Simak artikel ini sampai akhir maka Anda akan mendapatkan contoh surat setengah resmi, baik untuk lamaran kerja dan lain-lain yang terbaik.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surat Setengah Resmi

Contoh surat setengah resmi tersedia dalam berbagai bentuk. Surat setengah resmi ini dipakai untuk berbagai kepentingan yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Anda bisa menggunakan surat ini dalam acara atau kepentingan yang sedang Anda rencanakan.

 

Contoh Surat Setengah Resmi dan Info Seputarnya 

Sudahkah Anda mengetahui banyak mengenai surat setengah resmi? Agar Anda memakai jenis surat ini sesuai tempat dan waktunya, maka Anda harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan surat ini terlebih dulu.

Apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini.

 

#1 Pengertian Surat Setengah Resmi

Surat setengah resmi adalah salah satu dari banyaknya jenis surat pribadi. Surat ini dikirimkan oleh seseorang ke sebuah lembaga tertentu dengan memakai bahasa resmi dan formal.

Berikut Ini Contoh Surat Pernyataan yang Benar Serta Pahami Cara Membuatnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! Ini Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah yang Benar]

 

Surat ini hampir sama dengan surat resmi namun tidak mempunyai bagian dan susunan yang sama dengan surat resmi.

 

#2 Bagian-bagian Surat 

Meski hampir sama dengan surat resmi, surat setengah resmi mempunyai bagian yang berbeda dari surat resmi.

Bagian yang ada dalam surat setengah resmi adalah tanggal surat, alamat tujuan, pembuka, isi, penutup, Hormat saya, tanda tangan dan nama pengirim surat.

 

#3 Ciri-ciri Surat 

Berikut ini adalah ciri-ciri yang membedakan surat setengah resmi dengan lainnya. Pertama yaitu dibuat oleh individu kepada lembaga atau instansi tertentu.

Misalnya contoh surat setengah resmi yang ditujukan ke sekolah. Lalu, surat setengah resmi juga tidak menggunakan kop surat, nomor surat, lampiran, perihal dan stempel resmi.

 

#4 Bahasa Surat Setengah Resmi

Bahasa yang digunakan dalam surat setengah resmi adalah bahasa resmi atau formal sesuai dengan EYD yang berlaku. Jangan memakai bahasa gaul apalagi singkatan.

 

#5 Manfaat Surat Setengah Resmi

Surat setengah resmi mempunyai manfaat sebagai sarana untuk menyampaikan sesuatu, melalui cara yang formal. Seperti contoh surat setengah resmi kerja bakti yang menyampaikan informasi kerja bakti kepada masyarakat. 


 

#6 Contoh Surat Setengah Resmi

Contoh surat setengah resmi yang bisa ditemui dengan mudah adalah surat lamaran kerja, surat permohonan, surat orang tua kepada sekolah, dan sebagainya.

 

#7 Contoh Surat Setengah Resmi Lamaran Kerja

Perihal      : Surat Lamaran Kerja   Jakarta, 17 Januari 2020
Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth.

MAYORA Indah Tbk.

Jln. Patriot No. 155 Tangerang

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Jawa Pos pada tanggal 16 Januari 2020, PT Mayora Indah Tbk menerima lowongan pekerjaan sebagai staf administrasi dengan kode (AD). Dengan dibuatnya surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Berikut ini adalah biodata singkat saya.

Nama  : Afiska Nabila Cahaya, S.E
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 09 Mei 1995
Jenis Kelamin  : Perempuan
Pendidikan Terakhir  : S1 Akuntansi
Alamat   : Jl. Merak No. 2, Sunter Jakarta
No. Telepon   : 085650798615

 

Bersamaan dengan surat ini, saya mengajukan lamaran kerja kepada Bapak/Ibu Pimpinan agar diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan dan penilaian, saya lampirkan berkas sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas Foto 4×6

 

Demikian lampiran yang saya berikan untuk digunakan sebagai bahan pemeriksaan dan pertimbangan, tinggi harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Afiska Nabila Cahaya, S.E

 

Ternyata, Surat Setengah Resmi Mudah Dibuat

Anda kini bisa membuat surat setengah resmi lamaran kerja dengan mudah melalui contoh surat setengah resmi lamaran kerja yang sudah Anda pelajari di atas.

Buatlah surat dengan jujur sesuai dengan keadaan diri. Meski tidak sama persis dengan surat resmi, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar.

 

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda siap membuat surat setengah resmi untuk melamar kerja? Yuk bagikan artikel ini pada sesama pencari kerja, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Abi Royan. 15 April 2018. Surat Setengah Resmi Perusahaan Beserta Contoh Dan Penjelasannya. Suratmenyurat.abi-blog.com – https://bit.ly/2XXnevV