 

#2 Surat Pernyataan Perjanjian

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 03 Surat Pernyataan Perjanjian - Finansialku

Surat Pernyataan Perjanjian

 

Surat pernyataan perjanjian biasanya ditulis oleh dua pihak dan menyatakan kesepakatan dan perjanjian atas beberapa hal.

Dalam surat pernyataan ini, biasanya nama atau informasi mengenai pihak pertama dan pihak kedua dijabarkan di bagian awal surat.

Surat pernyataan perjanjian juga biasanya dibuat dalam bentuk pasal-pasal dan membahas hal-hal yang menjadi kesepakatan kedua belah pihak.

Surat pernyataan seperti ini ditanda tangani oleh kedua pihak dan wajib menggunakan meterai untuk memberikan kekuatan hukum.

 

#3 Surat Pernyataan Kerja

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 04 Surat Pernyataan Kerja - Finansialku

Surat Pernyataan Kerja

 

Surat pernyataan kerja biasanya dibuat oleh pelamar kerja dan memberikan pernyataan mengenai hal-hal terkait dengan kerja.

Seperti pernyataan kesanggupan untuk menerima penempatan di seluruh cabang perusahaan, tidak mengambil cuti saat penugasan, belum menikah, dan lain-lain sesuai yang disyaratkan oleh perusahaan.

 

#4 Surat Pernyataan Sekolah

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 05 Surat Pernyataan Sekolah - Finansialku

Surat Pernyataan Sekolah

 

Surat pernyataan sekolah dibuat oleh siswa-siswi yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

 

#5 Surat Pernyataan Kerja dari Orang Tua

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 06 Surat Pernyataan Kerja dari Orang Tua - Finansialku

Surat Pernyataan Kerja dari Orang Tua

 

Dalam beberapa kondisi, seorang anak yang belum memiliki KTP bisa saja harus melakukan kontrak pekerjaan.

Untuk menghindari masalah hukum, pihak pemberi kerja biasanya mewajibkan lampiran berupa surat pernyataan kerja dari orang tua yang menyatakan bahwa orang tua telah memberikan izin pada anaknya untuk bekerja di perusahaan terkait.

 

#6 Surat Pernyataan Pelanggaran Kerja

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 07 Surat Pernyataan Pelanggaran Kerja - Finansialku

Surat Pernyataan Pelanggaran Kerja

 

Surat pernyataan pelanggaran kerja dibuat oleh karyawan yang telah melakukan pelanggaran kerja.

Dalam surat ini, karyawan menyatakan tidak akan mengulangi kesalahannya dan bersedia untuk menerima konsekuensi atas kesalahannya atau jika ia mengulangi kesalahan tersebut.

 

#7 Surat Pernyataan Kesalahan Absensi

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 08 Surat Pernyataan Kesalahan Absensi - Finansialku

Surat Pernyataan Kesalahan Absensi

 

Di kampus, biasanya absensi menjadi salah satu syarat mengikuti ujian. Jika absensi kurang, maka mahasiswa jadi tidak dapat mengikuti ujian.

Karena itu, Anda perlu membuat pernyataan bahwa terdapat kesalahan dalam absensi tersebut.

 

#8 Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Perselingkuhan

Dalam hubungan suami-istri, kadang kala bisa saja dibuat surat pernyataan tidak mengulangi perselingkuhan jika dibutuhkan. Dalam surat ini, pihak yang dirugikan bisa mengajukan tuntutan atau denda.

Jika pihak yang melanggar tidak memenuhi persyaratan sesuai dalam surat pernyataan, maka talak bisa menjadi konsekuensi paling beratnya.

 

Surat Pernyataan Sesuaikan dengan Keperluan

Itulah beberapa contoh surat pernyataan yang bisa Anda buat sesuai dengan keperluan Anda. Cukup mudah bukan?

Sekarang Anda sudah bisa membuat surat pernyataan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tentunya surat pernyataan ini harus disesuaikan dengan Keperluan dan kebutuhan Anda ya!

Oh iya, bagi Anda yang belum merencanakan keuangan dengan baik, atau merasa pengeluaran Anda terlalu boros sehingga sulit mencapai tujuan keuangan, tenang Finansialku akan membantu Anda.

Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS loh! Selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silakan membagikannya dengan kerabat dan kenalan Anda lainnya. Bisa saja mereka juga sedang mencari contoh surat pernyataan yang sesuai dengan kondisi mereka saat ini.

 

Sumber Referensi:

  • Maulana Yusuf. 22 Mei 2018. 20+ Contoh Surat Pernyataan Dan Cara Membuatnya. Fokussatu.com – https://bit.ly/2Vqz6mA
  • Pamungkas Adi Pura. 5 Contoh Surat Pernyataan yang Benar dan Tepat. Notepam.com – https://bit.ly/2G88rps
  • Admin. Aneka Macam Contoh Surat Pernyataan Lengkap. Kampusious.com – https://bit.ly/2D3RvOP
  • Yatim Preneur. Referensi Surat Pernyataan yang Baik dan Benar Sesuai dengan Hukum. Thegorbalsla.com – https://bit.ly/2uRkoJo
  • Admin. Contoh Surat Pernyataan. Romadecade.org – https://bit.ly/2YTtfZ0

 

Sumber Gambar:

  • Surat Pernyataan – https://bit.ly/2WYl105
  • Surat Pernyataan Kesanggupan – https://bit.ly/2U2Jbo4
  • Surat Pernyataan Perjanjian – https://bit.ly/2IoVA3o
  • Surat Pernyataan Kerja – https://bit.ly/2U2JeAg
  • Surat Pernyataan Sekolah – https://bit.ly/2KgqzBx
  • Surat Pernyataan Kerja dari Orang Tua – https://bit.ly/2U2HAyH
  • Surat Pernyataan Pelanggaran Kerja – https://bit.ly/2FXMub8
  • Surat Pernyataan Kesalahan Absensi – https://bit.ly/2Ke7Fv3