Yuk lihat beberapa contoh surat pribadi yang bisa kamu kirimkan untuk saudara ataupun sahabat kamu! Selamat tulis-menulis!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surat Pribadi

Dewasa ini harus kita mengakui bahwa surat pribadi sudah sangat jarang digunakan. Karena perkembangan teknologi begitu canggih yang bisa dibilang telah menggantikan fungsi dari surat pribadi itu sendiri.

Misalnya saja, perkembangan teknologi yang menghadirkan WhatsApp. Kini WA digunakan sebagai alat komunikasi pribadi, di mana dahulu alat komunikasi berupa surat pribadi.

Kita juga perlu tahu, bahwa surat pribadi itu ada yang berupa surat pribadi kekeluargaan, atau surat pribadi resmi. Surat pribadi resmi biasanya untuk melamar pekerjaan

 

Struktur Surat Pribadi

Surat pribadi tidak mempunyai standar resmi atau acuan dalam pembuatannya. Penulis bebas dalam menulis apapun, namun ini untuk surat pribadi kekeluargaan.

Tetapi perlu memperhatikan beberapa bagian penting untuk menghindari beberapa kesalahan.

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang bagian-bagian dari surat pribadi yang wajib diketahui.

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

#1 Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal penulisan surat tersebut pada umumnya terletak pada bagian sebelah atas kanan atau kiri surat. Pada bagian bulannya lebih baik ditulis dengan huruf kapital.

Pada bagian pemisah tempat dan tanggal biasanya menggunakan tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik.

Saat surat tersebut dibuat dengan cara diketik lebih baik tempat dan tanggal tulisan dicetak tebal. Contohnya yaitu sebagai berikut.

  • Semarang, 14 Februari 2019.
  • Semarang, 14-02-2019.
  • Semarang, 14/02/2019

 

#2 Alamat Penerima

Selain tempat dan tanggal pembuatan surat, sang penulis surat juga harus menyertakan alamat penerima seperti pada surat resmi umumnya.

Sebagai contoh adalah “temanku”, “sahabatku”, “kekasihku” dan banyak lainnya. Selanjutnya adalah menulis nama kota surat pribadi.

 

#3 Mencantumkan Kata Sapaan

Tujuan dari penggunaan kata sapaan tersebut adalah untuk mempererat suatu hubungan dari sang penulis dan juga pembaca surat.

Walaupun menggunakan bahasa sehari-hari tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar tidak melukai atau menyinggung sang pembaca surat.

Contohnya adalah sebagai berikut; Assalamuallaikum, Halo temanku, Salam kangen, Salam manis, Hai cantik, Kakakku yang baik, dan masih banyak lainnya

 

#4 Paragraf Pembuka

Dalam penulisan pembukaan tidak diwajibkan untuk menggunakan bahasa yang formal. Sang penulis bisa menggunakan bahasa yang dipakai sehari-hari agar terkesan lebih akrab.

Tentu saja sang penerima surat atau sang pembaca juga akan merasa semakin dekat dengan sang pengirim surat walaupun sudah lama tidak bertemu.

Dengan catatan, ini adalah contoh surat pribadi kekeluargaan bukan surat pribadi resmi.

 

#5 Bagian Isi Surat

Contohnya saja seperti mengungkapkan rasa yang ada di dalam hatinya atau bisa saja unek-unek yang sedang terjadi pada sang penulis surat. 

Bisa juga dengan menyertakan rasa rindu yang sedang dirasakan atau memberikan kabar baik atau kabar buruk dan masih banyak lainnya.

Selain hal tersebut, sang penulis juga dapat mengisi bagian surat pribadi dengan pengalaman yang berkesan atau penting yang dilaluinya baik itu bahagia maupun sedih.

Ini Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Ke Polisi yang Benar 00 - Finansialku

[Baca Juga: Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama, Bisa Disalin!]

 

Pada penulisan bagian isi surat juga tidak harus terlalu formal. Jangan lupakan bagian penutup, yang biasanya di isi dengan ungkapan terima kasih dan permohonan maaf.

Dan yang terakhir, nama penulis dan tanda tangan. Ini merupakan tanda yang juga berfungsi untuk meyakinkan kepada sang pembaca surat, bahwa surat tersebut benar berasal dari sang penulis.

 

Beberapa Contoh Surat Pribadi

Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi.

 

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua yang Baik dan Sopan

Medan, 22 Maret 2017

Kepada

Ayah dan Bunda

Di Yogyakarta

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ayah dan bunda apa kabar? Aku berharap semoga ayah dan bunda selalu dalam keadaan sehat, Aamiiin. Aku di sini Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat dan baik-baik saja.

Ayah dan bunda, libur semester ini aku belum bisa pulang ke Yogyakarta. Aku akan melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di salah satu desa di Bandung selama 50 hari.

Namun yang menjadi sedikit masalah bagiku sekarang adalah tabunganku sudah mulai menipis Yah. Kalau memang Ayah atau Bunda sedang ada uang, aku minta dikirim Yah, karena untuk bekal nanti ke Bandung dan sekaligus masih banyak kebutuhan yang harus aku penuhi di sini.

Aku berjanji pada Ayah dan Bunda akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar aku bisa mendapatkan nilai yang sempurna dan bisa pulang tepat pada waktunya. Aku sangat merindukan Ayah, Bunda, dan dan juga Kakak di rumah, sampaikan salam rinduku untuk Kakak ya.

Cukup sampai di sini dulu ya suratnya, aku mohon doa restu dari Ayah dan Bunda semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untukku dalam melaksanakan ujian semester dan juga KKL.

Sekian dulu surat dariku, Ayah dan Bunda tetap jaga kesehatan ya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam rindu dari anakmu tercinta.

Udin Pites

5+ Contoh Surat Pribadi Kekeluargaan untuk Saudara dan Sahabat 02 Finansialku

[Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Surat Niaga Lengkap Terbaru!]

 

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung

Bali, 15 November 2014

Umar Habib

di Jakarta

 

Assalamualaikum wr.wb.

Hai, apa kabarmu di sana Kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami di sini sekeluarga baik-baik dan sehat semua. Tapi tetap hanya ada satu yang kurang, yaitu kehadiran dirimu di sini yang sangat kami harapkan Kak. Kami sekeluarga di sini sangat rindu sama kakak. Apalagi si Bambang yang selalu bawel dan bertanya kapan kakak bisa pulang ke rumah. Dia cuma berpesan kalau jangan lupa oleh-oleh kakak pulang Hehe.

Komar punya kabar baik nih Kak, kemarin kan ada seleksi penerimaan CPNS, nah Alhamdulllah Komar lulus dalam tahap awalnya kak, doain Komar ya semoga tahap selanjutnya bisa lulus lagi tentunya dengan hasil yang memuaskan. Kalau Komar lulus, nanti Komar bisa segera menyusul kakak di sana hehe.

Oh iya kak, Bapak sama Ibu titip pesan, katanya jangan pernah lupakan sholat lima waktu dan ngajinya juga jangan sampai ditinggal, dan yang juga termasuk penting adalah istirahat yang cukup dan makan teratur, dan jangan suka keluar malam kalau tidak terlalu penting.

Kak, sepertinya sampai sini saja dulu ya, jangan lupa balas surat ini ya kak, kalo tidak Komar bakalan ngambek hohoho. Jaga diri baik-baik ya kak di sana. Kami sekeluarga tetap bangga sama Kakak.

Adikmu yang nakal,

Komar

 

5+ Contoh Surat Pribadi Kekeluargaan untuk Saudara dan Sahabat 01 Finansialku

[Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Gadai Emas Di Pegadaian]

 

Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat Sekaligus Saudara

Wonosobo, 16 April 2017

Sahabatku,

Gelora Ambara Putri

Jl. Gajah Mada No. 75

Lampung

 

Salam persahabatan,

Hai, apa kabar Put? Bagaimana keadaanmu sekarang? Sehat dan bahagia bukan? Apa kabar bunga mawar yang di depan rumah kamu? Apa kamu masih merawatnya?

Put, aku ingin sekali loh bertemu sama kamu. Kamu pasti tambah imut deh sekarang, ya kan? Atau mungkin tambah tinggi aja ya badan kamu?

Putri, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah waktu itu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat Put. Kamu masih ingat dengan gedung yang dulunya menjadi tempat pentas dan latihan drama kita? Gedung itu sekarang sudah rata dengan tanah Put. Kini sudah muncul bangunan-bangunan baru yang super mewah dan menjulang ke langit, tapi sayang tempat itu hanya sebagai tempat belanja! Rasanya sudah tidak mungkin untuk menjadi tempat kesenian, apalagi untuk pentas drama.

Put, sekian dulu ya. Jangan lupa balas ya surat aku ini. Kutunggu kabarmu loh!

Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak, Juga Mas sampaikan ke Mas Burhan. Terima kasih Put… Sampai jumpa di liburan panjang yang akan datang.

Sampai jumpa.

Sahabatmu,

Marina Pertiwi

 

Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat

Yogyakarta, 18 Februari 2018

Rini Wulandari

Jln. Pasar Minggu, No. 35

Depok

 

Rini yang imut,

Hei, apa kabar kamu Rin? Aku berharap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja Rin.

Eh, Rin, rencananya bulan depan aku mau pergi ke rumah tante aku yang ada di Samarinda. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Bolehkan kalau nanti aku main ke rumahmu Rin? Harus boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku sudah rindu berat dengan kamu Rin. Awas aja kalau tidak boleh!!

Jangan marah lho, Rin, aku cuma bercanda aja kok hehe.

Rin, kamu masih pelihara kodok gak di rumah? Sekarang udah berapa jumlahnya? Pasti udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh kayak kamu.

Rin, sekian dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Rin. Aku tunggu balasan kamu lho!

Dari temanmu yang cantik,

Dijah Pink

 

Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Guru

Bandung, 8 Oktober 2016

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,

 

Assalamu’alaikum wr. wb.

 

Bagaimana kabar Ibu? Saya berharap saat ini Ibu dalam keadaan sehat wal ’afiat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Oh iya Bu, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira pada Ibu. Berita ini merupakan berita yang menjadi harapan kita berdua pada saat saya masih berada di bangku SMA dulu. Alhamdulillah. saat ini saya telah berhasil terpilih menjadi atlet Kung-Fu yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun depan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu atas didikan dan bimbingan Ibu sejauh ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu, Ibulah yang telah menemukan bakat yang ada pada diri saya, dan Ibu juga yang sudah membimbing saya menjadi atlet yang terkenal dan serba bisa seperti sekarang ini.

Ibu ini tidak ada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidik saya selama ini. Ibu selalu melatih saya dengan semangat dan penuh keyakinan dalam hati Ibu. Ibu selalu memotivasi saya dan meyakinkan saya untuk menjadi atlet yang hebat di masa depan. Kini, semua usaha Ibu yang telah Ibu lakukan selama ini telah ter-bayarkan Bu.

Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu atas jasa-jasa yang telah Ibu berikan kepada saya selama ini. Selain itu, saya juga mengundang Ibu untuk menemani dan mendampingi saya pergi ke China untuk melihat dan mendukungku secara langsung di sana. Saya akan menjemput Ibu dan keluarga langsung ke rumah.

Sekian surat ini saya buat, nanti kita lanjutkan obrolan ini pada saat kita bertemu Bu.

 

Salam Hormat,

 

Bagus Sugiyono.

 

Itu dia contoh surat pribadi yang mungkin bisa teman-teman pelajari. Mungkin bisa jadi referensi menulis surat untuk sahabat pena kamu.

Jangan biarkan budaya menulis terkikis oleh zaman, jadi yuk mulai menulis lagi.

 

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Baiklah, sampai di sini pertemuan kita hari ini, tapi jangan lupa untuk baca artikel-artikel Finansialku lainnya.

Kami persilakan untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya.  Semoga bermanfaat, dan terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bitar. 16 Desember 2020. Surat Pribadi – Pengertian, Macam, Ciri, Cara, Bagian, Contohnya. Gurupendidikan.co.id – http://bit.ly/3pfK3pP
  • Zhafran Ghani Al Rafisqy. 11 Januari 2021. Contoh Surat Pribadi untuk Teman, Sahabat, Keluarga, Kakak dan Guru. Ekspektasia.com – http://bit.ly/3c3hsAo
  • Ari Welianto. 12 April 2020. Pengertian dan Cara Menulis Surat Pribadi. Kompas.com – http://bit.ly/3qQPZWT
  • Luqi Afika. 30 Oktober 2020. Struktur Surat Pribadi. Yuksinau.id – http://bit.ly/3peL7uf

 

Sumber Gambar:

  • 5+ Contoh Surat Pribadi Kekeluargaan untuk Saudara dan Sahabat 01 – http://bit.ly/3jtx6XB
  • 5+ Contoh Surat Pribadi Kekeluargaan untuk Saudara dan Sahabat 02 – http://bit.ly/36Q1g1O
  • 5+ Contoh Surat Pribadi Kekeluargaan untuk Saudara dan Sahabat 03 – http://bit.ly/3tFsXVc